Siang itu, suasana di atrium lantai ground Royal Plaza Surabaya begitu ramai  dan  hingar   bingar oleh suara musik pengiring beberapa dancer dan yang terdiri dari anak-anak usia SD.
Mereka menari, berlenggang-lenggok. Melirik, menggelengkan kepala dan menghentak-hentakkan kaki dengan rancak seiring suara musik.
Pengunjung bertepuk tangan dan berteriak riuh-rendah menyemangati para penari. Mereka larut dalam suasana yang meriah dalam acara Dancow Explore The World .

 

Meriahnya suasana Dancow Explore The World di Royal Plaza Surabaya
Meriahnya suasana Dancow Explore The World di Royal Plaza Surabaya

 

Di pinggir panggung nampak beberapa bagian terpisah yang disetting dengan suasana yang berbeda-beda. Menggambarkan empat negara besar di dunia. Ada sudut yang menggambarkan suasana pantai dimana anak-anak bisa bermain pasir, mewakili negara Indonesia, ada sudut yang penuh tanaman dan bunga-bunga di mana anak-anak bisa belajar menanam, mewakili negara Jepang. Ada lagi sudut di mana anak-anak bisa mencoba memerah susu sapi, mewakili negara Belanda, dan terakhir adalah sudut Brazillia di mana anak-anak bisa memancing ikan-ikanan.

Sudut Indonesia
Sudut Indonesia
Sudut Belanda
Sudut Belanda

Suasana sangat ramai dan pengunjung terlihat sangat antusias. Terutama anak-anaknya yang terlihat sangat gembira karena bisa mengeksplorasi dunia dalam bentuk mini. Ada yang berfoto ria di sudut Indonesia dan seolah-olah mereka sedang menyaksikan lumba-lumba berlompatan saat mereka menaiki  banana boat. Ada yang asyik mencoba kimono dan berlagak seolah sedang berada di taman Sakura. Ada yang tak sabar menunggu giliran memerah susu sapi dengan tangan mereka sendiri. Pokoknya seru!

Sudut Brazillia
Sudut Brazillia
Sudut Jepang
Sudut Jepang

Tak bisa dipungkiri, anak adalah aset paling berharga bagi setiap orang tua. Terutama bagi orang tua yang memahami bahwa anak adalah amanah dari Tuhan yang harus dirawat, dijaga dan dihantarkan menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Maka upaya maksimal tentulah jalan yang terbaik yang berusaha dilakukan oleh setiap orang tua.

Ada tiga aspek penting yang memegang peranan dalam pola asuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, yakni

  1. Cinta Ayah Bunda
    Seperti yang telah disinggung diatas, cinta  Ayah Bunda adalah bentuk dari tangung jawab yang lahir dari kesadaran bahwa anak adalah amanah Tuhan. Secara kodrati, kedua orang tua memang telah dianugaerahi rasa cinta kepada buah hati mereka. Maka penting bagi orang tua untuk mengasah fitrahnya yang menyayangi anak-anaknya dengan  cara yang baik dan benar.
    Memberikan perhatian yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kurang. Kecukupan cinta kasih dan perhatian orang tua ini akan menghantarkan anak menjadi pribadi yang ceria, berani dan penuh percaya diri. Sebaliknya anak yang kurang cinta kasih dan perhatian orang tua bisa mengalami penyimpangan perilaku, misalnya pemurung, kurang percaya diri, pemarah dan sebagainya.
    Demikian papar Ibu Ratih Ibrahim , seorang Psikolog dan konsultan yang nampak sangat menguasai materi dan sangat interktif dengan pengunjung .

    Bunda Ratih Ibrahim, Psikolog in action.
    Bunda Ratih Ibrahim, Psikolog in action.
  2. Kecukupan Nutrisi
    Salah satu bentuk cinta orang tua kepada anak, selain memberikan perhatian, adalah mencukupi kebutuhan nutrisinya.
    Nutrisi penting pada tumbuh kembang anak, terutama untuk anak-anak yang sedang melewati tahapan memasuki usia 1 tahun adalah terpenuhinya unsur-unsur protein, karbohidrat, lemak, vitamin miberal, serat dan sebagainya.Vitamin yang penting untuk mendukung daya tahan tubuh anak adalah Vitamin A,C,E, sedangkan mineral yang dibutuhkan adalah Zink dan Selenium.
    Sedangkan untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan fisik anak, diperlukan protein, selenium, dan minyak ikan.
    Demikian papar ahli Gizi, Ibu Sari Sunda Bulan yang siang itu ceria dengan busana kuning nya .

    Bunda Sari SSunda Bulan, Ahli gizi bersama Chef Steby
    Bunda Sari Sunda Bulan, Ahli gizi bersama Chef Steby
  3. Stimulasi
    Kasih sayang udah, cukup gizi udah. Nahhh..selanjutnya yang penting juga bagi optimalisasi tumbuh kembang anak adalah stimulasi.
    Stimulasi atau rangsangan pertumbuhan otak dan fisik anak adalah dengan memberikan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan di mana anak bebas ber-ekspresi dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.
    Misalkan anak jangan dilarang bermain pasir, bermain air, memberantakkan rumah dan lain sebagainya, yang tentu saja tujuannya adalah memberikan anak kesempatan untuk mencoba dan belajar dari kesalahan.
    Jika anak hanya dikekang dan harus menuruti kecemasan orang tua agar anak selalu tampil bersih dan rapi. Tidak boleh  bermain ditempat-tempat becek dan berlumpur, tidak boleh basah-basah di air atau tidak boleh memberantakkan mainan, maka imajinasi anak akan terhambat, daya nalar dan keberaniannya tidak terasah.
    Akibatnya anak hanya akan tumbuh menjadi pribadi yang penakut, yes mom, tidak kreatif dan tidak mampu memecahkan masalah saat melakukan kesalahan atau menghadapi persoalan.

    Hal tersebut sesuai dengan pengalaman artis,  Carissa Puteri dalam membesarkan buah hatinya Quenzino Acana Naif (2,5 tahun).

    Nah Mom, gimana, seru bukan acara Dancow Explore The World nya?   Dancow sebagai penyedia nutrisi protein dari susu sapi telah mengembangkan produk Dancow ExcelNutri+ yang tentunya memiliki kandungan AA,DHA, Vitamin, mineral dan Lactobasillus Rhamosus yang berfungsi melindungi pencernakan anak  dari bakteri jahat. Untuk tahu lebih banyak infonya, langsung cuzz aja ya ke @DancowCenter, atau yang mau bergabung dengan klub parentingnya bisa ke Facebook Dancow Parenting Center .

    Serunya acara kemaren selain dibawakan oleh MC Shahnaz Haque yang seru lucu dan ngga jaim, juga menghadirkan, Mba  Carissa Puteri di samping Bunda Ratih Ibrahim dan Bunda Sari Sunda Bulan .
    Dan ngga kalah seru, di hari kedua, selain ada Bunda Sari Sunda Bulan juga ada Chef Steby dan artis Raissa. Awww Raisaaaa.!!!.. wah yang ngga dateng nyesel dong haha.

    Raissa di acara Dancow
    Raissa di acara Dancow

    KETERANGAN:
    Berhubung ada kendala teknis dengan HP saya, maka seluruh foto penunjang artikel diambil dari Fanpage Facebook Dancow Parenting Center.