A :”Aduuuh… kenapa akhir-akhir ini aku sering pusing, ya? badan terasa lesu dan ngga bertenaga, gitu?, terus gampang banget kena flu..”
B:” Ah, mungkin emang cuacanya Sist, lagi musim, kali”
C:” Aduuh..perasaan gue tambah endut, perut terasa begah melulu”
D: “Maklum , Mba, factor U, metabolisme  melambat…”

Ladies...keluhan-keluhan di atas mungkin seringkali kita dengar, ya… Hampir setiap saat ada saja orang di sekitar kita yang mengeluhkan urusan badannya yang begini dan begitu. Yang kegendutan lah, yang mudah capek lah, yang sakit-sakitan lah.
Mungkin banyak diantara mereka, atau bahkan kita sendiri yang menyalahkan keadaan, menyalahkan cuaca, atau melarikan diri dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan sebagainya tanpa pernah mau mencari tahu, apa penyebab dari semua itu.

“Hmmm..jangan-jangan saya termasuk di dalamnya”  😀

Keseimbangan Hormon
Udah sering, kan denger istilah ini? Kita seringnya membicarakan hormon kalau sedang mengalami menstruasi. Di saat itu seorang wanita sering sensi banget karena adanya perubahan hormon.

Pada dasarnya fungsi tubuh berjalan lancar apabila keseimbangan hormon pada tubuh terjaga. Hormon adalah  zat kimia pada tubuh yang bertugas untuk  mengatur fungsi tubuh secara keseluruhan. Hormon berpengaruh pada faktor fisik seperti pertumbuhan badan, metabolisme dan sebagainya, dan juga faktor psikis seperti perasaan bahagia, stress, gairah seksual dan lain sebagainya.

Hormon-hormon penting pada tubuh akan berfungsi normal apabila kita menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang.

Untuk itu mulailah membiasakan beberapa hal berikut ini :

1. Ubah Pola Makan
Iya, bener, ubah pola makan mulai saat ini. Kalau Ladies biasanya suka mengkonsumsi makanan sembarangan yang penting enak di lidah. Sudah saatnya putar haluan dan hanya mengkonsumsi makanan sehat saja. Apa sih kriteria makanan sehat itu?

Ada banyak teori tentang makanan sehat dewasa ini, hal inilah yang mendasari beberapa jenis pola makan yang dianut oleh banyak kelompok saat ini, seperti pola makan vegan, pola makan raw food, pola makan food combining, pola makan ketofastosis, clean eating dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dari semua pola makan yang dianut para penganut gaya hidup sehat, dapatlah ditarik garis merah, bahwa makanan sehat itu adalah  :

a. Makanan Yang Kaya Serat
Makanan ini di dapat dari aneka buah-buahan dan sayur-sayuran. Lebih baik dipilih buah yang tidak  mengandung gula terlalu tinggi, dan sayuran sebaiknya dikonsumsi mentah setelah dibersihkan dengan cara yang tepat.
Selain kaya serat yang sangat membantu kerja pencernakan, buah dan sayur juga sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, sehingga memberi nutrisi dan energi yang dibutuhkan dalam menjaga keseimbangan hormon tubuh.

Cantik kan, buahnya?

b. Makanan Kaya Protein dan Lemak Baik
Selain mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah, sebaiknya kita juga mengkonsumsi  makanan yang kaya  kandungan protein dan lemak baik.
Protein dibutuhkan sebagai zat pembangun dan kelancaran metabolisme seperti membantu mempercepat berbagai reaksi biologis. Sedang lemak adalah sumber tenaga , membantu proses pelarutan vitamin, melindungi organ vital seperti lambung dan jantung, serta penyusun hormon seksual.
Contoh makanan mengandung kaya protein adalah kacang-kacangan, daging,  ikan dan lain sebagainya. Lemak baik bisa didapat dari ikan, daging, alpukat dan lain-lain.

c.  Makanan Rendah Karbohidrat 
Karbohidrat diketahui sebagai sumber tenaga. Namun jumlah asupan karbohidrat yang tinggi, berbahaya bagi kesehatan karena bisa mengakibatkan kegemukan dan diabetes. Karena di dalam metabolisme tubuh, karbohidrat diubah menjadi gula dan akhirnya lemak.

Hati-hati loh, Ladies, ngga mau kan tampak endut dan terkena berbagai penyakit? So, mulailah mengurangi asupan karbohidrat.

d. Makanan Kurang Gula , Low Sugar ataupun  Sugar Free
Gula putih (refinated sugar) dan makanan manis (yang kaya kandungan gula) diketahui menjadi penyebab diabetes yang merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit diabetes bisa membuka pintu bagi berbagai penyakit kronis lainnya.
Saat ini orang makin menggemari makanan bebas gula atau sugar free dan beralih pada pemanis alami rendah kalori.
e. Bukan Makanan yang Digoreng
Makanan-makanan yang digoreng bisa sangat berbahaya karena menumpukkan lemak jenuh yang berasal dari minyak goreng yang dipanasi dan berulang-ulang dipakai. Ini sangat membahayakan kesehatan jantung.
Ganti deh, makanan gorengan dengan makanan yang dikukus, atau paling baik makanan yang dikonsumsi mentah dan segar (bila memang tidak harus dimakan secara matang).
f. Makanan Bebas Gluten / Gluten Free
Gluten itu, apa sih ?
Gluten adalah bentuk tak beraturan dari protein yang terkandung bersama pati. Dari semua biji-bijian, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Di Indonesia kita mengenal tepung terigu yang merupakan tepung yang dibuat dari gandum yang digiling dan disosoh hingga sudah kehilangan kulit arinya.
Makanan yang banyak dibuat dari tepung terigu contohnya , roti, mie, kukis, keik, dan sebagainya.
“Enak? Iya, sih, tapi….”

2. Berolah Raga
Nah, yang ini tak bisa ditawar lagi. Selain menjaga asupan makanan dengan makanan yang tinggi serat dan kaya protein dan lemak baik, berolah raga juga sangat penting.
Olah raga menjaga tubuh tetap bugar. Dengan berolah raga, stress pada tubuh dan pikiran bisa diturunkan. Olah raga juga membantu menggiatkan metabolisme tubuh dan merangsang kelenjar tubuh untuk memperoduksi sistem kekebalan tubuh.
Keseimbangan hormon tubuh bisa terjaga dengan aktif berolah raga.

Olah Raga Yuk, Foto Koleksi Pribadi

3.Istirahat Yang Cukup
Istirahat terbaik adalah tidur. Pada saat tidur semua fungsi tubuh dan otak diistirahatkan. Pada saat malam hari , proses assimilasi dan penyerapan sari makanan hanya bisa terjadi pada saat tubuh menjalani istirahat total, yakni tidur. Karena itu mereka yang begadang telah melewatkan proses ini dan menganggu keseluruhan proses metabolisme tubuh.
Selain itu, tidur juga memberi waktu istirahat bagi otak sehingga esoknya akan terjaga dalam kondisi segar.

4. Berpikir Positif
Mereka yang terbiasa berpikir positif mampu menjalani kehidupan dengan lebih baik dan produktif. Hal ini akan menghindarkan stress dan menghindarkan kekacauan fungsi hormon dalam tubuh.

5. Ganti Minuman Bersoda Dengan Minuman Herbal Berkhasiat
Selain makan makanan sehat,  minum merupakan aktifitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh, loh, Ladies. Para ahli menganjurkan agar kita minum air putih minimal 2 liter perhari.
Selain minum air putih, kita biasanya suka minum-minuman yang manis dan segar baik setelah berolah raga maupun saat hang out bersama teman-teman.

Daripada mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman  berkadar gula tinggi yang membahayakan kesehatan, Yuk, kita ganti minuman kita dengan mengkonsumsi minuman herbal berkhasiat , yaitu Herbadrink Sari Temulawak. Kagak ada ruginya, samaaa.. sekali, malahan kita dapat berbagai keuntungan. Cek, ya…

Mengapa Herbadrink Sari Temulawak?

Temulawak (Curcuma Xanthorriza Roxb) adalah tumbuhan obat tergolong suku temu-temuan (Family Zingiberaceae) yang merupakan tanaman asli Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia, tanaman temulawak tumbuh subur di daerah Jawa, Bali dan Maluku. Saat ini banyak di budidayakan di Indonesia (Jawa), Malaysia, Thailand , Filipina, dan India.

Dalam rimpang temulawak ditemukan zat kimia antara lain : minyak atsiri (ar-kurkumen), beta kurkumen, germakren, kurkuminoid (kurkumin dan desmetoksikurkumin)  dan  xanthorrizol.

Kurkumin diketahui sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi hati atau liver dari racun (antihepatotoksik).

temulawak
Kandungan Dan Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak
Temulawak telah dikenal selama ratusan tahun oleh nenek moyang kita sebagai herbal yang kaya manfaat dan sangat berkhasiat.
Tumbuhan rimpang yang  merupakan keluarga Zingiberaceae (temu-temuan) tersebut juga telah diteliti para ahli dan bermanfaat  diantaranya :

  1. Memelihara Kesehatan Hati
  2. Mengurangi Radang Sendi
  3. Menjaga Fungsi Lambung
  4. Menurunkan Lemak DarahPiknik Makin Asyik Dengan Minuman Herba Praktis
    Herbadrink Sari Temulawak adalah minuman herbal instant yang dibuat dari  resep minuman tradisional turun temurun tanpa pengawet. Selain dikenal untuk menjaga fungsi hati/ liver , sari temulawak juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi pencernakan dan menjaga kadar kolesterol.Kemasan sachetHerbadrink Sari Temulawak yang praktis memudahkannya untuk dikonsumsi tanpa harus ribet memasak atau menyeduh air panas. Langsung bisa dinikmati dengan segelas air dingin.
    Hmm.. kalau dinikmati sambil piknik, rasanya cocok tuh… Ia juga praktis dibawa bepergian.
    Saat ini Herbadrink Sari Temulawak memiliki dua varian yakni Sari Temulawak reguler dan Sugar Free Temulawak. Untuk varian sugar free, digunakan pemanis buatan Sukralosa yang tanpa kalori, tidak memiliki efek terhadap metabolisme karbohidrat, kontrol gula darah jangka pendek maupun jangka panjang, ataupun pada pelepasan insulin, sehingga aman dikonsumsi .
    Selain itu penggunaan Sukralosa sudah diijinkan di hampir 80 negara, termasuk Indonesia, dan mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga aman dikonsumsi seluruh keluarga.Nah, tunggu apalagi, buruan deh, pergi ke minimarket atau supermarket terdekat and grab it  fast ya, Ladies... Saya pertama kali mencoba dan langsung jatuh cinta dengan Herbadrink Sari Temulawak ini. Minuman berkhasiat ganda yang segar nikmat tiada tara. “Hmm..cheersss....”