DILo Surabaya Menjadi jembatan antara Pemerintah, Pelaku Industri Digital dan Digipreneurs Wannabe

Tahun 2018telah datang. Profesi apa yang paling menjadi impian anak muda zaman now? Jawabnya sudah pasti menjadi founder StartUp alias Digipreneurs (Digital Entrepreneurs).

Ahai, siapa yang tak kenal Mas Mark Zuckerberg yang fenomenal membahana dengan facebooknya? Jeff Bezos founder Amazon  ataupun Om Jack Ma yang merajai penjualan retail di  e-commerce nomor satu dunia, Ali Baba dot com?

Ketiga orang tersebut memiliki  kesamaan yang bikin kamu kelepek-kelepek yakni muda (relatif) dan kaya-raya, serta pengennya mati masuk surga!

Loh, iya loh, kalau syarat masuk surga adalah memberi manfaat bagi banyak orang dan banyak amalnya. Bisa-bisa ketiga orang tersebut melangkah mendahului kita ke pintu surga. Terlepas dari hukum dan norma agama yang kita yakini, tentunya.

Nah, di dalam negeri kita kenal Gojek dengan segala varian layanannya, Bukalapak dot com, dan Tokopedia dot com. Mereka boleh disebut sebagai raksasa-raksasa digipreneurs di Indonesia.

Nah, hal yang paling menggembirakan adalah, semakin banyak anak muda yang belajar IT (Internet Technology) dan semakin banyak yang bercita-cita sebagai founder StartUp. Tentu saja ngga sekadar founder Startup wannabe, namun mereka juga gigih mengikuti berbagai workshop dan pelatihan, dan tentu saja serius banget belajar coding. ya iyalah, hare gene getooo.. gak ngerti coding? ala maakkk.. manusia gua kali kau, bah!

Beruntung saat ini sudah banyak lembaga inkubator dan penyedia layanan untuk belajar seluk beluk bisnis digital mulai dari nol hingga expert. Diharapkan nantinya akan lahir bibit-bibit baru StartUp yang keren-keren dan membantu masyarakat menyelesaikan problem-problem mereka. Dan tentunya dengan semakin banyak digital entrepreneurs, sebuah negara akan ikut maju bersama warga negaranya yang semakin sejahtera. Betul, kan?

Peserta Workshop AndroidDev DILo Surabaya

Oiya.. udah kenal istilah coworking space, kan? Itu loh… sebuah tempat atau wadah untuk kumpul bareng and kongkow-kongkow. Bukan kongkow gak jelas ngobrol ngalor ngidul macam di warung kopi tapinya. Tapi ini sebut saja kongkow kreatif dan produktif.

suasana kelas di DILo

Iya, kongkow buat ngomongin ide-ide bisnis kreatif yang mampu membantu masyarakat memecahkan masalahnya, biasanya selalu melibatkan teknologi digital sebagai alat bantu sosialisasi dan operasionalnya.

Nah di Surabaya ini ada banyak, salah satunya adalah DILo Surabaya. DILo alias Digital Innovation Lounge adalah program kerjasama MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif dan Teknologi Informasi ), Telkom Indonesia dan Telkomsel.

Kenapa MIKTI dan Telkom Indonesia mau bersusah payah membuat coworking space bernama DILo yang tersebar di beberapa kota di Indonesia?
Jawabannya adalah untuk memasyarakatkan teknologi informasi dan mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat baik di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan lain-lainnya.

DILo Surabaya menempati sebuah ruang di gedung Telkom Indonesia Divre V Jaalan Ketintang 156 Surabaya.

Nah apa saja sih yang ditawarkan DILo Surabaya?
1. Coworking Space
2. Meeting Room
3. Class Room
4. Lounge
5. High Speed Internet

Menurut  Mas Fikri Manajer DILo Surabaya saat ini,DILo  Surabaya menjembatani para digitalpreneurs wannabe,mulai dari yang pemula,yang masih belajar apa itu teknologi  digital,termasuk mengadakan berbagai workshop untuk meningkatan skill digital mereka, mendatangkan mentor, dan mengadakan berbagai kompetisi lokal. Tujuannya  adalah untuk mencari bibit-bibit digitalpreneurs atau startup-startup baru yang nantinya siap untuk maasuk dan berkontribsi dalam industri digital.

Apa Saja Keseruan di DILo Surabaya?
Oya DILo Surabaya sering banget loh ngadain workshop atau acara-acara untuk membantu mereka yang ingin belajar di bidang digital atau buat kamu yang pengen banget punya startupmu sendiri.

Saya sendiri  udah pernah ngerasain mendapatkan fasilitas belajar di DILo Surabaya waktu ikut program  Coding Mum yang diinisiasi oleh BE Kraf alias Badan Ekonomi Kreatif. BE Kraf saat itu bekerjasama dengan beberapa sponsor dari beberapa e-commerce maupun perusahaan yang sudah eksis seperti Tokopedia,7/11 (SevenEleven) dan masih banyak lagi.

Alumni Coding Mums

Selain itu ada banyak workshop dengan mengundang mentor atau coach yang expert di bidangnya.Contohnya adalah hangout Facebook Marketing for Dummies kerjasama dengan Studenpreneurs, diskusi IT alias #TechTalk dengan judul Insider Secreton The Power of Chat kerjasama dengan Qisqus.

Mau versi yang berat-berat? AdaPycon alias Phyton Conference,A NewBeginning dengankeynote speaker Dondy Bappedyanto (CEO Biznet.go) dan Shanni Hadiyanto dariGo-jek. UnMask Cyber Crime Seminar,Android Developer Class,Scrum Methodology, Create Your Own PHP andLavarel Package,Introduction to UI and UX Package.

Buat yang serius pengen bikin StartUP,ada seminar Let’s Learn About StartUp, Workshop Ideation bersama BEKUP start untuk menjaring ide-ide StartUp yang bisa diwujudkan,lalu ada StartUp World Cup Roadshow, buatyang udah serius bikin StartUp bisa gabung di Indigo Creative Nation Batch 1,2,3 semacam program incubator dan accelerator untuk mendapatkan mentoring dari para expert dan founder StartUp yang sudah sukses,market akses dari Telkom Grup, coworking space,dan pendanaan dari para investor.

RoadShow DILo
Dalam rangka mensosialisasikan apa itu  DILo,dan apa saja program-programnya yang bisa mendukung mereka yang tertarik untuk bekerja di dunia digital. DILo Surabaya mengadakan Roadshow kebeberapa kampus di Surabaya diantaranya Univ. Airlangga,ITS dan ITASTS. Sambutan mahasiswa diketiga kampus tersebut sangat menggembirakan.Ternyata masih ada loh mahasiswa yang belum tahu apa itu DILo Surabaya.
Mas Fikri (Rajasa Fikri) selaku manajer DILo yang cukup menyita perhatian fangirl mahasiswi penuh semangat menjawab pertanyaan yang bertubi-tubi dari audiens.
Semoga kedepannya DILo makin dikenal dan bisa memberikan konribusi yang signifikan bagi kemajuan dunia digital khususnya di Surabaya.Semangat !!

Roadshow DILo di Univ.Airlangga

 

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s