Assalam Bryani House, Malay-Indian Cuisine in Surabaya, 100% Halal Guaranteed

“Hmm… enak..daging kambingnya empuk banget. Bumbunya mantap. Meresap rata ke dalam setiap gigitan daging kambing yang kusantap. Bau kapulaga berpadu dengan daun mint dan daun ketumbar menambah nikmat selera makanku siang itu. Gurihnya susu kambing berpadu dengan pedasnya merica dan cabai merah bubuk. Sedikit pedas lagi, paslah dengan seleraku” Ingatanku melayang pada suatu masa….

Bryani Lamb Shank, the best seller and signature of Assalam Bryani House


One day in My life… i was stranded in an area called  “Little India” in Kuala Lumpur Malaysia. That the first time i’ve known an Indian Restaurant in Malaysia known as Kedai Mamak.

Kedai Mamak adalah sebutan orang Malaysia untuk restoran atau warung milik Indian Muslim yang menyajikan masakan-masakan khas India yang terkenal kaya rempah dan nendang banget di lidah Asia Tenggara yang kecanduan aneka masakan berbumbu, pedas dan berkuah santan. Hmmm…lezaatt…

Sebagai Muslim saya kudu pilih-pilih kalau mencari makanan, harus yang dijamin 100% Halal. Dan senangnya adalah setiap Kedai Mamak yang saya temui di Malaysia, selalu menuliskan identitas warungnya dengan huruf Arab, misalnya tulisan Bismillah, atau tulisan lain sebagai penegasan kalau warung tersebut milik Muslim dan menyajikan aneka masakan Halal.

Dan lebih senang lagi..eng..ing..eng..  Harga makanannya terjangkau banget. Untuk satu porsi makanan dengan aneka lauk yang kita bisa pilih sendiri, kita cuma membayar  RM 8,- sahaja. Murce..murce.. sangat membahagiakan bagi para Traveller maupun BackPacker yang harus berhemat pengeluaran selama berkelana di negeri orang.
#AhJadiKangenMalaysia.

Ekspansi Resto Malay-Indian ke Surabaya
Oke, beberapa waktu lalu mata saya sempat tertambat pada sebuah tulisan “Assalam Malay-Indian Cuisine” di sebuah tempat di kawasan Pucang Surabaya. Hati ini pun tergelitik untuk “Suatu hari harus datang ke sana untuk mencoba”  Kayaknya bakal mengobati kerinduan akan masakan India yang pernah aku cicipi di Malaysia. Selain itu… nama Resto-nya udah bikin kita tenang karena mengandung “jaminan mutu alias jaminan Halal ” yang tentu saja PENTING BANGET bagi setiap Muslim.

Dannnn….” Pucuk dicinta, ulam-pun tiba..” Karena kemaren, Selasa 24 Oktober 2017, aku berkesempatan mengunjungi Assalam Bryani House, sebuah resto Malay-Indian bergaya fusion (gaya yang memadukan aneka kultur, baik modern maupun tradisional  dalam satu interior yang memberi kesan kebebasan berekspresi). Dan berbeda dengan Kedai Mamak yang biasa saya temui di Malaysia, Assalam Bryani House  menyajikan masakannya dengan lebih berkelas di kawasan yang terpilih.

Assalam Bryani House, Ampel Surabaya

Tidak sulit menemukan Assalam Bryani House yang terletak di jantung kawasan Ampel yang terkenal sebagai salah satu icon Wisata Religi di kota Surabaya. Terletak di jalan Kiai Haji Mas Mansyur yang bersuasana perkampungan Arab yang hangat , daerah tersebut telah ramai oleh berbagai fasilitas pendukung seperti kompleks pendidikan bertaraf  nasional, Masjid, Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan,  beberapa Hotel dan Minimarket, Pertokoan, dan tentunya Restoran yang merepresentasikan ciri khas kawasan tersebut.

Gaya fusion yang asyik

Tak salah bila kawasan Ampel dipilih sebagai salah satu cabang  Assalam Bryani House (restoran pertama dibuka di daerah Margorejo dan yang kedua di daerah Pucang). Kawasan  yang banyak dihuni oleh warga keturunan Arab tersebut memang sangat cocok menerima kehadiran sebuah resto yang menyajikan aneka hidangan seperti Nasi Briyani dengan aneka variannya, Nasi Lemak dengan berbagai lauknya, Nasi Tomat, Nasi Minyak, aneka Kari, Roti Canai dengan pilihan rasa manis atau gurih, berbagai minuman khas India dan Timur Tengah yang tak asing lagi bagi para penyuka masakan dengan aneka rempah yang kuat itu.

Menu-menu yang menggugah selera

Secara historis, masyarakat Arab dan India telah bertemu dalam sejarah panjang penyebaran rempah-rempah ke seluruh dunia dan telah ratusan tahun mengawinkan tradisi kuliner mereka dalam satu bejana yang sama.

Berikut ini beberapa menu masakan Malay-Indian yang siap disajikan di atas meja restoran yang menempati  ruangan eks Finjan cafe di Hotel Mesir kawasan Ampel tersebut.

Mengimpor Chef dari Malaysia

Chef Dean yang merupakan keturunan India-Malaysia memperagakan bagaimana proses memasak aneka masakan berbahan daging kambing maupun ayam dengan bumbu aneka rempah yang menggoda selera.

“Semua bumbu kami datangkan langsung dari Malaysia, yang asalnya tentu saja dari India” tutur Chef Dean sambil menuangkan sesendok besar cabai kering bubuk ke dalam wajan berisi daging ayam segar yang telah membaur dengan kapulaga, cengkih, daun ketumbar, daun mint dan aneka bumbu lainnya.

Foto bersama Owner Hotel Mesir, Owner Assalam Bryani Mr. Abdus Salam, Chef Dean dan blogger, vlogger dan local guide Surabaya. Sumber foto Instagram Mba Avy

Lamb Shank, Tea Massala , dan Roti Tissue
Ketika saya tanyakan pada waitress di resto tersebut, mereka merekomendasikan saya untuk mencoba Bryani Lamb Shank yang merupakan signature dan best seller di restoran tersebut. Maka sayapun mencoba menu tersebut. Sepiring besar nasi Bryani dengan paha kambing muda yang diambil dari kambing berumur 6-7 bulan dibanderol dengan harga IDR 80.000,-  Kalau mau tanpa nasi, harganya hanya IDR 60.000,- saja.

Roti Tissuenya setinggi Mba Avy , temenku 😀

Harga yang cukup masuk akal untuk satu piring besar penuh berisi Nasi Bryani yang berbumbu aneka rempah yang menggugah selera, dengan sepotong besar paha kambing muda yang tentu saja diguyur aneka bumbu ala rendang yang nendang. Masih ditambah acar mentimun dan nanas dengan semangkuk kuah dan sepotong kerupuk khas.

FYI ya, guys, itu nasi Bryani dibuat dengan beras Bhasmati yang langsung didatangkan dari Hyderabad India. The best place in the world to grow Bhasmati Rice. So it’s worth lah ya. Harga segitu. Coba you pigi Hyderabad sendiri sana hehehe… Di tambah lagi lokasi dan suasana yang disajikan memang pas dengan kelasnya. Buktikan!

Eh jangan lupa masih ada roti canai dan aneka makanan pelengkap dan minuman yang harganya murah-murah, mulai dari IDR 9K saja loh. Muraaahhhh!!

Daftar Harga Aneka Roti Canai

Kalau Anda tidak terbiasa dengan porsi besar, maka sepiring Bryani Lamb Shank tersebut bisa dinikmati berdua. Toh saya yakin Anda tidak akan berhenti hanya dengan mencoba satu menu. Masih ada aneka Roti Canai dengan berbagai topping maupun kuah. Roti Tissue yang unik, dan aneka minuman campuran susu Onta, kurma dan rempah-rempah.Siap mengajak anda terbang ke Malaysia atau bahkan ke India serasa menikmati Bollywood Movies yang diperankan oleh Khan bersaudara (hihihi, yang ini terinspirasi oleh teman yang menyebut Owner restonya mirip Salman Khan).

Filosofi Pemilihan Nama Assalaam Bryani House
Inilah pertanyaan yang mau saya ajukan kepada Owner resto tersebut, sebelum saya tahu nama beliau adalah Abdus Salam.

Jadi kemudian saya tebak, bahwa nama resto ini diambil dari penggalan nama beliau. Namun menurut beliau nama Assalam juga diambil dari Asmaul Husna atau nama-nama Indah milik Allah yang berjumlah 99 itu. Assalam yang berarti perdamaian atau keselamatan itu sangat pas direpresentasikan ke dalam resto yang menu-menunya dijamin 100 % Halal.
Bagi seorang Muslim, makan bukan hanya perkara memenuhi hasrat pemenuhan tuntutan perut saja, namun ia haruslah sesuai kaidah yang diajarkan oleh Sang Khalik. Yakni Halal dan Thayyib.

Suasana di dalam kafe

Assalam Bryani House dengan menu-menu yang haujek alias  laziiz atau uenak banget itu, pasti mampu mendamaikan makhluk mungil penghuni  perutmu yang senantiasa memberontak kelaparan tersebut.

Datang deh di Jalan Kiai Haji Mas Mansyur 165 kawasan Ampel Surabaya dan dijamin kamu suka. Jangan lupa ada diskon 20% untuk Mahasiswa dan Pelajar berlaku di semua cabang Assalam Bryani House di Surabaya. Serbuu..!!

3 pemikiran pada “Assalam Bryani House, Malay-Indian Cuisine in Surabaya, 100% Halal Guaranteed

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s