Tazkia IIBS Malang, Sekolah Pesantren Dengan Kurikulum Cambridge

“Wow, bagus bangeett!!… “, gedungnya bagus, tamannya indah, halamannya bersih..tak satupun sampah nampak berserakan di halamannya yang luas.

gedung-andalusia-tazkia
Gedung administrasi, Andalusia dari arah depan

Itulah kesan pertama kami saat memasuki areal International Islamic Boarding School Tazkia, daerah Landungsari, Malang. Meski untuk mencapai sekolah yang berada di ketinggian perbukitan itu kami harus menempuh jalan kampung yang cukup berliku.

front-tazkia-icon
Icon Tazkia
lobi-tazkia
Lobi Tazkia
Berbagai penghargaan yang terpajang di Lobi
Berbagai penghargaan yang terpajang di Lobi

Setelah melakukan registrasi di lobi gedung, kamipun jalan-jalan untuk melihat-lihat fasilitas sekolah. Dan lagi-lagi kami dibuat terkesan. Bukan, bukan oleh fasilitasnya yang lengkap dan bagus atau oleh kerapian sandal-sepatu yang berjajar rapi di depan pintu masuk. Tapi oleh sikap dan keramahan para santriwati (wan) yang kami temui. Setiap mereka yang bertemu tamu, baik itu orang tua wali santri maupun hanya tamu yang ingin melihat-lihat dan mencari informasi, diperlakukan dengan sangat hangat dan sopan. Semua santri menyapa sambil tersenyum, memberi salam dan mencium tangan dengan takzim.

depan-lobi2
Pemandangan dari depan gedung Andalusia
view-kiri-andalusia-tazkia
Gedung Andalusia dari samping kiri

Nampaknya penanaman akhlak menjadi dasar yang diperkuat di dalam institusi ini. Tak satupun santri yang nampak cuek atau berpaling berpura-pura tak kenal dengan orang yang baru ditemui. Semua menyapa hangat diiringi senyum sapa yang santun. Cess..hati ini adem, banget.

antara-gedung-alexandria-dan-andalusia-tazkia
Antara gedung Andalusia dan gedung Aleksandria
gedung-asrama-alexandria-tazkia
Gedung asrama Aleksandria

Saat kami berkunjung kekamar-kamar, semua santri berdiri hormat,kembali menyapa dan mencium tangan, lalu dengan sigap dan sopan menjawab semua pertanyaan kami. Kamar mereka rapih. Cucian baju juga tergantung rapi di jemuran, bahkan mereka membukakan pintu almari untuk memperlihatkan bagaimana mereka menata barang-barang pribadinya.

Saat kami bertanya bagaimana mereka membagi waktu belajarnya, mereka menjelaskan, kegiatan harian mereka mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Meski aktivitas mereka padat, ternyata mereka masih punya waktu untuk tidur siang, dan kembali mengulang pelajaran dan mengaji di sore hari. Jam tidur mereka pun tak terlalu larut. Karena mereka harus bangun pukul 03.00 dinihari untuk memulai hari dengan Shalat Tahajjud. Padat, efektif dan nyaman.

kamar-asrama-puteri-tazkia
Kamar Asrama Puteri

Bagaimana bila ada perselisihan antar teman? apa yang mereka lakukan jika salah satu temannya bersikap menyebalkan dan semau gue? Ternyata mereka memilih untuk “mengadukan” pada Murabbi masing-masing, agar beliau lah yang turun tangan untuk membina teman yang bermasalah tersebut.

Ya.. paling tidak, orang tua jadi lega, bahwa apabila mereka memutuskan  menitipkan anak-anaknya di sekolah ini, mereka tidak akan khawatir  anak-anaknya bermasalah dalam hubungan dengan teman-temannya.

ruang-uks-tazkia
Ruang UKS

Lebih jauh kami meninjau ruang UKS yang nyaman. Disana ada dua Ustadzah yang stand by 24 jam bergantian, berjaga-jaga apabila ada santriwan/santriwati membutuhkan penanganan medis. Bila kondisi sakit santriwan/santriwati dirasa tidak bisa ditangani sendiri, mereka siap membawanya ke beberapa Rumah Sakit rujukan terdekat, salah satunya adalah Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah yang mutunya tak perlu diragukan lagi.

Ruang makan yang bersih, rapi dan segar dengan warna-warni cerah, lab-lab yang nyaman, kamar mandi yang bersih, aula yang luas dan hangat dengan hamparan karpet bersih, ruang-ruang kelas yang rapi dengan furniture yang simple berwarna-warni cerah, taman-taman yang indah, rapih dan bersih. Dan tentu saja view pegunungan indah yang memanjakan mata .

ruang-makan-puteri-tazkia
Ruang Makan, Tazkia

Di atas semua itu, Tazkia IIBS yang baru berdiri dua tahun itu, berencana akan segera menerapkan kurikulum Cambridge. Mengapa? jika orang tua memahami, mengapa sekolah-sekolah berkualitas berbondong-bondong menerapkan kurikulum Cambridge, itu karena kurikulum nasional dirasa terlalu berat dan kurang merangsang daya nalar, kreatifitas dan kegembiraan siswa dalam proses belajar. Kurikulum nasional cenderung banyak  memberikan hafalan, selain beban mata pelajaran yang seabrek.

Sedangkan kurikulum Cambridge lebih fokus kepada bagaimana siswa mampu menerapkan apa yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Cara belajarnya juga dibuat sangat menyenangkan dan merangsang proses berpikir dan kreatifitas siswa dalam memahami suatu mata pelajaran. Selain itu siswa didorong untuk meneliti dan mengeksplorasi untuk menemukan hal-hal baru terkait apa yang dipelajariya. Menurut seorang guru pada sebuah sekolah plus, Salvatore Simarmata, kurikulum Cambridge merangsang siswa untuk mengembangkan intelektulitas, kepribadian,emosi dan kemampuan bersosialisasi. Kesemuanya sulit didapatkan jika sebuah sekolah menerapkan kurikulum nasional yang hanya memberikan materi setumpuk dan menuntut hafalan dan hitung-hitungan.

taman-dari-arah-kanan
Taman 1
taman1-tazkia
Taman2
taman2-tazkia
Taman3

Itulah mengapa, Tazkia IIBS yang baru dua tahun beroperasi, bisa dibilang sudah kewalahan menerima pendaftaran santriwan dan santriwati. Untuk tahun ajaran 2016 dan 2017 sudah resmi ditutup dengan terpenuhinya kuota murid. Untuk tahun 2017-2018 (murid kelas 5 SD sekarang) sudah ada pendaftar gelombang pertama dan kedua. Bahkan kami bertemu murid-murid kelas 3 SD yang sudah ikut test untuk inden sekolah 3 tahun ke depan. Muridnya pun bukan hanya dari Jawa, tapi ada yang dari Balikpapan hingga Papua. Luar Biasa!!

taman3-tazkia
Taman4
taman-dari-lantai-lima
Taman5 dilihat dari balkon lantai 5
balkon-lantai5-tazkia
Balkon di lantai 5

Semoga ke depannya makin banyak sekolah berkualitas berbasis pesantren yang akan memberikan keseimbangan pelajaran, ilmu, agama, akhlak, dan sosial kepada anak-anak Indonesia. Tentunya kami sangat berharap ada campur tangan pemerintah dalam subsidi dana pendidikan, sehingga sekolah bagus jadi semakin terjangkau dan bisa diakses semua kalangan. Semoga.

 

Untuk mengetahui info akademik, registrasi, kurikulum, sosok pengajar, visi dan misi Tazkia IIBS, silakan langsung ke website resmi TAZKIA IIBS

35 thoughts on “Tazkia IIBS Malang, Sekolah Pesantren Dengan Kurikulum Cambridge

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s