Makan Buah di Saat Perut Kosong

Kita semua pasti banyak sekali mendengar anjuran untuk memperbanyak makan buah dan sayur untuk alasan kesehatan. Yah, hampir semuaorang sekarang ini sudah semakin aware dengan kesehatan.

Makin banyaknya jenis penyakit dan makin muda nya usia sakit terutama pengidap penyakit degeneratif, tentu membuat orang bertanya-tanya, mengapa?

Seiring banyaknya anjuran para ahli gizi dan para pakar kesehatan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan,  alangkah lebih baik jika diikuti dengan pengetahuan bagaimana  cara memakannya, agar lebih efektif dan mengena pada tujuan hidup sehat itu sendiri.

Buah Naga, seger yaa
Buah Naga, seger yaa

Siklus Sirkadian 

Dalam bukunya yang berjudul The Miracle of Enzym, Dokter Hiromi Shinya seorang ahli ilmu Endoskopi Gastrointernalist di rumah sakit Beth Israel Medical Center New York,  yang juga seorang Guru Besar di  fakultas Kedokteran Albert Einstein College of Medicine, Amerika Serikat, Dokter Hiromi membagi waktu cerna dari sistempencernakan manusia pada empat fase yang dikenal dengan Circadian Rhytm. 

Circadian Rhytm ini adalah :

  1. Fase antara pkl. 20.00 pm – 04.00 am
    sebagai waktu assimilasi atau penyerapan .
    Pada fase ini, tubuh sebaiknya dalam kondisi istirahat dari aktifitas mengunyah. Sehingga tidak mengganggu kerja organ tubuh yang sedang melaksanakan tugasnya. Menyerap sari pati nutrisi dari makanan yang kita makan dan dicerna oleh sistem pencernakan tubuh dari fase sebelumnya.
  2. Fase antara pkl. 04.00 am – 12.00 pm |
    adalah fase pembuangan. Dimana tubuh membuang sisa=sisa zat makanan yang tak tercerna atau tak dibutuhkan tubuh (sisa fase assimilasi). Pada saat ini, tubuh aktif bekerja untuk membuang, sedang lambung telah kosong karena makanan sudah dicerna dan diserap dalam fase sebelumnya.
  3. Fase antara pkl. 12.00 pm – 20.00.am
    Disebut fase pencernakan. Pada saat ini, organ pencernakan bekerja maksimal, sehingga makanan yang di asup pada fase ini, bisa dicerna dengan maksimal. Itulah kenapa biasanya makanan berat dianjurkan pada fase ini.

    The Miracle of Enzym by Dr. Hiromi Shinya
    The Miracle of Enzym
    by Dr. Hiromi Shinya

Bangun Tidur, Perut Kosong

Malam hari,pada saat kita tidur, tubuh kita melakukan proses assimilasi dan menyerap zat-zat nutrisi yang diperoleh dari proses pencernakan siang harinya. Proses assimilasi berjalan lebih intensif saat kita dalam kondisi beristirahat atau tidur nyenyak (deep sleep). Karena itulah kita dianjurkan untuk segera beristirahat dan tidak begadang. Karena begadang berarti menghambat proses assimilasi atau penyerapan nutrisi dalam tubuh kita.

Saat bangun di pagi hari, lambung kita telah kosong dan usus besar kita siap mengeluarkan sisa-sisa makanan yang telah diproses dan sisa tersbut adalah kotoran.
Namun pada waktu pagi itulah kita juga sering merasakan kelaparan yang tak tertahan.

Itulah saat paling tepat bagi kita untuk mengkonsumsi buah, pada saat perut kosong.

Cantik kan, buahnya?
Cantik kan, buahnya?

Mengapa Buah di saat Perut Kosong?

Tubuh kita yang sedang dalam fase pembuangan tidak mampu berbuat maksimal, apabila kita paksakan untuk mencerna makanan berat. Memang pada dasarnya tubuh bisa melakukan semua fungsinya 24 jam non stop. Tetapi tidak akan berjalan maksimal, jika tidak pada saat yang tepat.

Jika kita paksakan tubuh kita mencerna makanan berat di siklus pkl 04.00am -12.00pm, maka pencernakan tidak berjalan maksimal, kerja sistem pembuangan terganggu dan ada begitu banyak enzym yang dibutuhkan dalam proses ini sehingga menyebabkan tubuh kita cepat lelah dan organ cepat menua.

Selain itu, buah yang dimakan pada saat perut kosong memilki kelebihan sebagai berikut:
1. Buah akan bekerja sebagai detoksifikasi pada racun-racun tubuh,Seratnya yang tinggi, mampu membawa sisa makanan yang tak tercerna sempurna yang tertahan di usus besar untuk dibawa keluar.

Hal ini sangat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit akibat penumpukan kotoran yang berpotensi menjadi racun dan sumber berbagai penyakit seperti kanker.

2. Membantu Mengurangi Berat Badan
Buah yang dimakan saat perut kosong sangat efektif  membawa serta sisa-sisa kotoran yang tertahan di usus besar, selain memdetoks tubuh dari potensi penyakit, juga mampu membantu mengurangi berat badan, karena  saat usus besar telah bersih, dan kolon usus terbebas dari hambatan.

3. menyediakan Energi Segera.

Proses pencernakan  pada buah berlangsung sangat cepat, hanya sekitar 15 hingga 30 menit saja, buah yang kita makan, kita kunyah dan bersentuhan dengan enzym amilase yang terdapat pada saliva atau air liur kita, telah sukses dicerna dan berubah menjadi energi.

Itulah mengapa dengan sarapan padi dengan buah-buahan, berarti kita bisa menjadi lebih cepat bertenaga, selain tidak membebani organ pencernakan kita dengan tugas yang tidak semestinya.

 

Bagaimana Jika Buah dicerna dalam Kondisi Perut Penuh?
Zat makanan seperti karbohidrat membutuhkan waktu cerna sekiar 2 jam hingga tuntas proses pencernakannya. sebelum kita bisa beralih untuk memasukkan makanan jenis lain ke dalam tubuh kita.

sedangkan protein hewani membutuhkan waktu cerna 4 jam, sebelum proses pencernakan berakhir sempurna dan kita bisa menikmati makanan jenis lain.

Akan tetapi, keduanya membutuhkan waktu cerna selama 8 jam, bila dipersatukan dalam satu menu makanan. Dan itu tentu membutuhkan lebih banyak enzym untuk mencerna, yang artinya pesediaan enzym di tubuh kita akan cepat habis, dan kita cepat menua atau sakit-sakitan.

Sedangkan sayur-sayuran merupakan zat pangan yang netral, yang bisa dipersatukan dengan kedua jenis zat dia atas, bahkan sayuran termasuk zat makanan alkali atau basa,  yang sangat baik untukkesehatan.

Berbeda dengan buah. Buah bersifat cepat dicerna dan memiliki kandungan gula buah atau fruktosa tinggi. Karena sifatnya yang cepat diproses inilah, buah justeru akan bersifat seperti racun atau mudah membusukkan makanan yang dimakan sebelumnya yang belum selesai dalam proses pencernakannya.

Karena itu, berhati-hatilah. Makanlah buah dalam kondisi perut ksosong

 

 

 

 

 

7 thoughts on “Makan Buah di Saat Perut Kosong

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s