Pertama kali mendengar tentang Prelo yang terbayang adalah tumpukan barang di gudang yang bisa dijadikan uang.
Maklum, sebagai emak pasti punya tanggung jawab berat dalam memanage anggaran keuangan dan belanja negara rumah tangga.
Saat si kecil hampir lahir di dunia, kita super sibuk mempersiapkan beli ini dan itu segala macam perlengkapan bayik. Giliran dia sudah lahir dan mulai bisa bermain, kita beli segala macam mainan penunjang perkembangan intelektual dan motoriknya. Saat dia sudah  agak besar, semua barang yang dibeli dengan dana yang tidak sedikit tersebut, terpaksa harus masuk gudang.
Dan seterusnya. Ahh…
Belom lagi segala macam barang milik anggota keluarga yang lain, yang seringkali dibeli kala “gelap mata” akibat tak bisa menahan godaan belanja, lalu berakhir di lemari selama bertahun-tahun. Upss… udah kayak museum deh rumah kita.

Nah, kenapa kita tidak berpikir bahwa barang yang numpuk di lemari atau di gudang tersebut mungkin bisa berguna buat orang lain? Banyak keluarga muda yang memiliki banyak kebutuhan menyambut si buah hati, namun harus berhemat dengan cermat karena masih banyak daftar kebutuhan belanja mereka.

Kita juga kadang ingin ke pesta dengan baju baru namun ogah harga mahal. Atau… butuh baju-baju buat ke luar kota atau ke luar negeri yang sesuai musim di sana. Belum lagi kebutuhan akan perlengkapan olah raga demi gaya hidup sehat, namun terbentur dana yang terbatas.

Prelo, Solusi Belanja Hemat dan Cermat
Aih.. baru nyadar deh ada market place baru, khusus barang-barang second  berkualitas. Sebagai tempat jual beli barang seken, Prelo tampil beda. Prelo yang merupakan singkatan kata Preloved, alias sebutan untuk barang-barang kesayangan yang dijual sebagai barang second berkualitas. Selain katagori barang lebih lengkap, penampilan web yang responsif, ternyata, cara jual beli di Prelo juga unik dan beda.

Cara Bertransaksi di Prelo

kalau teman-teman penasaran, seperti apa sih sistem jual beli di Prelo, maka teman-teman harus:

  1. Punya Akun.
    Caranya dengan  mendaftar terlebih dulu, dengan mengisi form dengan data-data semacam : Nama, Nomor Handphone, Alamat rumah, Propinsi tempat tinggal de-el-el.
  2. Panduan Penjual
    Jika teman-teman memutuskan untuk menjadi penjual, maka, pilihlah opsi sebagai penjual. Pilihan tersebut ada di bagian footer bawah. Klik “Panduan Penjual” dan ikuti langkah-langkah di sana.

    Mau jual barang?
    1.Jual Barang Kamu.
    – Klik tombol jual
    – Foto barang sesuai instruksi yang diberikan. Isi detail dibawahnya.
    – Pilih salah satu opsi pengiriman, ditanggung penjual (free ongkir) atau ditanggung pembeli.
    – Pilih berat barang, lalu isi detail, lanjutkan
    – Setiap produk yang kamu jual, dikenakan charge 10%, charge akan dikurangi bila kamu share ke media sosial. Tekan Submit.
    – Kamu berhasil menambah barang yang akan dijual di Prelo. Cek barang kamu di “Jualan Saya”
    2. Kirim Barang Yang Dipilih Pembeli
    – Kamu akan dapat notifikasi, ada yang membeli barang jualan kamu, klik tombol notifikasi.
    – Pilih tab transaksi, lalu pilih transaksi  dengan status dibayar (artinya pembeli telah membayar pesanannya melalui Prelo).
    – Segera kirimkan barang bekas berkualitasmu ke alamat tujuan. Jika sudah jangan lupa melakukan konfirmasi dengan klik Kirim/Tolak di halaman detail transaksi yang sesuai.

    – Isi formulir Konfirmasi Kirim/Tolak, upload foto resi, klik SUBMIT. Pembeli barangmu akan menerima notifikasi dan nomor resi yang sudah kamu upload.

    3. Tarik Uang Kamu
    – Kamu mendapat notifikasi barang bekas berkualitasmu sudah diterima pembeli.   hasil penjualan otomatis masuk ke Prelo Balance milikmu.
    – Cek hasil penjualanmu melalui Notifikasi atau Jualan Saya.
    – Pilih menu tarik uang.

    – Saldo Prelo akan bertambah sesuai dengan hasil penjualanmu. Untuk mentransfernya ke rekening kamu, klik TARIK UANG.
    – Isi formulir Tarik UANG, lalu klik TARIK UANG SEKARANG.
    ********************************************************************************
  3. Panduan Pembeli.
    Nah, beda lagi kalau kamu di situ berniat belanja alias posisimu sebagai pembeli. Inilah langkah-langkah yang harus ditempuh:

    1. Pilih barang yang kamu suka
    – Pilih barbeku yang kamu ingin, baca detail produk dengan seksama, klik BELI, lanjut ke halaman Check Out.
    – Di halaman Check Out, isi datamu, nama, alamat kirim, metode pembayaran.Lanjut ke PEMBAYARAN.
    Check out berhasil, silakan transfer ke rekening  Bank yang kamu pilih.

    – Konfirmasi pembayaran dengan masuk ke Belanjaan Saya pilih transaksi yang akan dikonfirmasi, klik KONFIRMASI PEMBAYARAN.
    – Di halaman Konfirmasi Pembayaran, klik KONFIRMASI TRANSFER, Isi Form Konfirmasi lalu klik KIRIM KONFIRMASI.


    2. Terima Barang
    – Kamu akan mendapat notifikasi bahwa barbeku pilihanmu sudah dikirim penjual, jika sudah terima barang, lakukan konfirmasi penerimaan.
    – Pilih menu Belanjaan Saya, pilih menu yang sesuai.
    – Klik REVIEW PENJUAL.
    – Beri kesan dan pesan pada penjual, beri review sesuai jumlah hati,  isi komentar, klik KONFIRMASI PENERIMAAN.
    ________________________SELESAI_________________________________Katagori Barang Yang Cukup Lengkap
    Yups, kelebihan Prelo dibanding situs jual beli serupa, menurut aku sih, katagorinya yang cukup lengkap. Katagori barang dibagi menjadi sebagai berikut : Women, Men, Beauty, Book, Gadget. Hobby dan Antique, Baby & Kids, Home & Living. Cukup lengkap bukan?Nah, dari beberapa katagori di atas, masih terbagi menjadi beberpa sub katagori. Misalnya di bagian Baby & Kids, kita akan menemukan sub-katagori seperti :
    – Pakaian bayi  dan anak
    – Sepatu bayi dan anak.
    – Perlengkapan bayi dan anak
    – Aksesori bayi dan anak,
    – dan lainnya.

    Di bagian Hobby, tersedia berbagai perlengkapan penunjang hobi seperti :
    sport, fotografi, musik, otomotif dan masih banyak yang lainnya.

    Belanja Lebaran di Prelo, Pilihan Cermat dan Hemat
    Naahh..berhubung saat ini sedang bulan Ramadan, dan sebentar lagi lebaran, maka pilihan belanja di Prelo adalah salah satu alternatif patut dipertimbangkan.

    Dengan memilih belanja online di Prelo, selain kita ngga repot bermacet ria di jalanan, kita juga bisa puas memilih dengan cermat , sekaligus kita bisa berhemat. Karena harga barang-barang di Prelo, bisa terjun bebas banget dibading harga aslinya.

    Misalnya saat saya klik katagori wanita dan saya memilih  alat-alat ibadah, phasmina second ,  jilbab dan gamis seken dengan harga yang  terjangkau.


    Jadi kalau saya ingin opsi belanja hemat dan cermat, maka pilihan saya adalah Prelo.
    Oya aplikasi androidnya juga ada loh. Tapiii…karena memori Hp saya udah full, terpaksa deh, download aplikasi pake Hp kakak. 

    Jadi, ibu hemat dan cermat pasti akan memilih berbelanja barang bekas berkualitas di Prelo, ya.Selain  barangnya lengkap, pengoperasian aplikasi dan webnya juga sangat mudah.
    Prelo, jual beli barang bekas aman terpercaya.