Wow, Inilah Rahasia Hidup Selama Seratus Tahun !

Para penduduk dunia semakin sadar akan arti kesehatan dan bagaimana mereka harus menjaganya. Penelitian pun dilakukan tentang, apa saja hal-hal yang menyebabkan manusia bisa berumur panjang dan hidup dalam kualitas hidup yang baik/sehat.

Ditemukanlah bahwa sebuah pulau di Jepang, yang bernama pulau Okinawa memecahkan rekor  panjang usia penduduk dunia. Mereka umumnya berumur lebih dari seratus tahun. Rekor terbaru mencatatkan seorang penduduk Okinawa, Jiroemon Kimura meninggal di usia 116 tahun. Dia tinggal di Kyotango, dekat dengan Kyoto.Rekor  sebelumnya Misao Okawa, mencapai rekor usia 115 tahun.

Menurut catatan PBB, orang-orag Jepang dikenal memiliki usia paling panjang diantara penduduk dunia. Mencapai seratus tahu atau lebih. Apa sih rahasia umur panjang mereka? Ini dia:

  1. .Diet Rendah Kalori
    Penduduk Jepang suka makan makanan yang berkalori rendah. Namun penduduk pulau Okinawa mengkonsumsi makanan 20% lebih rendah kalori dibanding rata-rata penduduk Jepang lainnya. Mereka makan hanya 1 kalori per gram. Dan tidak lebih. Index Massa Tubuh mereka rata-rata adalah 20.
    Maka para ahli percaya bahwa membatasi  kalori yang kita kosumsi, akan berdampak sebagai berikut:
    a).Meningkatkan kualitas kesehatan
    b).Menua lebih perlahan
    c). Menggunakan energi secara cermat.

    #lunch #nabatiprotein #veggies #spices #tomatoes#green #red #instafoods #foodstagram #foodilicious #foodcombining #foodimology

    A post shared by Titi Alfa Khairia (@titi_alfa_khairia) on

  2. Diet Rendah Gula dan Rendah Lemak
    Gula dan lemak diketahui sebagai biang keladi dari masalah-masalah kesehatan. Penduduk Okinawa secara alamiah lebih banyak mengkonsumsi makanan alami. Konsumsi gula mereka hanya berkisar 25%, sisanya mereka lebih suka mengkonsumsi biji-bijian (legume). Inilah mengapa sangat sedikit diantara mereka yang menderita stroke dan serangan jantung.

  3. Sayuran Segar dan Seafood
    Kebanyakan penduduk Okinawa adalah vegetarian. Beberapa diantara mereka juga mengkonsumsi seafood karena mereka hidup di kepulauan. Namun perbandingan konsumsi ikan-ikanan mereka sangat sedikit dibandingkan dengan konsumsi sayuran, terutama sayuran rendah kalori. Mereka juga sangat menghindari daging, telur dan produk-produk susu dan turunannya.
    Dan lagi, dalam produk ikan-ikanan, mereka mendapatkan asam lemak Omega-3, termasuk DHA,ALA dan EPA.
    Selain itu mereka penggemar makanan berbasis kedelai, seperti tofu, di samping sayuran hijau sebagai makanan keseharian mereka.

    #grilledfish #veggies and #sambal or #chillies #lunch #Healthyfoods #healthylifestyle

    A post shared by Titi Alfa Khairia (@titi_alfa_khairia) on

    5. Aktif Bergerak
    Yups, aktif bergerak memang merupakan salah satu kunci hidup sehat. Jika kita menelaah mengapa orang-orang jaman dahulu cenderung lebih sehat dari orang-orang jaman sekarang?
    Ya itu karena lifestyle. Mereka dahulu umumnya berprofesi sebagai petani dan nelayan yang menuntut mereka untuk selalu bergerak dan mengerjakan sendiri semua pekerjaan berat yang menuntut kesigapan fisik. Selain makanannya masih alami dan tidak banyak mengandung campur tangan bahan kimiawi, dan diproses secara sederhana.
    Bedanya dengan kita adalah, kita sedikit bergerak, termanja oleh fasiitas serba modern, makanan kita serba instan yang melalui berbagai proses yang meniadakan nutrisi asli dan menambahkan banyak zat aditif berbahaya.

    Jadi kalau mau berumur panjang, mulai sekarang, yuk lebih disiplin menyeleksi apa saja yang kita makan. Dan tentunya menjalani hidup yang lebih aktif, banyak melakukan outdoor activity, menjaga pikiran selalu  gembira dan optimis. Jangan lupa untuk selalu dekat dengan Yang Maha Kuasa, karena itulah sumber ketenteraman jiwa.

 

13 thoughts on “Wow, Inilah Rahasia Hidup Selama Seratus Tahun !

  1. huwaaa…. gaya hidup sehat itu emang challenging bangt ya mak.. hehe.. oiya, jd inget nenek saya udah berumur 100 tahun, rahasia dr beliau, gak boleh diam alias gerak terus

    Disukai oleh 1 orang

  2. Bener banget, orang Jepang itu malahan kalau makan, Nasinya dikit cuma semangkok kecil, eh sayurnya sepanci sama ikan. Mereka emang senengnya ikan sih ya, gak begitu suka daging katanya.

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s