Salad Umm..Nyamm..Nyamm..Nyamm


Suka salad? saya juga. Siang hari yang panas  yang bikin kehausan dan berkeringat. Lalu seseorang mengirimkan semangkuk salad. Apa yang akan anda lakukan ? Kalau saya pasti bilang “Wow, mamacih..” xixixi

Yups, saya suka sekali salad, apalagi akhir-akhir ini sedang giat-giatnya men-threat diri dengan raw-food. Alesannya  sih biar lebih sehat. Padahal mah, males masak..hahaha

Nah salad ini ada berbagai macam loh, mulai dari salad buah, salad sayur , atau campuran keduanya.
Bila anda pengikut gaya hidup Food Combining, maka ada aturan untuk memisahkan buah dan sayur. Karena enzim buah dan sayur itu bila saling bertemu akan bersifat merusak dan justeru menghambat kinerja pencernakan.

Konon, makanan yang dimakan bersamaan dengan buah (dari jenis selain buah) justeru akan membusuk sebelum proses pencernakannya berjalansempurna. Hiii.. Iya ini karena sifat enzim pada buah yang cepat sekali memproses makanan. Sementara enzim makanan lain yang bekerja lebih lambat, bakalan keteteran mengejar kinerja enzim buah ini. Nah jadi pisahkan deh salad buah dengan salad sayur.

Lanjutkan membaca “Salad Umm..Nyamm..Nyamm..Nyamm”

I Like Potatoes O La La


Hampir semua orang menyukai kentang. Sumber karbohidrat yang satu ini memang enak dimasak dengan cara apa saja, mau dikukus hayuk, dijadiin schotel uhhh..yummy!! ..dibikin french fries o..so delicious. Kentang juga mengandung cukup serat dan merupakan salah satu sumber vitamin C dan D. Namun begitu, kentang juga mengandung kadar glikemik yang cukup tinggi.

Nah, Anda tentu ingin menyajikan kentang dengan cara terbaik demi kesehatan orang-orang yang Anda sayangi, bukan? Berikut ini beberapa cara memasak kentang yang lebih sehat:

kentang-cara-masak-sehat
Kentang, gambar dari sini

1. Au Gratin Potatoes

Kadangkala kita tidak menjadikan kentang sebagai hidangan utama. Maka Au Gratin Potatoes ini adalah hidangan yang tepat sebagai pelengkap menu makan siang atau makan malam.

Bahan yang  dibutuhkan, : Kentang, keju, butter dan krim  (cheese cream, atau sourcream).

Kupas dan iris kentang, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, letakkan keju, butter dan krim di sebuah loyang, lalu selip-selipkan irisan kentang diantaranya. Panggang dalam suhu sedang selama lebih kurang 30 menit atau sampai kentang terlihat telah matang dan krim-keju telah berbuih.

2. Mashed Potatoes

Mashed potatoes atau kentang yang dihaluskan (puree) adalah cara yang umum untuk menyajikan kentang. Bahan yang dibutuhkan adalah : Kentang yang berwarna keemasan dan susu. Bila anda tak memiliki kentang yang berwarna keemasan, maka gunakan saya ubi orange (sweet potatoes) , atau sembarang kentang yang anda punya.

Caranya :  Rebus kentang dalam air garam, bila sudah matang, haluskan kentang dan letakkan di dalam panci yang panas, tambahkan susu panas ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercipta tekstur yang cukup kental.

3. Baked Potatoes

Kentang panggang adalah salah satu cara yang sehat dan lezat dalam menyajikan kentang, anda bahkan tidak perlu mengupas kulitnya. Karena kulit kentang tidak mengandung kalori atau lemak sama sekali. Taburkan beberapa macam bumbu seperti oregano, basil dan merica serta sedikit garam bila suka, atau biarkan saja tawar. Setelah matang, belah kentang dan sajikan bersama plain Greek yogurt,keju dan krim. Jika takut dengan kalori atau lemak, hilangkan saja keju dan krimnya.

4. French Friesh

Lhoooo….French friesh kan ngga sehattt?? Ya..benar jika itu melibatkan banyak sekali minyak goreng. Namun anda dapat membuatnya menjadi lebih sehat dengan cara memanggangnya. Caranya, potong-potong memanjang kentang yang kuning besar, buat potongan korek api besar, lalu letakkan di dalam loyang, semprotkan olive oil atau virgin coconut oil, tambahkan garam, dan sedikit merica, bahkan bisa juga ditambahkan sedikit cacahan seledri atau oregano untuk memberi rasa eksotis, lalu panggang dalam suhu 180 derajat selama kurang lebih 25 menit atau hingga kentang terlihat matang.

Kentang goreng, gambar dari sini
Kentang goreng, gambar dari sini

Bagaimana?, mau mencoba? Hmm.. kayaknya asyik tuh untuk di coba, yuk jadikan menu baru minggu ini untuk akhir pekan bersama keluarga .

Inspirasi dari sini

Sup Merah Seafood MINAKU


Memasak dulunya bukan hobiku. Aku bisa muntah-muntah mencium bau kunyit dan menangis bombay saat mengupas dan mengiris bawang. Tapi itu duluuu. Sebelum aku konsen pada gaya hidup  SEHAT  dan tentunya HALAL. Dengan makin banyak beredarnya makanan atau bahan makanan yang meragukan dari segi kesehatan dan kehalalan. Maka aku mulai “memaksakan” diriku untuk memasak sendiri semua makananku. Mulai dari yang mudah-mudah hingga yang agak susah. Nah… coba-punya coba..akhirnya aku merasakan  bahwa memasak itu sangat menyenangkan. Dan aku bahkan penasaran dan ketagihan. Awww !!

So this is IT , one of my experiment :  SUP MERAH SEAFOOD  MINAKUdalam rangka memeriahkan  #DapurKreasiMinaku dan #MinakuRajanyaSeafood

 

Bahan
Bahan-bahan Sup Merah Seafood dengan Bola udang dan Bola Salmon MINAKUfood

Lanjutkan membaca “Sup Merah Seafood MINAKU”

Digerebeg Chef Ken dan Team SunCo, Asyik Loh, Rek


Siang itu Surabaya panas, dan udara pas sumuk pol !. Berhubung rumah sedang sepi, dan aku sendirian di rumah, maka aku undang teman-temanku Mba Nining, alias Dwi Sari dan Mba Yuniari Nukti ke rumah. Apalagi kalo ngga buat nememin aku sekaligus bantuin ngerancang menu buat arisan besoknya.

Obrolan kami seru banget seputar  menu sehat khas Suroboyo nan segar menggoda. Ummm.. masak apa ya? Gado-gado? Soto Lamongan? atauu.. tahu campur?? rada bingung juga sih saking banyaknya kuliner khas Suroboyo yang berseliwern di benak kami.

Lagi asyik-asyiknya ngerumpiin menu sehat dan segar, tetiba pintu diketok seseorang… duhh.. Siapa ya?…  Ow WOW coba tebak, siapa yang berdiri di depan pintu rumahku?

Sosok tinggi, putih, kepala plontos dan.. cakepp…. Chef KEN !!! olalaa..

Digerebek Chef Ken dan team #GerebegDapurSunCoSBY - foto milik Chef Ken Management
Digerebek Chef Ken dan team #GerebegDapurSunCoSBY – foto milik Chef Ken Management

Lanjutkan membaca “Digerebeg Chef Ken dan Team SunCo, Asyik Loh, Rek”