Kreatifitas Tanpa Batas, Dan Tetap Melestarikan Lingkungan | Faber-Castell

Siang itu suasana di Hall sebuah Mall paling cetarrr di Surabaya meriah sekali dengan adanya sebuah panggung yang menghadap sebuah arena pameran karya seni yang disponsori oleh Faber-Castell, di  Grand City Mall.  Pameran tersebut berlangsung dari tanggal 30 Mei hingga 5 Juni 2016.

Beberapa pengunjung nampak tertarik untuk menonton karya-karya seni hasil kreatifitas anak bangsa dari berbagai tingkatan usia. Berbaur dengan para Bloggers dan wartawan media yang antusius mengikuti jalannya acara pembukaan Pameran Seni atau Art Exhibition produsen alat tulis dan gambar paling bergengsi di dunia, Faber-Castell.

MC membuka pameran dan konferensi pers Faber-Castell
MC membuka pameran dan konferensi pers Faber-Castell

Setelah Mba MC membuka acara, segera tampil sekelompok adik-adik usia SD dari Sanggar Tari Cak Durasim, membawakan tarian Remo  yang merupakan tarian pembuka khas Jawa Timur atau lebih tepatnya Suroboyoan tersebut.

Tepuk tangan meriah mengakhiri penampilan lincah nan ceriah adik-adik tersebut, membuat suasana semakin hangat, dan lebih surprise lagi ketika, Ibu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang tak kalah cetarrr itu tiba-tiba hadir dari sisi kiri panggung dan langsung disambut dengan sukacita oleh Brand Manager PT. Faber-Castell International Indonesia, Ibu Fransiska Remila.

Dalam sambutannya, Ibu Risma menyebutkan bahwa beliau sangat mendukung acara-acara yang memberi wadah dan support bagi pengembangan kreatifitas anak bangsa, bahkan beliau sendiri mengisahkan bahwa beliau adalah salah satu siswa yang kreatif di masa  sekolah dan bahkan memiliki prestasi di bidang seni yang cukup membanggaan, membuat para pengunjung bertepuk tangan riuh rendah.

Ibu Risma Triharini, Walikota Surabaya.

A post shared by Titi Alfa Khairia (@titi_alfa_khairia) on

Dalam memimpin kota Surabaya, Ibu Risma juga telah banyak mengaplikasikan sentuhan seni dan kreatifitas dalam banyak proyek-proyek yang membuat kota Surabaya semakin cantik dan nyaman untuk ditinggali.

Kreatifitas Tanpa Batas

Menjelajahi ruang demi ruang tempat beberapa karya seni dan kreatifitas berbagai usia dipamerkan, membuat kita berdecak kagum. Bahwa seni dan kreatifitas itu memang tak terbatas.

Dari berbagai produk yang diciptakan oleh Faber Castell, mampu diaplikasikan dengan indah oleh jiwa-jiwa dan tangan-tangan kreatif menjadi berbagai karya seni yang memukau.

Ada sebuah replika perahu  layar yang dibuat dengan menggabungkan connector-pens, salah satu produk Faber-Castell yang menjadi favorit tua dan muda. Warna-warninya yang ceria, mengusung pelangi pada mahakarya seni  yang tentunya membutuhkan ketekunan dan ketelitian yang tinggi itu.

Replika Kapal dengan.menggunakan connector pen #FaberCastell.

A post shared by Titi Alfa Khairia (@titi_alfa_khairia) on

Di sisi lain nampak beberapa karya gambar dan mewarnai pada kertas dengan menggunakan warna-warni pinsil warna Faber-Castell. Ketekunan dan ketelitian para pembuatnya, membuat gambar-gambar tersebut nampak  hidup dan mampu menyampaikan pesan. Diantaranya gambar dua ekor orang utan yang  menyampaikan pesan agar kita melestarikan lingkungan dan menjaga hutan tempat mereka bernaung.

Lalu ada beberapa jenis barang yang  tenyata bisa tampil sedemikian indah ketika mendapat goresan kreatif dengan cat Acrylic produksi Faber-Castell. Melalui ketekunan tangan-tangan kreatif, itulah, barang-barang seperti payung kain, kaos, topi, sepatu, mug, bahkan helm menjadi lebih hidup dan bernilai seni tinggi.

Memang benar, bahwa kreatifitas manusia itu tak terbatas, sejauh apa yang bisa dipikirkan manusia, sejauh itu pulalah, manusia bisa berusaha untuk mewujudkannya. Tak terkecuali, Faber-Castell juga mendorong para penulis, untuk berkreasi menuliskan karya mereka yang diberi tema “misteri” dengan media tulisan tangan indah menggunakan pena-pena Faber-Castell yang berkualitas.

Dan puncak dari semuanya adalah, sebuah mahakarya yang menuntut kesabaran dan ketelitian yang tinggi dalam membuatnya, Sebuah gaun malam yang dirangkai dari pensil-pensil klasik  Faber-castell, karya Kerstin Scultz. Ia adalah  seorang seniman yang terlahir di Hannover, Jerman, 1967. Seniman yang memiliki ciri khas, menggunakan benda-benda yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari menjadi benda objek baru yang unik. Kerstin Scultz juga merupakan penerima penghargaan “Pro-Visio” dari Hannover karena karya-karyanya yang berbeda dan inovatif.

Penulis bersama karya instalasi seniman Kerstin n Scultz
Penulis bersama karya instalasi seniman Kerstin Scultz

Pensil yang digunakan Kerstin, yakni Pensil  Castell 9000, yang sangat legendaris karena sudah berusia  111 tahun sejak ia pertama diciptakan oleh Count Alexander Faber-Castell tahun 1905 itu.

Setiap tanggal 30 Maret  diperingati oleh Faber-Castell sebagai hari Pensil , yang bertepatan dengan  hari kelahiran seorang seniman Vincent Van Gogh,  tahun 1853. Pada tahun 1883, Van Gogh menulis  surat kepada temannya, menceritakan tentang sebuah pensil yang didapatnya dari temannya, Faber. Van Gogh sangat memuji betapa ideal pensil tersebut dari sisi ketebalannya, lembut saat digoreskan, dan ketajaman warna hitamnya yang bagus dan cocok digunakan untuk skala besar. Namun sayang, saat produk Pensil Castell 9000 diluncurkan , 15 tahun kemudian, Van Gogh telah tiada.

 

Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup

Menjadi produsen produk pensil dan perlengkapan menulis dan menggambar nomor satu dan tertua di dunia, tak lantas berarti mengabaikan kelestarian lingkungan. Itulah yang sudah  dilakukan Faber-Castell sejak 25 tahun yang lalu. Dalam filosofi bisnisnya, di mana kesuksesan ekonomi sejalan dengan keberlangsungan kelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan manusia, Faber-Castell telah membuat sendiri sebuah hutan pinus di Brazillia, yakni  100 Kilometer persegi hutan yang telah disertifikasi oleh FSC (Forest Stewardship Council) menjadi sumber bahan baku pembuatan pensil dan crayonnya. Selama tiga tahun terakhir, Faber-Castell berhasil mengurangi emisi C02 setengahnya hingga 20.607 ton melalui penggunaan enegri regeneratif. Sedangkan hutan itu sendiri telah mengurangi emisi C02 berlipat-lipat hingga 100.000 ton, selain menjadi habitat baru bagi berbagai hewan langka dan sumber ekonomi bagi penduduk sekitarnya.

Kepeduliannya pada lingkungan hidup telah mengantarkan Count A.W. von Faber-Castell (Chairman, Faber-Castell Group of Companies) memperoleh penghargaan sebagai Eco Manager of the Year pada tahun 2008 oleh WWF (World Wild Foundation). 

Tentu kita semua sangat gembira dengan adanya pengusaha yang peduli terhadap lingkungan hidup. Dan berharap ke depannya nanti, Faber-Castell dan banyak perusahaan lain menerapkan hal yang sama di belahan dunia manapun mereka mendirikan pabrik dan memperoleh bahan bakunya.  Seperti contohnya di Indonesia.

Faber-Castell, Teman Sepanjang Hidup

Dewasa ini telah berkembang sebuah gerakan di negara-negara maju, bahwa proses kreatif telah berkembang dari Creative Thinking menjadi Creative Making.  Sehingga sebuah karya seni harus mampu terwujud dalam karya nyata, bukan sebatas ide-ide saja. Karena melalui karya nyata seseorang akan melibatkan motorik tangannya dan  membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk menyelesaikan karyanya.

Coloring for relataxion
Coloring for relataxion

Untuk itulah, perlu dilakukan aktualisasi ide-ide melalui pameran seni, demikian ungkap Yandramin Halim, Managing Director PT. Faber-Castell International Indonesia.

Untuk itulah, produk-produk Faber- Castell,diciptakan. Dari mulai pensil sederhana yang klasik, hingga pensil  bertekstur yang cocok digunakan oleh berbagai usia dan profesi. Dari pensil warna klasik hingga connector pen yang merebut hati anak-anak dan para seniman. Dari stabilo hingga creative marker. Dari bolpoint sehari-hari hingga mahakarya paling ekskusif dan mewah seperti pena Ambition OpArt “Black Sand” yang merupakan karya terbatas untuk para kolektor. Sehingga harganya bisa puluhan juta. Wow.

Pensil warna dan peralatan Art and Grapich, biasanya digunakan para arsitek dan profesional.
Pensil warna dan peralatan Art and Grapich, biasanya digunakan para arsitek dan profesional.
Pena para eksekutif.
Pena para eksekutif.
Aneka Marker Faber-Castell
Aneka Marker Faber-Castell

 

Karena itu, tepatlah kiranya bahwa Faber-Castell bisa menjadi teman sepanjang hidup atau  Companion for Life karena karya-karya Faber-Castell memang ditujukan untuk bisa memenuhi kebutuhan menulis dan kreatifitas mulai anak-anak, pemuda, hingga para eksekutif dewasa yang tealah mapan. Dari hanya corat-coret biasa hingga untuk membuat mahakarya yang mampu mengangkat kualitas hidup kreatornya lewat prestasi-prestasi yang membanggakan.

 

 

Satu pemikiran pada “Kreatifitas Tanpa Batas, Dan Tetap Melestarikan Lingkungan | Faber-Castell

  1. saya sukaaa sama perusahaan yang menerapkan sustainable terhadap lingkungan, jadi tidak hanya mengejar bisnis tapi juga menyelenggarakan pelestarian, sukses untuk Faber Castell

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s