Fully Mom, Tetap Aktif dan Smart ala Naqiyyah Syam

Saya mengenal Mba Naqy atau Naqiyyah Syam , duluuu..banget. Waktu saya sedang semangat-semangatnya ikutan dunia literasi.  Gabung di grup menulis ini dan itu. Lalu ikutan bikin buku-buku antologi. Yah, meski buku antologi saya cuma dua biji.

Mbak Naqy ini setahu saya dulu emang gencar banget ngomporin kita-kita buat bikin buku antologi dengan tema-tema tertentu. Dan biasanya follower-nya bejibun. Teman-teman pada ikutan kirim-kirim karya sesuai tema, lalu akan diseleksi, selanjutnya proses editing dan cetak diserahkan ke admin atau yang ngajakin pertama buat bikin buku. Kalo ngga, mba Naqy yang anggota FLP (Forum Lingkar Pena) ini akan ikutan teman-teman lain yang keroyokan bikin buku antologi.

Dulu itu seru banget!  Selain suka rame-rame bikin antologi, kita sering lomba bikin tulisan yang dishare di catatan Facebook. Jadi ajang pamer sekaligus penyemangat banget di kalangan teman-teman yang  pegiat literasi atau paling tidak yang sedang mulai belajar nulis gitu.

Eh, tapinya, saya kemudian vacum (ngga pakai cleaner). Dan terus mulai gabung di komunitas Blogger. Udah lupa dengan  gegap gempitanya dunia tulis-menulis. Dan udah kadung jatuh cinta dengan berbagai aktifitas komunitas blogger yang  menurut saya lebih  dinamis (menurut saya lohh). Meski keinginan untuk nulis buku tetap membara, tapi sering kepending DL. Terutama kalo ada lomba berhadiah besar, hihihi.

Nah,  akhirnya sekarang ketemu lagi sama Mba Naqiyyah Syam, yang  nama aslinya Sri Rahayu ini. Beliau sekarang aktif nge-blog juga dan blognya lebih fokus di dunia parenting dan tumbuh kembang anak.

Menilik blog mba Naqi di www.naqiyyahsyam.com ini,  saya jadi memahami besarnya cinta seorang ibu kepada putera-puterinya. Karena di blog ini, Mba Naqy mengulas banyak hal tentang tumbuh kembang Aisyah, puteri ketiganya.  Dan demi keinginannya untuk fokus merawat puteri ketiganya, Mba Naqy memutuskan untuk resign dari profesinya sebagai guru. Hingga banyak waktu luang untuk Aisyah, sekaligus untuk mengembangkan hobi blogging dan writingnya. Asyik banget, kan?

Smart-Mom-Naqiyyah1
Mba Naqy dan Aisyah

Bagaimana Mba Naqy yang tetap ngga mau ketinggalan aktifitas  kepenulisan atau blogging di luar, meski punya puteri berumur 19  bulan yang  masih menyusu ? (o, iya, setelah ASI ekslusif 6 bulan,  dalam Islam, memang dianjurkan menyusui  anak hingga 2 tahun penuh).

Bagaimana tips memilih buah untuk bayi usia 6-12 bulan, bagaimana tips memilih sayuran buat bayi yang udah mulai makan MPASI,  dan  banyak lagi tips merawat buah hati dan parenting yang bisa Smart Moms kepo-in di Blog Mba Naqy, ya.

O iya, aku lupa , Mba Naqy ini mentahbis-kan diri menjadi Smart Mom sebagai personal brandingnya. Karena menurut Mba Naqy, setiap Mom itu memang harus smart. Smart dalam arti semuanya. Smart sebagi isteri yang berbakti pada suami, smart sebagai ibu dalam ilmu merawat anak agar tumbuh sehat dan cerdas, smart dalam mendidik anak agar mengenal Tuhannya dan mentaati agamanya, smart dalam mengembangkan potensi diri, smart dalam pergaulan dalam keluarga, teman-teman se ‘profesi’ , maupun dalam masyarakat.

O,iya,  meski udah memutuskan untuk  menjadi Fully Mom, jangan bayangkan, Mba Naqy hanya berkutat di rumah atau sesekali ikut Blogger atau Writer Gathering aja, loh. Mba Naqy ternyata aktif traveling dan menuliskan cerita serunya di blog. Meski trveling-nya hanya terbatas di lokal Sumatera, terutama Kota Padang, Lampung dan Bengkulu.. Beberapa tulisan adalah hasil dokumentasinya saat mendampingi murid-murid Sekolah Dasar tempat Mba Naqy mengajar dulu, namun beberapa juga hasil olah TKP (#eh..)  dalam rangka rihlah, alias refresing bersama si Baby kecil, tentunya dengan didampingi anggota keluarga yang lain.

Mba Naqy dan putera-puterinya, traveling ke pantai
Mba Naqy dan putera-puterinya, traveling ke pantai

Tuh, kan, Mom, menjadi  Fully Mom, ternyata bisa tetap asyik. Punya banyak waktu untuk membersamai keluarga. Bisa fokus memperhatikan tumbuh kembang fisik dan psikis anak. Daaan… tetep aktif nge-blog dan nulis. Asyik, banget, kan?

12 thoughts on “Fully Mom, Tetap Aktif dan Smart ala Naqiyyah Syam

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s