Kecanduan Air Kelapa? Ini 10 Akibatnya Bagi Kesehatan Anda

Sebagai penduduk di wilayah tropis, kita terbiasa melihat pohon kelapa tumbuh di sepanjang pantai. Buah kelapa , merupakan sumber pangan yang tak asing lagi. Bagi penduduk Indonesia dan beberapa negara lain diwilayah Asia, buah kelapa ini memegang peranan sangat penting dalam menyajikan berbagai olahan penganan yang lezat. Sebut saja kari, rendang, gudeg, lodeh dan berbagai lauk-pauk yang menggunakan santan sebagai bahan penyedapnya.

Lalu berbagai jajanan tradisional yang menggunakan santan, parutan kelapa dan gula kelapa sebagai bahan penunjangnya. Mulai dari kolak, bubur, gethuk, lemper, mendhut, surabi, kue srikaya, koci-koci apalah namanya, mungkin berbeda sebutannya di tiap daerah, namun intinya adalah olahan kue dari bahan lokal seperti tepung beras, ubi, singkong , kacang hijau, ketan hitam dan lain-lain yang dipadukan dengan kelapa dan bahan turunannya.

Bahkan kini di negara-negara barat yang sangat memuja gaya hidup sehat, kelapa telah menjadi primadona. Setelah VCO atau Virgin Coconu Oil menggeser ketenaran minyak zaitun, karena konon titik didih minyak kelapa ini lebih tinggi, sehingga lebih sehat dipakai untuk menggoreng, kini mereka juga mengkonsumsi olahan lain dari kelapa. Santan, kelapa parut, butter dari kelapa, dan yang terakhir adalah tepung kelapa sebagai pengganti terigu dalam pembuatan aneka kue-kue, semakin dicari dan digemari di barat.

Tapi yang paling eksotis dari semua itu adalah trend mereka untuk minum air kelapa muda. Dalam hal ini, air kelapa muda yang murni langsung menjadi minuman favorit,  menggeser semua jenis minuman yang pernah ada. Mengapa? karena selain segar dan lezat, air kelapa ini tidak memerlukan campuran apapun dan tidak membutuhkan proses apapun. Langsung minum, semurni apa yang disajikan alam, untuk mendapat manfaat sehatnya.

Semangkuk air kelapa, memberi energi dan banyak manfaat bagi kesehatan
Semangkuk air kelapa, memberi energi dan banyak manfaat bagi kesehatan

Jadi, bila anda termasuk salah seorang yang kecanduan minum air kelapa seperti saya, Hati-hatilah! Karena..inilah yang akan terjadi pada tubuh anda

  1. Mendapatkan Suplai Energi
    Setelah seharian berpuasa, atau setelah berkeringat karena bekerja dan berolah raga, segelas air kelapa murni yang segar, akan memberikan anda asupan energi karena kandunganasam amino, antioksidan, enzym, vitamin C dan B kompleks,  sitokinin, protein, mineral,dan  karbohidrat.   Selain itu, ia  juga meningkatkan kinerja hormon kelenjar thyroid anda. Hormon dalam kelenjar Thyroid sendiri memegang peranan sangat penting dalam pernapasan, denyut jantung, sistem syaraf pusat dan perifer, mengatur kadar kolesterol, mengatur suhu tubuh dan lain-lain.

  1. Mencegah Dehidrasi
    Air kelapa merupakan hydrolit alami yang mampu mencegah dehidrasi tubuh. Mereka yang kehilangan banyak cairan karena diare, bekerja berat dan banyak berkeringat karena berolah raga, sangat membutuhkan kandungan elektrolit seperti  sodium, magnesium, kalsium dan pottasium yang tinggi. Semua itu terkandung dalam air kelapa.
  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Air kelapa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sifat diuretiknya yang mampu memperlancar air seni dan mencegah infeksi kandung kemih . Selain itu, ia juga mampu mengeluarkan bakteri dan zat-zat yang tak diinginkan dalam tubuh, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi keracunan makanan.

  3. Menurunkan Berat Badan
    Taadaaa!! Ladies..ini adalah kabar gembira bagi anda. Anda tidak perlu membeli obat-obatan dan nutrisi pelangsing yang mahal-mahal. Cukup rajin minum air kelapa saja. Air kelapa membantu kinerja sistem pencernakan dan meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Air kelapa juga rendah kalori, mengandung beberapa bioactive enzimes, selain itu kandungan potassiumnya yang tinggi mampu menseimbangkan jumlah sodium dalam tubuh. Seperti kita ketahui kandungan sodium yang tinggi bersifat mengikat air dalam tubuh sehingga kita mudah gemuk
    Tetapi batasi jumlah konsumsi air kelapa ini sebanyak  3-4 kali seminggu dalam gelas ukuran 8 ons saja. Lebih dari itu mungkin justeru membuat anda lebih gemuk.

  4. Menseimbangkan pH Tubuh
    pH tubuh yang rendah atau bersifat asam, akan menyebabkan kelelahan, kekurangan energi dan ketidak mampuan tubuh menyerap mineral penting dan vitamin.  Air kelapa bersifat Alkali (basa) dan mampu memberi keseimbangan bagi tubuh.

  5. Mencegah Penuaan
    Aha!! ini dia!! kandungan sitokinin pada air kelapa dikenal sebagai zat tumbuh yang merupakan bahan anti penuaan dan anti kanker.

  6. Mengatasi Migrain dan Sakit Kepala
    Air kelapa memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. kekurangan magnesium biasanya menyebabkan migrain dan sakit kepala.

  7. Mengatur Gula Darah
    Kandungan asam amino dan serat yang tinggi pada air kelapa mampu mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh dan meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi beberapa gejala penyakit seperti mati rasa dan menurunkan resiko atherosclerosis ( penebalan dinding arteri karena penumpukan  sel darah putih).

  8. Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Air kelapa muda adalah sumber pangan yang bebas kolesterol dan bebas lemak. Ia mampu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL kolesterol dalam darah.
    Sebuah penelitian pada tahun 2012 yang dipubikasikan dalam Medical Food Journal, menyebutkan bahwa, baik air kelapa yang diperoleh dari kelapa muda ataupun kelapa tua, memiliki dampak positif pada metabolisme lipid, mencegah meningkatnya kolesterol total, LDL, triglycerida dan Low-Dencity Lipoprotein (VLDL).Dengan sifat anti-oksidant, anti-inflammatory, anti-platelet  ini, air kelapa bersifat meningkatkan sirkulasi darah, mencegah resiko terjadinya plaque pada dinding arteri, sehingga menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

  9. Mengatasi Jerawat
    Alamaakkk..jerawat hush..hush..jauuhh…
    Dengan rajin membersihkan wajah, lalu membuat ramuan dari campuran air kelapa, kunyit dan beberapa jenis rempah, dipercaya mampu mengatasi jerawat yang membandel. Mungkin untuk yang satu ini harus bertanya pada pengalaman empirik para orang tua atau ahli pegobatan herbal.

Kelapa Muda, foto dari SINI
Kelapa Muda, foto dari SINI

So jangan khawatir kalau anda kecanduan minum air kelapa, karena ada banyak manfaat dan pengaruh baik bagi kesehatan anda.
Suka minum  air kelapa? Ah..saya jugaaa

10 thoughts on “Kecanduan Air Kelapa? Ini 10 Akibatnya Bagi Kesehatan Anda

  1. Duuh itu ya coba mbak Titi yang bagian ngelangsingin.. kayaknya ga ngaruh dibodyku hhahaha.. *lipat lemak

    Saya malah tiap bagi suka sengaja minta air kelapa kalau pas belanja sayur di warung.. alhamdullilah masih banyak yg bilang saya awet muda kedip2

    Pokonya air kelapa itu is the bestlah

    Suka

  2. Saya dan anak-anak suka banget air kelapa. Pernah saya keracunan ikan eh dikasi minum air kelapa, alhamdulillah manjur. Sejak itu saya makin sayang deh air kelapa ini (termasuk kelapa mudanya…nyummy)

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s