Agar Mobil Siap Tempur Di Musim Penghujan

Indonesia adalah negara beriklim tropis di mana musim penghujan bisa jadi sangat “menguji” ketahanan kendaraan kita. Terutama yang setiap hari harus “mengukur” jalanan, seperti bagi Bapak-bapak yang harus bekerja, maupun ibu-ibu yang harus mengantar si buah hati ke sekolah.
Kalo Bapak-bapak ngerti soal mesin kendaraan itu sih, udah biasa. Nah ini..ibu-ibu..bagaimana dengan mereka?
Jangan dikira ibu-ibu ngga berurusan dengan mobil loh.Justeru fenomena yang berkembang di kota besar  seperti Surabaya ini, lebih banyak ibu-ibunya loh yang berurusan dengan kendaraan. Suer!

Ibu-ibu Club Nova di Autobacs
Ibu-ibu Club Nova di Autobacs

Sebagai ilustrasi, saya kasih contoh ya. Kalau di rumah ada dua mobil, satu dipakai Ibu, satu dipakai Bapak. Biasanya Bapak-bapak ini sudah punya sopir. Jadi yang nyetir ke kantor pasti sopirnya. Nah kalau sedang ada urusan dengan cek rutin ke bengkel, ganti oli, ganti air aki dan sebagainya, pastinya Bapak-bapak ambil langkah praktisnya, dengan menitahkan pak sopir saja untuk pergi ke bengkel.

Sangat jarang Bapak-bapak yang duduk ber jam-jam di ruang tunggu bengkel untuk menunggui mobilnya diservis.
Mungkin pekerjaan kantor yang menumpuk membuat Bapak-bapak tak punya waktu untuk pergi ke bengkel.
Ini beda banget dengan ibu-ibu. Kebanyakan ibu-ibu di Surabaya juga bertindak sebagai sopir pribadi bagi anak-anaknya.
Terutama kalau anak-anak masih TK atau SD, biasanya ibulah yang mengantar jemput ke sekolah, les pelajaran, berenang, dan ke pesta ulang tahun teman, atau menemani mereka berbelanja keperluan sekolah.

Nah kalau mobil di rumah hanya satu, biasanya Bapak-bapak yang mengalah. Bapak naik motor ke tempat kerja. Ibu-ibu bawa mobil buat nganter si kecil ke sekolah dan bla-bla bla. Praktis ibu-ibulah yang banyak berurusan dengan mobil. Makanya jangan heran kalau banyak ibu-ibu dan para sopir yang mengisi ruang tunggu salon dan bengkel servis mobil. Hihihi…

Belum lagi soal siapa yang harus  membuat keputusan dalam membeli pernak-pernik dan  AKSESORIS MOBIL   Yaa.. siapa lagi? Tahu sama tahulah hihihi.. (siapaa??, auk ah ! ).

Nah mempelajari tipikal pengguna mobil di Indonesia, terutama di Surabaya, yang banyak didominasi (catet ya DIDOMINASI  ihik!) oleh ibu-ibu.. makanya  Autobacs, sebuah penyedia layanan perawatan mobil sekaligus penyedia berbagai pernak-pernik aksesoris mobil dari Jepang, berinisiatif mengundang Ibu-ibu dari Klub Nova Surabaya dan beberapa Blogger.

Bertempat di show room Autobacs di jalan Arief Rahman Hakim 60, yang letaknya strategis, tepat di lampu merah menuju kampus ITATS, siang itu kami para Ibu menerima beragam informasi yang tentunya sangat sayang bila tidak dibagi. Insha Allah sangat bermanfaat.

Yups, saya akan memberikan ringkasan tentang paket perawatan yang ditawarkan oleh Autobacs. Saya yakin kita semua membutuhkannya. Sebab setiap orang ingin berkendara dengan nyaman dan aman selama musim penghujan, kan?

Five Chemical treatment yang Wajib bagi Mobil Menghadapi Musim Penghujan

  1. PenRay Belt Dressing.
    Ini adalah semacam pelumasan terhadap V belt mesin mobil. V belt apaan sih?
    Oke , V belt itu adalah ban atau karet yang mengubungkan roda-roda mesin. Nah agar V belt tersebut tetap lancar bergerak, sehingga kerja mesim mobil bisa maksimal dan tidak terganggu, maka diperlukan treatment semacam pelumasan dengan bahan kimia tertentu.
  2. CRC Brakleen
    Ini adalah semacam treatment untuk merawat rem agar tetap pakem. Bahaya dong kalo musim hujan dimana jalanan banyak yang licin, terus mobil kita remnya blong. Duuhh naudzubillah ya.
  3.   PenRay Silicon Spray
    Pemberian pelumas pada karet yang berfungsi saat naik turunnya kaca jendela mobil. Dengan demikian tak ada lagi jendela macet atau bunyi berdecit.
  4. CRC Throttle Body & Air-Intake Care
    Adanya penumpukan deposit kontaminan udara atau gas minyak seringkali menimbulkan ketidak maksimalan pembakaran pada mesin. Pembersihan secara teratur dengan CRC Throttle Body Air-Intake Care berfungsi untuk menghilangkan deposit kerak pada body mesin, mengembalikan performa mesin, meningkatkan efisiensi ekonomi bahan bakar , mengurangi beban mesin, aman pada sensor, segel o-ring dan bagian sensitive lainnya.
  5. CRC-5-56 Multi Purpose Lubricant
    Berfungsi untuk melumasi  bagian-bagian mesin agar berfungsi maksimal dan tidak ada mesin yang berkarat atau mogok karena kehabisan pelumas .Nah dengan lima treatment di atas, dijamin, mobil Anda akan siap tempur alias siap menghadang hujan dalam jangka 6 bulan ke depan.

    DSC_0269
    Five-Chemical-Treatment

    Tapi masih ada dua lagi treatment yang ngga boleh diabaikan sehubungan dengan kenyamanan saat mengemudi di musim hujan. Yakni treatment anti jamur pada kaca (terutama yang di depan) dan Glass Coating.
    Treatment anti jamur yakni pelumasan gel anti jamur yang berfungsi menghalau jamur-jamur yang biasa menempel pada kaca mobil akibat debu-debu dan kotoran yang menempel, bersatu dengan sisa air hujan atau sisa air cucian mobil yang kurang bersih saat pembilasan dan pengeringan.

     

    Sedang Glass Coating bergungsi melapisi kaca depan dengan gel tertentu yang akan terlihat perbedaannya saat hujan deras turun. Pada saat hujan deras turun, kaca depan biasanya aakan terlihat seperti disiram air oleh air terjun yang menghalangi seluruh permukaan kaca sehingga mengganggu pandangan. Dengan mengaplikasikan gel untuk glass coating tersebut, air yang menetes dari atap mobil akan turun membentuk garis-garis berkelompok, sehingga masih banyak ruang tersisa untuk memandang ke kedepan. Pada kecepatan di atas 100 Rpm, malah tak ada lagi air hujan yang menempel di kaca. Sehingga meski hujan turun deras, pandangan driver ke depan bisa terang dan jelas seterang mentari siang (hihihi lebay).

    DSC_0229_20151215150528544
    Bantal-bantal silicon empuk. lucu dan multifunsi

    Dan yang paling unik itu, saat kami diajak keliling Aotobacs Store. Kami menikmati melihat-lihat aksesori penunjang kenyamanan dalam berkendara yang menurutkami unik-unik dan lucu-lucu. Contohnya lampu buat hiasan di bemper depan, biasanya kan cuma satu warna, di sini lampu tersebut bisa diganti-ganti hingga sembilan warna yang berbeda.

    Lalu ada bantal-bantal super empuk yang dibuat berbentuk unik, kain pembungkusnya elastis dan isinya adalah silikon super halus, harganya lumayan mahal. Tapi buat yang berduit dan peduli kenyamanan, itu pasti ngga masalah.

    Selanjutnya tempat meletakkan gelas atau botol yang praktis dan bergaya modern minimalis. Atau asbak yang nampak demikian futuristik , huhuhuuu.. sayang banget buat dibuangin puntung rokok, deh. Selanjutnya ada gantungan baju yang bisa untuk membawa banyak baju, penting banget buat para artis dan mereka yang super sibuk dan harus menghadiri banyak acara.
    Kursi-kursi untuk bayi, dudukan untuk anak usi 5 tahun, bahkan karpet plastik yang khusus untuk musim hujan. Pokoknya unik-unik semua deh,khas orang Jepang.
    Iya, menurut Bapak Jhony selaku Store Manager Autobacs Indonesia, semua barang-barang yang ada di sana dibuat dengan konsep KODAWARI.

    Apaan sih, konsep KODAWARI itu? Sulit untuk menterjemahkannya. Tapi pada dasarnya, apa-apa yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Detail demi detail yang membuat hidup sehari-hari makin nyaman dan memuaskan itulah yang dinamakan KODAWARI. Sesuai lifestyle, mudah digunakan dan bikin kinta nyaman dan geregetan.

    Oya sebenarnya ada banyak gambar-gambar hasil jepretanku yang ingin kuunggah, tapi masih terkendala memori Hp, ntar ya..kalo bisa 🙂

6 thoughts on “Agar Mobil Siap Tempur Di Musim Penghujan

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s