Tolong Jangan Terlalu Keren, Evrina Budiastuti!

Apa yang harus kukatakan tentang Evrina Budiastuti ?  Perempuan yang satu ini memang boleh dibilang  ruarr biyasaa!! Komplit banget talentanya. Ya  penyuluh pertanian,pecinta lingkungan dan traveler.  Ya, meski kalau kita telusuri, ketiga hal itu masih saling berkaitan. Namun menjadi demikian aktif di masing-masing bidang tersebut, rasanya pasti membutuhkan energi yang  warbiyasak!   Masih ditambah dengan kebiasaan buruknya eh, yakni menjadi pemenang berbagai lomba menulis. Huu..hu..hu…  Ngiri tingkat langit ke tujuh!

Membaca tulisan-tulisan Evrina Budiastuti di blognya serasa kita sedang jalan-jalan keliling Indonesia. Kadang ia sedang berada di persawahan, diantara para petani , sedang mendampingi para petani melaksanakan program SL-PTT  ( Sekolah Lapangan Pengelolahan Tanaman Terpadu).

evrina-penyuluh-pertanian1
Evrina sedang mendemokan cara menyemprot tanaman padi dengan pestisida cair

Melalaui program tersebut, sebagai seorang penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti melakukan  pengarahan terhadap para petani agar mereka mampu mengoptimalkan input yang ada berdasarkan pengamatan (di lapangan eh, yaitu sawah) dan pengambilan keputusan berdasarkan evaluasi dengan memanfaatkan teknologi spesifik lokasi yang cocok dengan wilayah tersebut. Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan , keterampilan dan sikap petani, sehingga penerapan adopsi teknologi PTT padi berjalan lebih cepat, berkelanjutan, dan mampu membuat replikanya  ke areal yang lebih luas.

Evrina beserta para PPL dan Petani di sawah.
Evrina beserta para PPL dan Petani di sawah.

Duhh..susah dipahami engga sih maksud kalimat tersebut? Kayaknya perlu pendalaman materi lebih lanjut, hahaha. Jadi, mari kita berguru pada perempuan manis satu ini.

Eitss..tunggu dulu, kalau mau berguru pada  wanita aktif yang sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Pertanian, jurusan Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih, Institut Pertanian Bogor ( IPB) ini, .. jangan cuma berguru ilmu menanam padi di sawah, doang. Masih banyak lagi ilmu yang  bisa kita galih darinya. Nih diantaranya yang paling cetarr adalah berguru padanya, bagaimana caranya memenangi berbagai lomba blog. YES! hahaha..itu kan yang kita mau?

TIPS MENANG LOMBA  BLOG ala Evrina Budiastuti

Nah saking seringnya Mba Evrina memenangi lomba menulis di Blog, (walalupun sebenarnya lebih banyak kalahnya hihihi, eits..jangan bilang-bilang yaa), sampai-sampai Mba Evrina yang hobi  naik gunung ini menerima begitu banyak sms yang memintanya berbagi TIPS memenangkan lomba .

Nah, saya mau cuplik TIPS nya mba Evrina, semoga bermanfaat bagi  anda semua dan saya sendiri tentunya (jelas dong :D)

  1. Mengumpulkan Informasi Lomba Blog apa saja yang berlangsung di bulan tertentu.
  2. Menyusun Info Lomba berdasar tanggal deadline.

  3. Menyortir lomba mana yang bisa diikuti dan yang tidak.  Pilih lomba dengan tema yang dikuasai agar bisa fokus dan hemat energi. (sama dong mbaa..TOSS dulu deh)

  4. Mengumpulkan bahan, materi lomba dan menggali  ide sebanyak-banyaknya (sumuurr kali pake harus digali, hihihi)

  5. Jika lomba yang diikuti bersifat annual alias selaluada setipa tahun, maka pelajari tulisan pemenang lomba tahun yang lalu.

  6. Sebisa mungkin mengetahui siapa juri lombanya, agar bisa mengira-ngira cara jurimenilai tulisan kita.

  7. Mempelajari tulisan peserta lain, Sebenarnya ini tidak terlalu disarankan untuk menjaga orisinalitas ide.

  8. Mengembangkan tulisan berdasarkan topik yang diangkat.

  9.  Menambahkan gambar unik, infografis dan video yang sesuai.

  10.  Publish berdasar keperluan. Jika lombanya mensyaratkan jumlah like dan kunjungan terbanyak, maka publish segera setelah selesai, jika tidak, maka publish menjelang deadline untuk menghindari plagiarism.

  11.  Share ke semua media sosial, lakukan pendaftaran lomba dan cek kembali  persyaratan lomba.

  12. Lupakan tulisan tersebut dan segera berburu lomba blog berikutnya.

Haha anjuran yang tepat untuk tips nomor dua belas ya,  Biar kita ngga kepikiran dan terus ngarep, sebaiknya memang kita segera MOVE ON dan segera mencari “sasaran baru”, lomba-lomba yang bejibun betebaran di dunia maya, hihi.

Salah satu lomba blog yang paling keren adalah lomba yang  mengantarkannya untuk mengikuti peliputan gerhana Matahari Total 2016 di pulau Ternate-Tidore (Halmahera). Lewat tulisannya, Evrina berhasil menjadi bagian dari Laskar Gerhana Detikcom 2016. Dan dara manis inipun jalan-jalan meliput gerhana matahari total dari atas kapal  milik BAKAMLA  (Badan Keamanan Laut)  RI di perairan Ternate.  Huuhuuhu…ngiri berat deh.

Laskar Gerhana Matahari Total Detikcom
Laskar Gerhana Matahari Total Detikcom

Belum lagi pengalamannya jalan-jalan hratiss ke negri tirai bambu karena memenangi lomba blog sebuah travel wisata. Asyik banget sih, hidup loe Mba!!

Umm..apalagi ya.. o ya nampaknya Mba Evrina ini ngga puas hanya berbicara tentang pertanian, lingkungan hidup dan pengalamannya menaklukan gunung-gunung saja. Belakangan ini, ia mencoba merambah dunia IT dengan menyajikan tulisan-tulisan  berbau tips  mengulik blog dan ini-itunya, hasil berguru pada para pakar yang telah malang -melintang terlebih dulu di bidang IT.

Wah.. bahaya nih, bisa-bisa semua bidang dikuasai dara manis satu ini,mengingat multitalentanya yang sudah terbukti dengan berbagai kemenangan  lomba blog yang sudah ia raih.

Tolongggg… Jangan terlalu keren, mba Evrinaa… kami bisa mengalami  bayangan gelap layaknya umbra  saat engkau melintas tepat di garis orbit yang sama dengan matahari di depan bumi kami. Bisa-kami dunia kami mengalami gerhana matahari total  seperti liputan kerenmu  bersama detikcom di  tepian gunung Gamalama ituuuu….!!!

evrina-gerhana-matahari1
Evrina berfoto di atas kapal dengan latar belakang Gunung Gamalama

KETERANGAN :
Semua gambar langsung diculik dari web resminya Evrina Budiastuti,
untuk mengetahui lebih jauh tentang Evrina Budiastuti, silakan mengopre-oprek websitenya mba Evrina.

2 thoughts on “Tolong Jangan Terlalu Keren, Evrina Budiastuti!

  1. Wah mbak aku baru baca, makasih atas reviewnya, itu berlebihan euy jadi malu akuh. Ambil yang baik buang yang buruk ya mbak. Semoga tidak menyesal mereview saya

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s