Resolusi Tahun 2016, Pengen Turun Berat Badan ? Ini Tipsnya

Menjelang pergantian tahun banyak banget orang-orang yang membicarakan tentang resolusi. Resolusi biasanya hampir serupa revolusi. Yakni keinginan melakukan perombakan atau perubahan besar-besaran. Pengen meraih segala hal yang lebih baik di tahun depan.

Wajar sih seseorang menginginkan perubahan dalam dirinya. Ada yang ingin berubah secara radikal, namun ada yang hanya memasang target-target kecil. Slow but sure. Ngga salah juga sih. Tergantung masing-masing individu. Yang paling parah itu adalah orang yang bilang “Resolusiku tahun 2016 adalah melaksanakan target resolusi 2015 ku yang belum tuntas, yang direncanakan sejak tahun 2014 dan merupakan impian sejak tahun bla..bla..bla..”

“Wkwkwkwk… “ Udah basiiii.!  Iya, sekarang jamannya MOVE ON, jangan terus perpaku pada masa lalu. Daripada merenungi tahun-tahun yang hilang, mending kita bikin resolusi kekinian aja. Nah Resolusi untuk menurunkan berat badan aku rasa adalah resolusi yang wajar dan harus itu.

Tapinya penurunan berat badan di sini harus dilakukan dengan cara-cara yang sehat dan terukur loh ya. Hasilnya selain tubuh lebih ramping, penampilan lebih fresh dan energi untuk berpikir dan bekerja makin meningkat. Oke banget, kan?

Berikut Tips Menurunkan Berat badan dengan cara sehat

  1. Boleh Ngemil, Asal..
    Siapa bilang yang pengen turun berat badan  ngga boleh ngemil. Kejem banget kan? Gimana kalo hari itu  pengeenn banget makan kue-kue atau cokelat misalnya. Boleh!, tapi.. batasi jumlahnya. Sepotong kue, atau sepotong cokelat tak kan merusak dietmu. Asalkan sebagian besar menumu adalah menu sehat.
    Tapi alangkah lebih bijaksananya, jika kamu mengganti saja camilan tinggi kadar  gula dan karbohidratmu dengan buah yang mengandung gula alami dan kaya serat. Dijamin tubuhmu akan berterima kasih dan program penurunan berat badanmu lebih cepat berhasil 😛
  2. Hey, Tolong Matikan Televisinya, Dong!
    Siapa yang punya kebiasaan makan sambil menatap layar kaca? Ngaku…, Yups sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang makan dan ngemil sambil nonton televisi berpotensi untuk makan sejumlah 40 persen lebih banyak kalori. Nah termasuk para Bloherr.. yang kerjanya menatap layar LAPTOP Jika kebiasaanmu adalah menulis, sms-an, nyetir, main game  sambil ngemil, mulai sekarang hentikan segera. Sisihkan waktu untuk makan barang sepuluh atau lima belas menit sendiri, makan dengan tenang dan kunyah makanan pelan-pelan. Sesudah itu, silakan melanjutkan pekerjaan dan aktivitas yang lain.
  3. Pantau Berat Badanmu
    Aduhh..bisa stress deh, kalo dikit-dikit nimbang. Iya kah? apa bukannya tambah stress kalo kamu membebaskan nafsu makanmu, menjauhi timbangan. Trus, tiba-tiba suatu hari nanti kamu nimbang, dan… omaigat… timbanganmu naik dua kilo!Yah mesti harus tetep dibawa santai dan jangan stress dengan kenaikan berat badan, paling tidak kamu bisa memutuskan tindakan apa yang akan kamu ambil, Mau nambah porsi jogging mu, atau mengurangi porsi asupan karbohidratmu. Ya, kan?
  4. Berolah Raga Minimal Tiga Kali Seminggu
    Berolah ragalah, bergeraklah, aktiflah. Bakar kalorimu lebih banyak. Usahakan membentuk tubuh dengan push-up, lunge (gerakan menendang) dan squat (gerakan jongkok dan kembali). Upaya pembentukan otot tubuh tersebut seiring terbakarnya lebih banyak kalori dan lancarnya metabolisme tubuh. Go! go! go!

    Jogging-di-tempat-gini-asyik-kan?
    Jogging-di-tempat-gini-asyik-kan?

     

  5. Ngobrol Dong
    Saat  kamu sedang pengen banget makan sesuatu, segera raih hand-phonemu,  berinteraksilah dengan temanmu lewat sosial media, atau ngobrol dengan tetangga. Yang penting kamu mengalihkan dorongan ngemil yang sedang melandamu. Tak butuh waktu lama untuk mengalihkan perhatianmu. Kamu terselamatkan dari menyikat segala makanan sampah yang ada di kulkas.

    Main-sama-ular-biar-lupa-ngemil
    Main-sama-ular-biar-lupa-ngemil

     

  6. Jangan Tinggalkan Sarapan
    Para ahli mengatakan, mereka yang meninggalkan sarapan cenderung makan lebih banyak dan tak terkendali saat makan siang tiba. Gantilah sarapanmu dari makananberkadar karbohidra, gula dan protein tinggi kepada buah-buahan yang mengandung kadar gula alami, serat tinggi, dan vitamin.
  7. Hindari Rokok dan Alkohol
    Rokok dan alkohol berefek sangat buruk bagi kesehatan. Kedua jenis makanan/minuman itu bisa merusak sel-sel tubuh dan mengacaukan metabolisme tubuh.
  8. Perbanyak Makanan Berserat
    Para penganut Food Combining menjadikan buah sebagai menu eksklusif di pagi hari hingga jam 12 siang. Pagi adalah saat tubuh membuang sisa-sisa makanan yang semalaman telah diasimilasi oleh tubuh. Siang hingga malam hari adalah saat memperbanyak asupan sayur segar sebagai pendamping makanan lain. Sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral juga kaya akan serat. Buah dan sayur meningkatkan alkali tubuh dan memberi rasa kenyang sebagai pengganti dari makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein dan lemak.

    salad-buah-titi-alfa-khairia
    salad-buah-foto-koleksi-titi-alfa-khairia

     

  9. Tidur Yang Cukup.
    Pada saat tidur, tubuh melakukan asimilasi. Dimana tubuh menyerap zat-zat terbaik yang telah di cerna oleh sistem pencernakan secara maksimal sepanjang siang hingga sore hari. Dengan tidur yang cukup berarti tidak ada gangguan atas kelancaran proses tersebut. Menurut para pakar kesehatan, tidur malam hari sebaiknya sekitar 8 jam.
  10. Bayangkan Tubuhmu Ramping Ideal
    Percaya deh, engkau akan tampak lebih muda dan lebih menarik pada saat memiliki berat tubuh yang ramping ideal.Tidak kegendutan dan tidak terlalu kurus. Pas aja. Bagi mereka yang telah terbiasa dengan pola hidup sehat, makan sehat terukur, olah raga teratur dan istirahat yang cukup serta pikiran tenang, berat badan mereka akan tercapai menuju ideal. Ingat setiap orang tidak sama.
    Nah dengan membayangkan dirimu memiliki berat badan ramping ideal, membuatmu lebih percaya diri dan bersemangat untuk mencapainya. Siapa sih yang ngga mau memiliki tubuh bugar dan sehat, pikiran fresh terus dan penampilan menarik? Kalo aku sih, YES, ngga tahu Mas Anang! hahaha.

 

7 thoughts on “Resolusi Tahun 2016, Pengen Turun Berat Badan ? Ini Tipsnya

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s