Membuat Konten Yang Menarik Lebih Mudah Dengan ASUSPRO P2430U

Pertama kali ngeblog, udah bisa bikin tulisan yang ala-ala gitu, udah seneng banget. Bisa nulis, bisa publish dan keluarin uneg-uneg. Lega dan bangga.
Makin kesini, kesenangan ngeblog bukan lagi sesuatu yang sederhana dan sepele. Apalagi pas udah bergabung dengan berbagai komunitas blogger seperti Blogger Perempuan Network,   Ngeblog makin menantang.

Saat ini, seorang Blogger dituntut untuk mampu membuat konten yang menarik dan berkualitas baik dari segi isi tulisan maupun dari tampilan blog baik dari template maupun aksesori seperti penambahan gambar, infografis hingga video.
Hal ini bukan lagi kendala yang berarti, karena jaman sekarang, hampir setiap notebook atau perangkat komputer sudah dilengkapi dengan  Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Coe i7  Processor yang semakin canggih sesuai tuntutan profesi masa kini.
Notebook dengan Prosesor Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 atau generasi ke 6 memiliki kelebihan :
Telah dilengkapi dengan Intel® Turbo Boost Technology 2.023,  membuat PC atau notebook kita akan memiliki kekuatan super dalam mengemban tugas-tugas berat,  dan responsivitas tinggi untuk membantu meningkatkan produktivitas kita.

Kecepatan streaming yang tinggi. Urusan menonton video atau bermain game jadi lancar tidak memerlukan waktu yang lama untuk loading.
Pengalaman menonton video atau bermain game lebih  memuaskan dengan layar penuh 4K dan tampilan 360 yang nampak lebih nyata.

Dan yang paling penting nih,  kemampuan untuk membuat, mengedit, dan berbagi konten 4K – semua itu dengan Thunderbolt™ 3, untuk transfer data secepat kilat. Inilah kinerja dan fleksibilitas PC yang belum pernah ada sebelumnya.
intel-core-inside

Intel Core i3/i5/i7 ini juga dirancang kompatibel  dengan Windows’10 sehingga sangat mendukung kinerja para profesional yang bekerja di bidang kreatif  yang membutuhkan dukungan teknologi IT terkini.

Sebagai Blogger yang juga menjadi seorang Entrepreneur di bidang Wisata Halal, aku sangat mengandalkan kekuatan kinerja notebook ASUS  A45ILB -ku dengan prosessor Intel Core i7nya.  untuk mengerjakan berbagai pekerjaan seperti posting artikel, mengedit foto, menambahkan infografis, atau membuat video untuk pelengkap isi blog dan websiteku.

Untuk itu, aku selalu memperhatikan beberapa hal berikut:

1.Konten Yang Menarik

Sebagai nyawa dari sebuah blog, konten adalah raja. Bagaimana mungkin seorang pembaca mau datang ke blog kita dan baca-baca kalau isi postingan kita adalah hal-hal yang ngga mutu. Konten yang baik harus bisa memberikan informasi bagi pembacanya. Karenanya, dalam menghasilkan sebuah konten yang berkualitas, seorang Blogger harus mendapatkan sumber terpercaya untuk memback up tulisannya. Ini berarti seorang Blogger harus banyak baca. baik dari buku, googling, maupun referensi  lainnya.

Kalau aku sendiri, lihat-lihat dulu kira-kira tema apa yang akan aku angkat. Misal itu tema kesehatan, aku akan googling dari banyak blog luar negeri yang fokus pada bidang kesehatan atau gaya hidup sehat. Selain itu, aku baca-baca dari koleksi bukuku yang ditulis oleh penulis-penulis ternama.

Kalau sedang mereview suatu produk dari sebuah brand, maka acuan utamaku biasanya dari website resmi brand tersebut. Lalu aku akan googling dan baca-baca dari website  atau blog lain yang mengulas produk tersebut. Sekadar mengetahui, apa pendapat orang tentang produk dari brand tersebut. Selanjutnya aku akan tulis dengan gayaku sendiri dan  sudut pandangku sendiri. Dengan demikian aku jadi lebih pede dan ngga khawatir memplagiat tulisan orang lain.

Karena pentingnya konten atau isi blog ini, maka sering dikatakan bahwa konten adalah Raja. Netizen yang semakin cerdas dan Algoritma Google yang semakin canggih mampu mendeteksi tulisan-tulisan yang bagus dan singkron antara judul dan isi. Jangan harap blog atau website kamu disambangi orang kalau antara judul dan isinya ngga nyambung alias ada unsur penipuan.

2. Judul Blog Adalah Ratu

Ya, kalau dikatakan bila konten adalah Rajanya sebuah tulisan, yang mampu menarik minat orang untuk mendatangi blog kamu karena merasa membutuhkan informasi yang kamu bagikan dalam blog atau web kamu, maka judul adalah Ratunya. Tanpa judul yang bagus, orang ngga akan tertarik untuk datang. Mengapa bukan judul yang disebut Raja? Ya, karena semenarik-menarik sebuah judul, isi atau konten blog atau web adalah hal yang dicari oleh pembaca. Jadi konten blog yang menarik itu karena isinya adalah informasi yang dibutuhkan oleh pembacanya.

Bagaimana membuat judul blog yang menarik minat baca netizen? Cara termudah adalah melalui Google Search atau Auto Suggestion. Karena kita tinggal di Indonesia, maka kita bisa mencari referensi dengan membuka google.co.id , lalu ketikkan key word atau kata kunci yang kira-kira banyak dicari orang. Biasanya ketika kita baru mengetikkan satu kata, maka akan diikuti oleh kata lain, artinya kata atau kalimat tersebut sudah ada banyak yang mengetikkan di pencarian Google.

Bisa juga melalui beberapa cara dalam menentukan kata kunci yang SEO-friendly ini, diantaranya kita bisa menggunakan Google Trends atau bisa juga dengan Google Adwords dengan keywords tool.

 

3. Mengedit Foto

Biasanya kalau sedang mengulas sebuah produk, dan aku diundang menghadiri launching produk tersebut, aku  bakal lebih mudah memberikan ilustrasi bermutu, karena berdasar sumber nyata dan bisa dipertanggung jawabkan. Dengan memotret langsung  produk atau suasana launching produk tersebut, ilustrasi berupa foto akan lebih hidup dan bersifat personal karena berasal dari  tangkapan dengan angle yang berbeda dengan Blogger lain, meskipun produk yang diulas sama.

Jika produk yang aku ulas hanya bisa aku ambil ilustrasinya dari website resmi brand tertentu, aku biasanya menyertakan sumber gambarnya. Demikian juga jika sangat terpaksa memakai gambar orang lain, maka aku biasanya selalu menyertakan dari mana sumbernya. Hal ini perlu untuk menghormati hak cipta orang lain.

Namun, sebenarnya ada loh beberapa website penyedia gambar-gambar yang bisa kita gunakan untuk memberi ilustrasi pada blog kita. Ada yang free ada pula yang berbayar. Kalau yang free contohnya neh : di pixabay, atau free-stock photo, pexels, unsplash, gratisography dan lain-lain.
Yang berbayar ada banyak, tapi..kalo ada yang gratisan, ngapain pilih yang berbayar, iya, kan? hihihi.

Biasanya untuk mengedit, aku mengandalkan cara-cara yang mudah saja. Sebetulnya di notebookku, aku  udah download beberapa aplikasi seperti CorelDRAW, Adobe Illustrator, dan lainnya. Tapi aku biasanya menggunakan aplikasi yang mudah saja, seperti Picart, misalnya. Hanya kalau bener-bener butuh saja aku gunakan aplikasi yang lebih rumit untuk mengedit gambar atau foto. Dan terus terang aku jarang mengedit foto loh, kecuali menambahkan watermark sederhana saja.

2015-04-26 15.18.08-2

4. Menambahkan Infografis

Pasti udah pada tahu, kan? Infografis itu semacam kita kasih data dan fakta dalam bentuk gambar. Tujuannya adalah memberikan ringkasan beberapa poin penting dalam bentuk gambar yang singkat, sehingga lebih mudah dipahami dan lebih menarik.

Untuk  sumber infografis aku biasanya menggunakan Canva atau Piktochart. Sebenarnya ada banyak banget loh  Web penyedia disain infografis yang bisa kita gunakan untuk melengkapi artikel atau tulisan kita di blog sehingga nampak lebih menarik, mudah dimengerti dan tentunya memanjakan mata. Tapi aku biasanya larinya ke kedua website tersebut, karena alasan… mudah banget dioperasikan. Next time aku pengen coba yang lain-lain dah.

Berikut ini contah infografis yang aku buat dengan Piktochart :

Tabel angka kematian akibat penyakit jantung dunia. Data kemenkes 2014
Tabel angka kematian akibat penyakit jantung dunia.
Data kemenkes 2014

 

 

Siapa Saja Yang Buth Suplemen Vitamin?
Siapa Saja Yang Buth Suplemen Vitamin?

5. Menambahkan Video

Biasanya sih aku buat di Youtube, baru kemudian aku upload ke blog. Menurutku, notebook Asus-ku sudah cukup mumpuni menunaikan tugas-tugas mulia seorang Blogger dan V-logger wannabe hahaha. Asal internet kenceng, proses pembuatan video ngga makan waktu lama. It’s really easy bitsy pokoknya .

E, tapi… seperti kukatakan sebelumnya bahwa aku memiliki bisnis sendiri. Maka di masa mendatang aku bakalan perlu beberapa notebook yang mumpuni untuk mendukung kinerjaku. Note book yang bisa aku gunakan saat bekerja di kantor, di rumah, atau aku bawa bepergian. Ia harus kuat, bandel, performanya tinggi, ngga mudah panas, karena aku bisa saja membuka banyak tab secara bersamaan, membiarkannya menyala selama dua tiga hari (hanya ditutup dengan mode sleep), karena aku bakalan maraton menginput data-data ke website Halal Tour Indonesia-ku, dan kalau bosen pastilah larinya nonton filem atau main game. Jadi saat otakku beristirahat, notebookku justeru harus bekerja lebih keras.
Notebook yang bisa aku pakai sendiri, atau dipakai oleh para pegawaiku di kantor, dan mungkin bakalan aku relakan sekali-kali dipinjam puteriku yang kuliah di jurusan Planologi, itu tuh, yang kerjaannya nge-gambar peta. Musti  bisa diajak lembur dan asyik buat ditenteng-tenteng ke luar  rumah bahkan ke luar kota. Maklum para wanitaaa.. di mana-mana harus selalu tampil gaya. Meski niatnya tetep untuk bekerja.

Hmm..kira-kira notebook dengan kualifikasi apa ya yang cocok dengan apa yang aku butuhkan?

Aha!! Ini dia, ASUSPRO P2430U!!

Notebook Asus memang dirancang untuk para profesional. Melalui segmentasi notebook yang dirancang untuk korporat, Asus menyuguhkan keluarga ASUSPRO. Perangkat komputer yang dirancang mobile. Cocok banget buat para profesional yang ngga hanya aktif di dalam ruangan tapi merasa lebih terinspirasi saat bekerja di luar ruangan, atau karena tuntutan kondisi yang mengharuskan bekerja di luar ruangan.

Selain performanya yang handal karena dilengkapi Intel Core i3/ Intel Core i5/Intel Core i7 Processor, ASUSPRO  P2430U ini memiliki disain yang stylish. Sangat elegan dan cocok untuk para profesional yang mementingkan dua sisi, yakni kinerja yang mumpuni dan penampilan yang menawan.

logo_asus_isoi_intel-300x99

Selain dilengkapi dengan prosesor dari generasi ke 6, ASUSPRO P2430U juga   dilengkapi dengan Grafis NVidia  G Force 900 berbasis arsitektur Maxwell. Cocok sekali untuk kinerja berat seperti yang dibutuhkan puteriku dalam proses perancangan kota dan pembuatan peta yang menjadi tugasnya sehari-hari.
Pastinya juga cocok untukku yang bekerja sebagai blogger dan pemilik Usaha Halal Tour yang seringkali harus meng-upgrade isi websiteku untuk menampilkan paket-paket terbaru dalam cara yang menarik.

asuspro-p2430u-1

 

Kerja Keras Tanpa Mati Gaya

asuspro_p2430_black_-2
Bodi Tipis, dengan Chasing alumunium bertekstur brushed-hairline.

Ya, hari gini, profesional bukan lagi identik dengan para nerd. Meski kami bekerja keras dengan perangkat teknologi, namun  tetap ingin tampil dinamis dan stylish. Untuk itulah ASUSPRO P2430U ini dirancang.

Disainnya solid, dengan bodi tipis nan menawan, sangat cocok untuk profesional dengan mobilitas tinggi. Balutan warna gelap pada casing-nya dipercantik dengan tekstur brushed-hairline alumunium. Ada pula tambahan lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD nya. Makin membuat mantap penampilannya.

Sering menatap layar, membuat mata cepat lelah? Aku ngga lagi  khawatir.  ASUSPRO P2430U dilengkapi dengan fitur anti glare pada layarnya , sehingga membuatku merasa lebih nyaman saat memandang layar, dan tidak khawatir pada pantulan cahaya dari arah belakang. Ini penting banget. Karena aku hobi ngeblog di luar ruangan. Biasanya aku nge blog di taman kampus deket rumah, biar lebih terinspirasi dan ide-ide segar lebih banyak muncul.

Disain chiclet-keyboardnya dengan penempatan tombol yang presisi, bikin tangan ini ngga pegal. Travel distance-nya yang 2,3 mm ngga bikin aku salah-salah ketik yang kadang membuat mood jadi bete.

Biasanya sih, kalau aku ke luar kota, atau sekadar bepergian ke luar rumah untuk beberapa jam, yang aku perkirakan akan banyak waktuku untuk menunggu sesuatu, misal mau menjemput si bungsu, mau ngantri di kantor pajak, atau sekadar menemani si bungsu main ke rumah sepupunya, aku selalu menenteng notebookku. Pengennya sih tetap produktif, kapan dan di manapun.

Dengan ASUSPRO P2430U yang bobotnya hanya 1,95 Kg (termasuk Baterai- 4 cell) dan ketebalan 2,3 hingga 2,6 cm, aku jadi lebih pede dan ngga bakalan sakit bahu akibat membawa perangkat perang yang satu ini.

Kerja Multi Tasking Kelar Tanpa Bete

 

Sering ngga sih ngerjain tulisan di blog sambil buka tab lain, bikin infografis di piktochart, misalnya, atau sambil buka-buka Youtube buat nyari referensi video yang cocok sama postingan? Belum lagi sambil buka sosial media, karena mantengin acara penting, gitu? aku sering.

Suka lola, ngga sih? Kadang. Biasanya karena aku ngebuka tab terlalu banyak dan bahkan notebook udah aku nyalain selama dua hari, misalnya. Namun dengan ASUSPRO P2430 ini, pekerjaan multitasking bukan lagi kendala. Karena ia telah dilengkapi dengan memori utama DDR4 sebesar 2 GB yang masih bisa ditambah kapasitasnya. Ada 2  slot memori yang tersedia mampu menampung RAM hingga 16GB.

Ada 4 buah port USB dengan tiga port merupakan USB 3,0  menawarkan transfer data 10 kali lebih cepat dibanding USB 2,0. WOW! Mantap! Bandingkan dengan notebook jenis lain yang terkadang hanya dilengkapi 3 atau bahkan hanya 2 port USB. Itupun mungkin masih USB 2,0.
Masih ditambah lagi dengan salah satu port USB 3,0 tersebut mendukung USB Charger+, sehingga aku bisa saja, bekerja di notebokku sambil men-charge ulang baterei Hand Phone aku yang sering minta perhatian itu.
“Yuuu..huhuu.. ” menandak-nandak bahagia Kok ada sih, perangkat yang ngertiin kita banget?? Emak-emak rempong yang suka kerepotan bawa gadget dan segala printilannya kalau mau pergi.

Security Is Our Right

 

Yap, hare genee.. banyak banget kan mereka yang suka kepo dengan apa yang kita kerjakan? Pencurian data mungkin? atau mau nyontek hasil kerjaan kita? mau membajak ide-ide brilliant kita?  Ah.. mungkin bukan saya. tapi bagi korporat besar? Yang punya nilai bisnis triliunan? Nothing Impossible, kan?

Untuk itulah ASUSPRO P2430U ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang terpasang pada hardware dan sistemnya. Melalui aplikasi ASUS Business Manager  fitur security bisa disetel.

Kita bisa, loh, mengunci fungsi USB dengan password, sehingga tak seorangpun bisa mengambil data dan mentransfernya dari  notebook kita tanpa seijin kita, keren, kan?

Ngga cukup itu, hard disc-nya pun bisa kita kunci dengan cara mengaktifkan fitur HDD Users Password Protection. Canggih!

Program Green Asus

 “Strive to be among the world-class green high-tech leaders and to provide valuable contributions to humanity”

Kepedulian lingkungan saat ini sudah menjadi tanggung jawab Global dengan adanya isu kerusakan lingkungan yang semakin parah di seluruh belahan dunia. Sebagai perusahaan Global, ASUS  tentunya melakukan tanggung jawab sosial perusahaan atau yang dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR)  dengan menerapkan proses produktivitas yang bertanggung jawab.

Green ASUS  adalah komitmen perusahaan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Dengan mengadopsi pendekatan Eco-friendly terhadap setiap aspek bisnisnya.
Dari sinilah filosofi Asus berasal- dari praktik internal, hingga proses produksi, dari produk-produk yang ramah lingkungan, hingga kepedulian para pekerjanya terhadap lingkungan hidup-Asus fokus pada keterjagaan dan keselamatan planet bumi.

Asus adalah perusahaan tingkat dunia pertama yang memproduksi motherboard yang lead-free dan halogen-free. Selain itu Asus juga memproduksi halogen-free full HD Monitor.

www.asus.com
http://www.asus.com

Green ASUS Meliputi  4 Hal :

1. Green Design :
Produk Asus mudah untuk digunakan kembali (reuse), didaur ulang (recycle) dan dibongkar ulang (disassemble) sehingga meningkatkan daya efisiensi produk dan memaksa  kepatuhan terhadap zat berbahaya.

2. Green Manufacturing:
Mengimplementasikan proses manufaktur ramah lingkungan yang terdepan dan halogen-free.

3. Green Procurement :
Sistem pengawasan manajemen rantai pasokan hijau ( ramah lingkungan) dan menyimpan database semua green vendors.

4. Green Service and Marketing:
Mendukung  program daur ulang dan memastikan manfaat program ini untuk organisasi amal.

Point Utama Green Asus
1. Melampaui Persyaratan Legal
RoHS membatasi penggunaan 6 substansi berbahaya. ASUS lebih jauh lagi-atas inisiatif sendiri-  membatasi 31 bahan tambahan. Kesemuanya itu ditujukan untuk keamanan bagi para konsumen, karyawan, dan Bumi secara keseluruhan.

2. Sertifikasi IECQ HSPM untuk Kantor Pusat dan lokasi produksi
ASUS sudah mengantongi  sertifikasi IECQ (IEC Quality Assessment System for Electronic Components) HSPM (Hazardous Substance Process Management) untuk Kantor Pusat dan seluruh lokasi produksinya.
IECQ memberikan penilaian dan verifikasi independen bahwa komponen elektronik, bahan baku dan proses yang berhubungan dengan komponen tersebut sesuai dengan standar, spesifikasi atau dokumen lain yang berlaku.

3.Diakui sebagai perusahaan yang sangat ramah lingkungan

ASUS telah diakui sebagai perusahaan yang sangat ramah lingkungan oleh Oekom AG, sebuah badan riset independen yang mengkhususkan diri dalam pengukuran tanggung jawab perusahaan, dalam riset Computers and Peripherals Industry.

 

Program Green ASUS secara resmi telah diluncurkan sejak tahun 200, bahkan sebelum  pedoman RoHS diberlakukan.
GreenASUS lebih dari sekedar menyediakan produk hijau yang sesuai dengan seluruh pedoman resmi.
Hal ini merupakan visi menyeluruh dari perusahaan, dihembuskan dari atas ke bawah, melibatkan seluruh unit fungsional dan bisnis produk ASUS.

Tonggak Sejarah Green ASUS

Sejak tahun 200 ASUS telah berkomitmen memelihara lingkungan hidup, dengan mengembangkan Power4Gear  untuk notebook. Selanjutnya tahun 2004 selain mengembangkan Power4Gear juga memproduksi  motherboard bebas timah.

Sejak tahun 2007 Asus telah  menerima sertifikasi IECQ HSPM untuk Kantor Pusat dan lokasi produksi. lalu memperkenalkan Sistem Green Design untuk proses produksi, hingga meluncurkan program daur ulang di Amerika Serikat.

Selanjutnya ASUS terus berupaya mengembangkan dan memproduksi produk-produk ramah lingkungan, hingga pada tahun 2010  menjadi produsen notebook pertama yang menerima EPD serta sertifikat EU Flower Eco dan yang pertama di antara Top 10 produsen IT Yang menerima Jepang Eco Mark.

Tahun 2011, ASUS diakui untuk Desain Produk yang Hemat Energi, berkat ENERGY STAR Award Ceremony ke Super Hybrid Engine dan Green teknologi LCD nya.

KETERANGAN Sumber foto, video dan data-data dari Web resmi ASUS.

DISCLAIMER :

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

 

16 pemikiran pada “Membuat Konten Yang Menarik Lebih Mudah Dengan ASUSPRO P2430U

  1. pri

    Halo mbakk, yap yap kerja keras kalau ga dibarengi partner yang mumpuni semacam Asus ini jadinya makin lama dan bikin mood turun ya 🙂 Btw, aku suka analogi, kl raja kontennya, ratu judulnya, aseekk 🙂

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s