Suka makan mie, kan? Apaa.. sekarang menganut gaya hidup sehat? Gak makan mie? oomanggut-manggut.
Kalo kamu? Aah..sedang diet? gak makan mie? Ooo..manggut-manggut lagi.
Tapi masa  iya, seumur hidup kamu cuma makan buah, sayur atau lemak sehat doang? Ngga pernah gitu tergoda jenis makanan lain?
Kalau pas cheating time, makannya apa?
Jenis makanan yang bikin kamu ngga nahan, dan ingin off sejenak dari diet planning-mu,  apa?

Haha? Mie instan ? Kenapa? Sebutin dong alasannya.

  1. Mie Instan itu terjangkau.
    Iya terjangkau banget makanya anak kos sukaaa banget sama mie instan, begitu juga para karyawan dan mereka yang sedang bepergian. Ngga bikin  kantong bolong.
  2. Mie instan itu praktis.
    Iya praktis, cepat dan mudah cara pembuatan dan penyajiannya, hanya sekitar 5 menit udah kelar. Jadi mie instan ini bisa banget buat mereka yang kelaperan berat, pengen makan yang enak di lidah, secara cepat dan segera!
  3. Rasanya Pas di Lidah.
    Iya betul banget, kenapa sih…mie instan itu bisaaa banget bikin lidah bergoyang, so, siapa coba yang bisa menolak mie instan?Tapiii… tapi apa coba? Tapinya, mie instan ituuu… katanya..
    a). Suka banyak MSGnya… , takut ngga sehat, kan.
    b). Penampilannya gitu-gitu aja, ngga ada inovasi
    c). Sering dianggap makanan orang ngga berduit.

Ee..siapa bilang? Yuhuu..udah kuno kali, mie instan sekarang bisa tampil mewah looh. Dan ini bukan mie biasa, melainkan mie yang mirip kayak yang kita beli di kedai-kedai atau bahkan restoran. Ini BAKMI. Itu loh, mie yang suka disajikan dengan sedikit kuah, atau tanpa kuah, tapi dengan taburan ayam berbumbu bawang, dengan balutan bumbu dalam tumisan minyak yang membuat rasanya…hmmm.. nyam..nyam.

Mau tahu, mie jenis yang ini? Mau? Iya, ada, namanya #BAKMIMEWAH!. Selain penampilannya yang mewah, mienya kenyil-kenyil berminyak gitu, bukan mie kering yang bikin kesereten. Ini tekstur mie-nya hampir mirip spagetti. Dengan pelengkap daging ayam ASLI!. Dan… tanpa bumbu kering yang biasanya rasanya guriihhh…. penuh penguat rasa yang berbahaya bagi kesehatan gitu, loh.Jadi boleh dibilang, BAKMI MEWAH ini lebih sehat. Udah gitu, penampilannya jelas lebih mewah dibanding dengan mie instan biasa. Lha wong ada daging ayam yang asli, je! Dan paling penting lagi, BAKMI MEWAH sudah mengantongi sertifikasi Halal MUI. Bikin ayem dan tenterem mengkonsumsinya.

Jadi, buat yang sedang ngiler, kepengen jajan ke restoran buat mencicipi mie yang istimewa, kagak usah jauh-jauh yaa.. kagak usah repot-repot keluar rumah buat pergi ke restoran. Kagak pake harus ganti baju, dandan, nyingklak motor atau nyetir mobil. Tinggal masuk dapur , kluthak-kluthek lima menit, beres dah!

Berikut nih, tutorial bikin mie ala #BAKMIMEWAH. tutoriaaall!! 😀

  1. Buka kardus Bakmi Mewah, ada semacam sobekan di bagian depan kotaknya, loh! Akan terlihat beberapa bungkus terdiri dari: sebungkus mie kering, sebungkus bumbu yang terdiri dari minyak dan kecap, sebungkus daun bawang kering, dan sebungkus daging ayam yang udah ada bumbunya, dan sebungkus sambal.
  2. Panaskan air sekitar seperempat liter, di dalam panci.
  3. Bila air sudah mendidih, masukkan mie dan daun bawang kering, biarkan sekitar 3 menit untuk mendapat tingkat kematangan dan kekenyalan yang pas. Angkat, lalu tiriskan.
  4. Letakkan mie di piring atau mangkuk, tuang minyak dan kecap, aduk rata.
  5. Tuang daging ayam sebagai taburan di atas mie. Taraaa!! Sebenarnya ini aja udah cukup. Tapi…
  6. Bisa juga ditambahkan daun selada, tomat dan tambahan telor rebus agar bakmi makin istimewa. Hmmm…
  7. Boleh pakai sambal buat penggemar pedes.

bakmi-mewah-titi-alfa-khairia

Gimana? Guampang banget, kan? pengen makan bakmi dengan rasa dan penampilan yang mewah, ngga butuh keluar uang banyak dan ngga butuh effort yang gimanaa..gitu, cukup masuk dapur dan klak-klik-kluk lima menitan, udah, deh.

Etapiii..buat #EmakBlogger  yang suka berkreasi dengan berbagai macam masakan, tentunya, imjinasi Emak  ngga bisa berhenti hanya sampai di situ aja, kan? Sepuas-puasnya Emak makan bakmi, #EmakBlogger pasti tergelitik untuk mix-match bakmi ini untuk bikin menu baru. Tetep mengusung kepraktisan di samping juga, kekinian.

Nah, karena di rumah aku itu, semua pada suka makan lasagna, jadinya, aku coba bikin resep LASAGNA-BAKMI MEWAH. Untuk base lasagna-nya aku ngga pake lembaran lasagna yang bahan dasarnya mirip mie atau pasta lagi, tapi aku ganti dengan yang lebih less-processed, yakni kentang. Emang, bisa? Iya bisa doong.  Yuk kita mulai aja.

BAHAN:
1. Empat butir kentang, kukus hingga 3/4 matang. Kupas, sisihkan.
2. Dua porsi BAKMI MEWAH, yang sudah matang, sisihkan.
3. Daging ayam cincang yang udah dibumbui sesuai selera. Bisa dari bagian Bakmi Mewah, atau tambahkan sendiri, agar lebih banyak.
4. Saus daging secukupnya.
5. Keju cedar parut / keju cepat leleh, secukupnya.
6. Irisan daun bawang dan seledri secukupnya (optional).
7. Dua butir telur ayam, kocok lepas, bumbui dengan sedikit merica dan garam.

CARA:
1. Siapkan loyang kotak ukuran 20 x 20  x  5 cm. Tapi karena saya punya loyang bulet knock down diameter 20 cm tinggi 5-6 cm, ya udah saya pake itu aja.
Olesi dasar dan pinggir dalam loyang dengan mentega, agar nanti lasagnya ngga lengket.
2. Potong kentang tipis-tipis dengan bentuk bulat, tata di dasar loyang hingga rapat.
3. Taburkan lembaran bakmi mewah dengan posisi yang teratur satu alur.
4.  taburkan daging ayam cincang berbumbu di atas mie.
5. Taburkan irisan daun bawang dan seledri.
6. Taburkan saus daging, tipis-tipis.
7. Taburkan keju parut.
8. Ulangi sekali lagi sesuai urutan yang sama.
9. Tuangkan kocokan telor . Boleh ditambah taburan keju lagi diatas telor.
10. Panggang dalam api sedang selama 15-25 menit.
11. Angkat, tunggu sampai tidak terlalu panas, potong dan tata di atas piring. Sajikan bersama  sambal Bakmi Mewah.
Hmmm… endeusss!!

lasagna-bakmi-mewah-loyang1

lasagna-bakmi-mewah-piring-penuh