Buk ibukkk…punya anak kecil engga? Yang masih seumuran Paud sampai eSDe gitu?  Kalau pagi suka disiapin sarapan apa ?

Telur ceplok sama susu? Roti isi selai kacang? Ah… ibuk nyari yang gampangan yaa…
Ooo..ada lagi yang sarapannya ekslusif buah ya? Hmmm ..

Nah, kalau yang pola makan, puasa sampai jam 12 siang itu? Mungkin cocok untuk orang dewasa yang sudah berusia 35 ke atas, yang memang harus membatasi asupan makanan, atau cocok buat orang dewasa yang ingin menurunkan berat badan atau menurunkan kadar insulin dalam darah. Tapi untuk anak-anak, kayanya jangan deh, mereka masih dalam masa pertumbuhan dan butuh banyak energi untuk menunjang kegiatan belajar mereka.

Sarapan Sehat, Sebelum Jam 9
Definisi sarapan sehat yaitu:  sarapan yang memenuhi minimal seperempat (15-30% ) kebutuhan gizi harian. Sarapan merupakan salah satu dimensi gizi seimbang  dalam rangka mewujudkan  hidup sehat, aktif dan cerdas.

Sarapan memegang peran penting dalam menunjang aktifitas harian seseorang. Menurut Prof Dr. Hardiansyah Ms,  sarapan sangat penting dalam mengaktifkan kerja otak, di samping tentu saja memberikan energi yang dibutuhkan dalam berkegiatan .

Itulah mengapa, para ahli gizi menganjurkan agar setiap anak sekolah, terutama usia Paud dan SD mendapatkan sarapan sebelum jam 9 pagi. Dengan demikian diharapkan anak-anak akan tumbuh sehat dan otaknya bekerja dengan baik sehingga  mampu menyerap pelajaran dengan baik. Generasi yang sehat adalah harapan masa depan bagi bangsa Indonesia.

Contoh menu sarapan sehat buatanku
Contoh menu sarapan sehat buatanku

Begitu pentingnya sarapan ini, sehingga Kementrian Kesehatan merasa perlu mengadakan peringatan Pekan Sarapan Nasional yang diperingati sejak tahun2013 setiap tanggal antara 14-20 Pebruaari.

Peringatan Pekan Sarapan Nasional  (PESAN) 2017  di Surabaya diperingati pada tanggal 24 Pebruari, di Kampus C Universitas Airlangga  dengan  mengambil tema “Sarapan Sehat dan Jajanan Aman Menunju Generasi Sehat Berprestasi”.

Tujuan diadakannya Peringatan Pekan Sarapan Nasional ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya kebiasaan sarapan sehat. Selain itu juga diharapkan mampu memberi informasi, mengajak, mengingatkan, mendorong masyarakat luas melalui Pejabat, jajaran Dinas Kesehatan, jajaran Dinas Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Guru dan Anak Sekolah, untuk membiasakan perilaku sarapan sehat setiap hari sesuai Permenkes no 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Kampus UNAIR yang Asri, Gemuruh oleh Peserta PESAN 2017

Pagi itu tepat pukul 7.30 Saya sudah sampai di Kampus C Unair Surabaya di kawasan Mulyorejo berseberangan dengan kawasan perumahan elite, Dharmahusada Indah.

Suasana Kampus C terlihat bersih, rapi dan asri. Sebuah masjid yang baru, nampak menjadi pusat perhatian. Masjid bergaya Maroko itu mencuri perhatian saya. membayangkan diri sedang jalan-jalan ke negara di ujung benua Afrika tersebut.

Yang paling menyenangkan adalah adanya sebuah danau cukup luas yang konon berbentuk CINTA. Danau ini tepat berada di samping Masjid. Posisinya ada di belakang tenda besar yang akan digunakan sebagai tempat peresmian Pekan Sarapan Nasional 2017, yang sedianya dilakukan oleh Ibu Walikota Surabaya, Tri Risma Harini.

danau-cinta-unair

Peserta PESAN 2017 yang terdiri dari para guru dan murid-murid SD dan Paud, ibu-ibu tim penggerak PKK dan kader Posyandu   sekota Surabaya, para mahasiswi jurusan Gizi dan Pangan Universitas Airlangga yang bertugas sebagai panitia, pegawai jajaran Pemkot Surabaya, dan tentunya media dan blogger sudah hadir memenuhi tenda besar yang berdiri di depan Fakultas Manajemen Universitas Airlangga.

Usai registrasi, saya dan beberapa peserta lainpun menuju tepian danau untuk sekadar berfoto ria, sambil menunggu acara dimulai. Jepret sana-sini, sambil melihat-lihat sekawanan angsa yang berenang dan bercengkerama di tepi danau. Hmm..asri banget deh. Sungguh patut disyukuri bahwa di tengah kota besar yang padat seperti Surabaya ini, ternyata masih ada ruang terbuka hijau yang cukup untuk meredakan panas udara kota Surabaya dan menyumbangkan oksigen bagi paru-paru warganya.

Sekitar satu jam kemudian, acara benar-benar dimulai, Beberapa pejabat dari jajaran Pemkot Surabaya, para dosen dari jurusan Ilmu Gizi dan Pangan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair dan para Pejabat kementrian Kesehatan mulai berdatangan dan menempati tempat yang telah disediakan.

suasana-upacara-peresmian-pesan-2017

Acara dimulai dan bergiliran beberapa pejabat memberikan sambutannya . Yang pertama adalah Ketua Pergizi Pangan Jatim yang juga Ketua Penyelenggara acara yakni Dr.Ir. Anis Catur  Adhi, Msc. Beliau melaporkan bahwa Pesan 2017 ini merupakan acara yang ke lima sejak pertama kali diluncurkan tahun 2013 oleh Menko Kesra saat  itu, Agung Laksono.

Dalam pidatonya, Anis Catur Adhi mengatakan bahwa : sarapan mempunyai peranan yang sangat penting karena dapat meningkatkan kesehatan, kecerdasan, ketangguhan dan produktivitas seseorang.

Dalam upacara pembukaan itu juga diresmikan peluncuran komik Sarapan Sehat yang berisi ajakan untuk sarapan sehat dengan metode bercerita yang sesuai untuk anak usia dini.

para-pejabat-membuka-pesan-2017

Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar yang diselenggarakan di Aula Kahuripan yang diikuti oleh peserta dari unsur guru, kader Posyandu, Tim Penggerak PKK dan lain-lain yang lebih banyak adalah kaum hawa.

Pembicara pertama adalah Prof Dr. Hardinansyah MS , Ketua Pergizi Pangan Indonesia, yang membawakan tema “Enak di Mulut, Sehat dan Langsing di Perut “.

Sedang pembicara kedua adalah Ahli Gizi Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Dr dr Sri Adhiningsih Ms MCN yang membawakan tema “Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”

Dari kedua tema tersebut, dapat disimpulkan hal-hal berikut:

 PENGERTIAN SARAPAN 

Yaitu, kegiatan makan dan minum yang dilakukan pada pagi hari antara saat bangun tidur hingga jam 9. Tujuannya adalah untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30%), dalam rangka mewujudkan  hidup sehat, aktif dan produktif.

seminar-enak-di-mulut-langsing-di-perut

SARAPAN SEHAT,  TERDIRI DARI APA SAJA?

Yang disebut sarapan sehat adalah

  1. Terdiri dari pangan karbohidrat, lauk-pauk, sayuran dan buah-buahan.
  2. Bagi yang tidak terbiasa makan kudapan (cemilan) di waktu pagi dan siang, maka kebutuhan sarapannya adalah sekitar sepertiga dari porsi makanan dalam sehari.
  3. Bagi yang terbiasa makan kudapan (cemilan)  pada pagi dan siang hari, maka, kebutuhan  sarapannya adalah seperempat dari total porsi makanan dalam sehari.

MANFAAT SARAPAN 

  1. Pemenuhan zat gizi untuk memberikan energi berpikir, bekerja dan melakukan aktivitas fisik.
  2. Mencegah dari makan kudapan (cemilan)  berlebihan saat makan pagi atau siang.
  3. Membiasakan diri bangun pagi dan beraktivitas sejak pagi.
  4. Meningkatkan stamina dan konsentrasi belajar.
  5. Mencegah kegemukan (akibat terlalu banyak ngemil di luar waktu makan makanan pokok).

AKIBAT TIDAK SARAPAN

  1. Kurang Konsentrasi
    Makanan berfungsi memberi energi pada otak untuk berpikir. Bila seseorang tidak mendapat sarapan antara saat bangun tidur hingga jam 9 pagi, maka tidak ada energi yang mensuplay otak untuk kegiatan berpikir.
  2. Meningkatkan Resiko Jajan yang Tidak Sehat.
    Seorang anak /pelajar  yang tidak mendapatkan sarapan pagi di rumah dan hanya dibekali uang jajan, dalam keadaan lapar, anak cenderung membeli jajanan apa saja yang dijual di sekitar sekolah, tanpa mampu memilah dan meilih manakah jajanan yang sehat (dan halal). Mereka kadang tidak punya pilihan, karena jajanan yang dijual di luar rumah / sekolah memang tidak memenuhi standar makanan aman dikonsumsi, sehat dan halal.
  3. Aktivitas Fisik Menurun.
    Seorang anak / pelajar  yang dalam kondisi perut lapar akibat tidak sarapan di rumah, dia tidak punya cukup tenaga untuk melakukan aktivitas fisik. Selain itu, daya kerja otaknya juga terganggu akibat menahan lapar dan tidak cukup suplay energi.
  4. Kegemukan Pada Remaja dan Dewasa
    Banyak orang men-skip kegiatan sarapan dengan tujuan penurunan berat badan. Berbagai alasan mereka kemukakan, namun yang sebenarnya, dengan tidak sarapan, maka seseorang akan cenderung makan lebih banyak di siang dan malam hari, karena kebutuhan tubuh yang tidak terpenuhi.
    drsriadhiningsih 
    4 PEDOMAN GIZI SEIMBANG KEMENTRIAN KESEHATAN RI 2014
    1. ANEKA RAGAM PANGAN

    a. Batasi asupan Gula (maks 4 sendok makan/hari) Garam (Maks 1 sendok teh/hari) dan Minyak (Maks 5 sendok makan/hari).

    b. 2- 4  porsi protein hewani atau 2-4  porsi protein nabati.
    c. 3-4 porsi sayuran sehari
    d. 2-3 porsi buah sehari
    e. 3-4 porsi karbohidrat sehari
    f. Air putih minimal 8 gelas perhari atau 2 liter.

    2. Hidup Bersih
    Cuci tangan sebelum makan.

    3. Aktivitas Fisik
    Yakni aktif dan rajin berolah raga seperti berjalan, bersepeda, senam, menyapu dan kegiatan fisik lainnya.

    4. Pantau Berat Badan
    Memantau berat badan penting, jangan sampai kelebihan atau kekurangan berat badan. Rumus berat badan ideal adalah tinggi badan dikurangi 110

    Aneka Lomba
    Selain upaca pembukaan dan seminar, PESAN 2017 juga diperingati dengan aneka lomba seperti menggambar, mewarnai, memasak atau membuat menu sarapan sehat oleh anak-anak SD.

    Tujuannya adalah mengenalkan pada mereka aneka menu sarapan sehat yang mudah dibuat, Selain mendorong mereka untuk suka sarapan sehat sebelum jam 9 pagi.

    Acaratersebut disponsori oleh PT. Nippon Indosari Corporindo. Hari itu selain membagikan ribuan aneka rasa roti produk mereka, Sari Roti, mereka juga mengundang chef yang memberikan demo membuat gado-gado londo dan aneka resep sarapan praktis berbahan dasar roti.

    Ojok lali yo Rek, sarapan pagi itu puenting. Dengan rutin sarapan pagi, kita membantu menyiapkan generasi masa depan yang lebih sehat dan produktif.