My Blue Bird, Pesan Taksi Gak Pake Ribet

Ramadan  berarti persiapan menjelang lebaran. Artinya pusat perbelanjaan  bakalan penuh sesak dipadati para pengunjung yang ingin berbelanja persiapan lebaran. Ngga peduli tempat belanja itu berupa pusat grosir maupun  lifestyle mall yang megah. Semuanya sama, parkiran penuh sesak dan susah mencari slot parkir yang kosong.

Siang itu si bungsu pengen nge -cek sepatu di toko biasanya dia membeli sepatu. Juga sekalian aku perlu ke ATM untuk  membayar beberapa rekening.  Sekalian keluar, kami putuskan menuju mall paling dekat dengan rumah. Galaxy Mall.

Tapi membayangkan mencari ruang kosong di parkiran mobil Galaxy Mall membuatku sedikit pesimis. Takut waktu habis untuk muter-muter mencari slot yang tersisa, atau  paling apes kalau ternyata sudah tak ada lagi ruang yang kosong, sehingga kami harus pulang balik tanpa hasil.

Jadi kuputuskan untuk pergi dengan naik taksi  saja. Satu-satunya taksi yang  biasanya suka di booking oleh anak sulungku biasanya, ya Taksi  Blue Bird. Beberapa kali Si Sulung  mencoba memesan taksi lain, tapi biasanya berakhir dengan ketidak puasan, yang berujung pada kembali lagi kepada taksi kesayangan dia.Maka kuputuskan memanggil taksi Blue Bird saja.

Kebetulan aku sudah meng- install aplikasi #MyBlueBird, jadi aku tinggal buka aplikasi dan mulai memesan.

Hmm… ternyata  cukup mudah mengoperasikan aplikasi ini. Karena fitur-fiturnya dibuat sedemikian mudah dan helpful banget.

CARA MEMESAN TAKSI DENGAN APLIKASI MY BLUE BIRD

my-blue-bird-2

Pertama kita masuk ke fitur My blue Bird, lalu klik pesan taksi, lalu kita masukkan alamat pick up kita dan di mana kita mau di drop off.  klik next dan kita akan sampai pada fitur yang menunjukkan  nearby taxi. Dan dari situ kita bisa pilih untuk memanggil taksi yang paling deket dengan area kita.my-blue-bird-3

Kebetulan panggilanku di respon oleh driver bernama Fadjeri  As Shidik, lalu taksipun bergerak menuju ke rumah. Aku cepet-cepet bersiap kilat aja. Buru-buru ganti baju dan nyiapin tas. Ke mall nya deket ini dan kami ngga perlu belanja terlalu banyak. Jadi ngga ada persiapan khusus.

my-blue-bird-5

Kita  bisa melihat tracking taksi yang sedang menuju ke daerah kita. Jadi bisa tahu juga kalo taksinya nyasar atau sudah melewati arah yang benar. Kita juga bisa berkomunikasi dengan taksi drivernya loh, misalnya orangnya agak bingung,

“Bu, gangnya yang dari Mulyosari  satu  belok kiri ya?”

“Iya Pak, terus aja”

Nah hanya dalam hitungan kurang dari sepuluh menit, taksi udah siap di depan rumah.

my-blue-bird-4

Kamipun segera memasuki taksi dan bersiap menuju Galaksi Mall. Dalam perjalanan, kami ngobrol.

mybluebird11

mybluebird12

Mas Fadjeri As Shidik itu pun bercerita, bahwa dengan adanya fitur #MyBlueBird ini, para driver sangat terbantu untuk mendapatkan penumpang, dan para penumpang juga sangat terbantu untuk mendapatkan taksi.

“Paling enak, kalau pas saat-saat rame  bu..’ ujarnya  (iya …..ya pas menjelang lebaran gini biasanya pasti rame karena banyak orang bepergian dan berbelanja,kan?).

“Maksudnya gimana, Mas?”

“Jadi, misalnya, ibu pulang dari mall, dan semua taksi penuh, dengan aplikasi #MyBlueBird ibu bisa ngecek taksi mana yang available dan paling dekat dengan daerah di mana ibu berada”

“O iya Pak..”  aku manggut-manggut, karena tadi sebenarnya yang pesen taksi anak bungsuku, yang aku minta tolong untuk login ke aplikasi #MyBlueBird  sementara aku bersiap. Dan dia keliru pick up taksi yang “agak” jauh jaraknya dari rumah kami, sedang yang lebih dekat masih ada. Dia hanya fokus memilih salah satu taksi saja. Karena kemaren kami sempat failed saat beberapa kali mencoba memesan taksi. Entah sistemnya sedang break atau karena terlalu sibuk.

Hmm.. memang praktis dan sangat membantu banget sih dengan adanya aplikasi pemesanan taksi melalui  MyBlueBird ini. Dalam opsi pemesanannya ada pilihan waktu kapan kita mau pesan . Ada tiga pilihan  : 1. Now, 2.Today dan 3.Tomorrow

mybluebird14

Jadi kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Bahkan kita bisa memesan taksi untuk diri kita sendiri, lalu memesan untuk orang lain, misal untuk anak, orang tua, atau anggota keluarga kita yang lain, melalui satu akun.

Kita juga bisa memberitahukan lokasi kita pada orang lain saat berada di dalam taksi, misalnya..kita janjian sama suami atau teman untuk bertemu di suatu tempat. Lalu kita naik taksi Bue bird untuk menuju tempat janjian tersebut. Lalu  teman atau suami kita itu ingin mengecek kita sudah sampai di mana. Kita bisa kirimkan peta lokasi kita kepada mereka. Fungsinya untuk estimasi, kira-kira kapan kita sampai ke tujuan.

Hmm..ini bermanfaat banget kalau kita sedang kena macet parah ngga bisa bergerak, lalu kita minta jemput pake motor  pada   pasangan , saudara atau teman. Mereka bisa dengan mudah menemukan lokasi kita.

Bisa juga saat mengirim anak ke tempat kursus dengan menggunakan taksi, kita bisa melacak, sampai di mana anak kita. Dengan meminta si anak mengirimkan kepada kita, lokasi di mana dia berada.  Bukan berarti menuduh si driver mau menculik anak kita,hihihi. Insha Allah aman, kok.

Semua driver taksi Blue Bird sudah di training untuk mengutamakan kepentingan penumpang dan memastikan keamanannya. Bahkan bila ada barang-barang yang ketinggalan sekalipun, sang driver wajib mengembalikan kembali barangnya utuh tanpa berkurang sedikitpun.

Ah, kalau ada barang ketinggalan begini yang repot tentu sopir taksinya ya.. seperti kejadian kakak iparku yang suka teledor banget dengan barang-barang berharganya, baru-baru ini iPADnya ketinggalan di taksi. Jadi beliau segera calling ke call center-nya Blue Bird dan segera iPadnya pun diantar oleh sopir taksi, kasihan  juga sopirnya, padahal orangnya sudah cukup jauh jalannya. Hmm..tapi semua berakhir bahagia.

Nah, sampailah kami di Galaxy Mall, dan  kita bisa melihat berapa ongkos taksi kita melalui argo screen yang dipasang di dashboard depan si Mas driver. Harga yang wajar dan sesuai standard. Tapi pelayanan memang ngga bisa disamakan dengan taksi lain.

mybluebird15

 

KEJADIAN NGGA ENAK DENGAN TAKSI LAIN

Aku jadi teringat dengan kejadian gak enak yang menimpa putri sulungku. Karena dia dan teman-temannya suka hang out ke Galaxy Mall ini, biasanya sih sore setelah penat kursus di lembaga bimbingan belajar, sepulang sekolah. Seringnya dia numpang teman-temannya yang bawa mobil. Lalu pulangnya dia akan pesan taksi. Biasanya dia naik Blue Bird, tapi sekalinya semua taksi  Blue Bird penuh, dia terpaksa naik taksi lain.

Dan apa yang terjadi? Ternyata saat sampai, anakku memberi uang yang agak gede dan si driver bilang ngga ada kembalian. Akhirnya anakku bongkar-bongkar isi tasnya dan nemu uang pas. PASSS banget, ngga ada lebihnya. Eh.. tenyata si driver menerimanya dengan menggerutu dan  muka cemberut. Jadilah anakku kapok naik taksi tersebut. Hmm… anak-anak remaja memang sensitif, dan si driver tersebut mungkin kurang ditraining, yaaa. Jadi sejak itu, dia hanya mau naik Blue Bird, titik!!

Eh, sudah sampai Galaxy Mall ya, aku segera turun di lobby SOGO.  Dan membayar ongkos taksi yang cuma  21.500  Rupiah saja, dari rumahku.  Ngga berat kan ya?

Aku pun buru-buru mencari ATM untuk membayar berbagai rekening bulanan. Beruntung Mall ini punya ATM Center yang cukup lengkap dari kumpulan ATM berbagai Bank.

Setelah itu kamipun jalan-jalan buat ngecengin sepatu-sepatu yang udah lama diimpikan anakku. Banyak banget toko yang menggelar diskon. Ada yang program Buy One get One alias beli satu dikasih gratisan satu.

Ada yang diskon 10 %, 20 %, 50 % bahkan ada yang diskon 70 %, Waahh.. kalap!! haha.

Setelah puas keliling beberapa toko sepatu, kamipun memutuskan membeli makanan untuk berbuka puasa nanti. Tentunya kami bungkus dong, makanan kami.

 

mybluebird17

mybluebird16

Pulangnya, kami ngga perlu login lagi ke aplikasi MyBlueBird, karena di depan Mall Galaxy II, tepatnya di depan SOGO, berderet-deret taksi BlueBird sedang menunggu penumpang. Memang di situ adalah pangkalan taksi Blue Bird. Akupun tinggal menuju taksi paling depan, dan kamipun meluncur pulang.

mybluebird18

SEDIKIT KENDALA

O iya kemaren waktu pertama kali kami mencoba aplikasi ini, aku dan anakku sempet stress karena beberapa kali mencoba memesan lewat aplikasi ini, tapi gagal. Dan yang paling bikin  stress tuh saat kami mencoba mengetikkan alamat rumah kami, begitu kami selesai mengetik dan mau klik pesan sekarang, eh, alamat rumah berubah dengan sendirinya.

Beberapa kali kami mengulang, ternyata terus menerus alamat yang kami ketik berubah menjadi alamat tetangga. Akhirnya kami menemukan cara agar alamat rumah kami terpampang di papan pemesanan, yakni dengan menggeser balon kuning penunjuk arah. Kami terus menggeser ke sana-kemari sampai agak stress, sampai akhirnya kami menemukan balon tersebut berhenti di alamat rumah kami.

So,  saran saya untuk aplikasi MyBlueBird  ini adalah, tolong dibuat agar klien mudah mendapat alamat rumah hanya dengan mengetik saja, tanpa perlu menggeser-geser balon kuning. Meski kalo dipikir-pikir lagi, apa hal itu terjadi karena respon Google yang terlalu sensitif ya? Mungkin tetanggaku sudah lebih dulu menggunakan aplikasi ini, sehingga.. begitu aku ketik alamat rumahku, terus klik next dan siap pesan, eh.. yang muncul alamat tetangga.  Ya sudahlah mungkin ini pe-er  buat para programmer aplikasi MyBlueBird.

BINTANG LIMA UNTUK LAYANAN BLUE BIRD

Secara keseluruhan, aplikasi MyBlueBird ini memudahkan konsumen untuk memesan taksi, dan membuat semua pihak sangat terbantu dan senang.

Apalagi layanan Blue Bird memang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan, dan aturan-aturan yang ditetapkan oleh Blue Bird terhadap para drivernya adalah demi keamanan dan kenyamanan penumpang. Seperti:

  • Memberi sanksi pada driver yang tidak mau menjawab panggilan pelanggan melalui aplikasi
  • Memberi sanksi pada driver yang tidak berlaku sopan kepada pelanggan
  • Mewajibkan driver untuk menjaga dan mengembalikan barang milik pelanggan segera setelah diketahui ada barang yang tertinggal.
  • Menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan sampai ke tempat tujuan.Nah untuk mengapresiasi layangan Blue Bird dengan aplikasi MyBlueBird dan sikap driver yang sopan, yang bagi saya adalah keberhasilan seluruh jajaran direksi dan karyawan baik yang berada di kantor maupun driver sebagai ujung tombak. Untuk kerja keras seluruh jajaran direksi dan karyawan Blue Bird yang telah memberlakukan sistem yang berorientasi kepada keamanan dan kenyamanan pelanggan, saya memberikan bintang lima melalui review saya kepada Mas Fadjeri  As Shidiq.
    mybluebird19
    O iya struk kita bisa langsung kita terima loh di e-mail kita.
    Semua layanan tersebut adalah kemudahan yang diberikan oleh MyBlueBird  yang menambahkan 6 fitur baru yang makin memudahkan pengguna aplikasi (baca pelanggan).
    Kalau mau tahu tahu lebih jelas, bisa lihat di   webnya Blue Bird yaa . 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s