Bagaimana Cara Mendaftar di Tazkia International Boarding School Malang?

Sejak saya menulis tentang kesan pertama saya memasuki areal Tazkia International Boarding School (Tazkia IIBS, Malang) saat saya mendaftarkan puteri saya di sana, banyak sekali pertanyaan yang masuk ke e-mail atau inbox saya selain komen di Blog.

Kebanyakan bertanya tentang bagaimana cara masuk ke Tazkia IIBS, kelas berapa SD anak boleh mulai dititipkan di Tazkia IIBS Malang, berapa biaya sekolah di sana dan sebagainya.

Maka mulai sekarang saya, Insha Allah akan menulis secara berkala tentang serba-serbi Tazkia IIBS, agar banyak pembaca yang terbantu untuk mendapatkan informasi. Ini juga sebagai rasa syukur saya karena puteri saya diterima sebagai salah  satu santri di Tazkia IIBS Malang.


 MENDAFTAR DI TAZKIA IIBS MALANG
Sesuai standar institusi profesional, Tazkia IIBS Malang telah mensingkronkan semua urusan administrasinya dalam website resminya http://www.tazkiaiibs.sch.id untuk memudahkan para peminat informasi dan calon walisantri untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

Pass Priority Program
Untuk Bapak Ibu Wali Calon Santri, harap diketahui bahwa Tazkia IIBS menggunakan sistem indent  yang disebut dengan Pass Priority Program. Program ini didesain khusus untuk merekrut calon santri yang sedang duduk di bangku kelas 2,3 dan 4 SD untuk masuk ke jenjang SMP.

Dan siswa kelas 7 dan 8 ke jenjang SMA.

Mengapa Pass Priority Program?
Program ini dimunculkan karena 2 alasan:
1. Tingginya minat Orang Tua untuk mendaftarkan putera-puteri mereka ke jenjang SMP dan SMA Tazkia IIBS Malang, sehingga terdapat daftar tunggu yang cukup panjang.
2. Mempersiapkan calon santri yang akan menempuh pendidikan di Tazkia IIBS.
Bagi siswa-siswi yang dinyatakan diterima di Tazkia IIBS dalam Pass Priority Program, setelah melakukan kewajiban administratifnya, mereka akan mendapatkan pembinaan intensif mata pelajaran Al Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Akademik dan Konseling. Sehingga diharapkan, saat mereka memasuki pintu gerbang kehidupan di dalam Boarding School Tazkia, mereka sudah siap dan lebih mudah menyesuaikan diri.

Gedung Andalusia tempat Front Office untuk semua urusan administratif Tazkia IIBS Malang

Keuntungan Mengikuti Pass Priority Program
Dengan mengikuti Pass Priority Program (mendaftar beberapatahun lebih awal), maka calon siswa memperoleh keuntungan sebagai berikut:

  1. Mendapat jaminan diterima 100% tanpa test akademik /tes tulis, khusus bagi pendaftar jenjang SMP. Sedang untuk jenjang SMA tetap ada test tulis.
  2. Mendapat biaya potongan dari DPP normal / reguler (tergantung sejak kelas berapa calon siswa mendaftar. Semakin awal mendaftar, potongan biaya semakin besar).

  3. Mendapat fasilitas pembinaan gratis selama proses indent. (mata pelajaran Al Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Akademik dan Konseling).

    Prosedur Pendaftaran 
    Langkah -langkahnya  adalah:
    1. Membayar biaya pendaftaran, contoh, untuk Pass Priority Program Senior High Scool (SMA), Putera-puteri sampai tahun 2021, biaya pendaftarannya sebesar IDR 650.000,– dengan mentransfer ke rekening :

– Muamalat norek  7110-717171
-BNI Syariah norek  777-11-777-97.

Untuk Info lain, misalnya untuk SMP tahun ajaran mulai 2020, bisa ditanyakan pada :

  • Sabar Arifin, S.T (0878-0585-5252)
  • Eka Nur Alifah, S.Ikom (0822-2862-8886 / 0823-3374-4403 WA)

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Klik http://www.tazkiaiibs.sch.id dan cari  laman Enrolment (Pendaftaran), scroll down dan temukan laman  Enroll Now (Daftar Sekarang).

Dan Masha Allah, Tolong Perhatikan hal berikut:

Important Notice:
#. Pendaftaran untuk jenjang dan tahun masuk dibawah ini telah DITUTUP

  1. SMP Putra 2017, 2018 dan 2019
  2. SMP Putri 2017, 2018 dan 2019
  3. SMA Putra 2017 dan 2018
  4. SMA Putri 2017 dan 2018

Jadi, kalau putera-puteri Bapak Ibu berminat masuk ke jenjang SMP, maka untuk tahun pendaftaran yang terbuka adalah mulai tahun 2020. Jadi kalau putera-puteri bapak Ibuk sekarang masih duduk di kelas 4 atau 3 SD, bersiaplah untuk mendaftar sedari sekarang. Karena Tazkia juga sudah membuka pendaftaran bagi putera-puteri anda sejak mereka masih duduk di bangku kelas 2 SD. Ulangi mulai KELAS  DUA, SD.

Kemudian Isi Formulir yang tersedia.

#. Jangan Mengisi Formulir dengan Huruf Kapital semua.
Contoh Pengisian Lembar Informasi Data Siswa

Selain itu, Anda juga harus mengisi data : Informasi Keluarga (Ayah), Informasi Keluarga (Ibu), Informasi Wali (Jika calon siswa memiliki wali selain Ayah dan Ibu kandung). Informasi Sekolah Asal dan Prestasi calon siswa , Informasi kesehatan Siswa, Informasi Potensi Diri dan Kegemaran Siswa, Informasi untuk Pengembangan Sekolah (berisi darimana Anda mendapatkan Info tentang Tazkia dan apa kira-kira saran untuk pengembangan Tazkia ke depan), terakhir adalah mengupload dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Lalu menambahan nama terang, alamat email dan mencentang  Term & Condition di bagian bawah.

Jika semua data sudah Bapak Ibu teliti dan semuanya sudah benar, klik Submit. Dan jika berhasil akan ada keterangan bahwa Pendaftaran berhasil.

Selanjutnya Scroll down dan temukan menu mencetak kartu ujian

3. Mencetak Kartu Ujian (Print Exam Card)

  1. Form ini digunakan untuk mencetak Kartu Peserta Tes yang sudah melakukan pendaftaran
  2. Pendaftar baru bisa mencetak kartu jika sudah melakukan pembayaran pendaftaran dan melakukan konfirmasi
  3. Data yang diisikan harus sesuai dengan yang telah diinfokan oleh bagian PSB
  4. Bagi yang belum melakukan pendaftaran, silahkan mengisi di Form Online PSB
  5. Kartu ini dicetak oleh peserta dan harus dibawa ketika Tes Seleksi

Selanjutnya:
1. Masukkan nomor peserta
2. masukkan PIN dan kemudian anda bisa mencetak kartu peserta secara online.
(Jangan lupa, menghubungkan perangkat PC anda dengan mesin printer).

Selanjutnya, yang Ibu Bapak harus lakukan adalah menunggu e-mail atau telepon dari Tazkia untuk jadwal Test putera-puteri Anda. Biasanya tidak terlalu lama, tergantung Jadwal Test yang ada di bulan tersebut.

Contoh : Estimasi Jadwal Test Pass Priority 2016/2017. Untuk Jadwal Test Tahun 2017/2018/2019 bisa menghubungi Tazkia di  (+62) / 0341 463838

4. Pengumuman Hasil Test
Hasil Test bisa diketahu secara online dengan mengakses website resmi Tazkia, kemudian klik laman Enrollment dan pilih menu Cek Final Result alias cek hasil ujian.

Masukkan nomor ujian peserta dan PIN  ke dalam kolom tersedia, lalu klik Cek Hasil Test yang berwarna biru. Taraaaa..!!

5. Membayar Biaya Pendidikan 

3.a. Bagi siswa-siswi yang dinyatakan diterima, maka diwajibkan membayar Dana Pengembangan Kelembagaan (DPK), sisa pembayaran lainnya dibayarkan paling lambat pada 15 Januari pada awal tahun masuk santri.

3.b. Term and Condition: Pengembalian dana akan dilakukan jika siswa menyatakan mengundurkan diri setelah melakukan pembayaran dengan syarat:

  1. 100 % , bila calon santri dinyatakan tidak lulus ujian negara (UN) SD atau sakit yang berat sehingga tidak memungkinkan siswa-siswi mengikuti proses belajar di Tazkia, dengan rekomendasi dokter.
  2. 50 % , bila calon santri mengundurkan diri dengan alasan selain yang disebut pada point 1. Dan pernyataan pengunduran diri tidak melebihi tanggal 15 Januari pada tahun awal masuk calon santri.
  3. 100% diinfaqkan ke Tazkia, jika calon santri menyatakan mengundurkan diri dengan alasan selain yang tersebut pada point 1, dan pernyataan pengunduran dirinya melebihi tanggal 15 Januari pada awal tahun masuk santri.

Apa Saja Biaya Pendidikan di Tazkia IIBS?
1. Biaya Pendaftaran
2. Dana Pengembangan Kelembagaan (DPK)
3. Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bulan Juli
4. Biaya Pengadaan paket fasilitas di asrama
5. Biaya pembuatan seragam sekolah
6. Biaya buku akademik dan kepesantrenan
7. Biaya Program Lifeskills and Enrichment
8. Biaya Registrasi

Sekadar gambaran total biaya untuk tahun 2019 untuk SMA Reguler Puteri  adalah sekitar   52 juta-an, untuk pass priority program pada tahun tersebut, mendapat diskon 5%. Untuk total biaya tahun masuk 2020, sekitar 60 jutaan dengan diskon 15% (untuk pendaftar tahun ini ).

Keterangan lebih rinci bisa menghubungi

  • Sabar Arifin, S.T (0878-0585-5252)
  • Eka Nur Alifah, S.Ikom (0822-2862-8886 / 0823-3374-4403 WA)


Keterangan : Seluruh foto diambil dari laman media sosial Tazkia IIBS Malang.

 

 


 

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s