Gunakan Internet dan Media Sosial Secara Bijak dan Produktif

Suasana workshop Kegiatan Uji Coba Draf Model Pendampingan Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Perempuan di Jawa Timur, dalam rangka Membangun Budaya Internet Sehat dan Aman Menuju Masyarakat Cerdas Kreatif dan Produktif, pagi itu nampak meriah.

2015-11-26 09.03.00
Ibu-ibu di resepsionist, para pegawai Kementrian Pemberdayaan Perempuan

Sekelompok-demi sekelompok ibu-ibu dan siswa-siswi SMU nampak berdatangan sekitar pukul 9. Mereka kemudian mengambil tempat duduk sesuai kelompok masing-masing.

Ada ibu-ibu perwakilan dari UKM dan PKK yang merupakan kelompok paling aktif di tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota, Surabaya.  Siswa-siswi SMUN 6 Surabaya mewakili para pelajar yang merupakan pengguna aktif internet. Hadir pula para pengamat perkembangan internet, disamping para nara sumber yang tentunya adalah mereka yang berkompeten di bidangnya.

Sebelum acara dimulai, ibu-ibu dengan segera langsung membaur  dan saling berkenalan tanpa sungkan-sungkan. Masing-masing memperkenalkan organisasi tempat mereka bernaung. Segera saja mereka saling bertukar akun media sosial, nomor WhatsApp dan tak lupa berfoto ria bersama dengan  Hand Phone  masing-masing,  Cheers 🙂

Suasana santai dan akrab pun   langsung terasa, apalagi kemudian mereka bersama-sama mencicipi hidangan coffe break yang tersedia.

2015-11-26 10.04.50
Para Pemateri / Narasumber

Pidato pembukaan oleh Ibu Titik Kusuma Astuti mewakili panitia dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, menyambut kedatangan para peserta dan pemateri secara resmi, serta menjelaskan tujuan diadakannya acara tersebut.

Bu Titik Kusuma
Ibu Titi  Kusuma Astuti

Pidato berikutnya adalah sambutan dari Ibu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur, Ibu Tutut Herawati, MM. Beliau mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pada dasarnya menyambut dengan baik acara tersebut dan sangat bangga Jawa Timur dipilih sebagai salah satu kota yang dipilih untuk uji coba draf model pendampingan pendayagunaan TIK bagi perempuan dan anak.

2015-11-26 09.48.44
Ibu Tutut Herawati, MM

Ibu Tutut Herawati, MM juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menerapkan  beberapa terobosan IT pada UPT  Perijinan, dengan menerapkan Palayanan Perijinan Satu Atap. Di mana untuk setiap pengurusan perijinan, masyarakat tidak perlu pergi dari meja ke meja dan tidak membutuhkan waktu yang lama atau pembayaran pungli yang tidak jelas. Dengan penggunaan IT, perijinan bisa diproses secara online, masyarakat bisa melakukannya secara mandiri, biaya yang harus dikeluarkan sangat minimal dan bersifat transparant, serta hasilnya bisa ditunggu hanya dalam hitungan jam saja.

Selanjutnya para peserta dan nara sumber diminta untuk berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu kebagsaan Indonesia Raya, dipimpin seorang dirigen. Suasana syahdu pun menyeruak merasakan getaran cinta pada bangsa dan negara yang tiba-tiba .

Setelah itu, Bapak Alwi Akbar memberikan sambutan resmi  mewakili Kementrian Pemberdayaan Perempuan. Beliau menyampaikan kota-kota lain yang menjadi tempat uji coba pendampingan TIK selain Surabaya adalah Kendal, Bogor dan Ambon. Bahkan untuk kota Kendal, telah dilaksanakan dua kali uji coba karena banyaknya pelaku industri rumah tangga dari kalangan ibu-ibu. Selain itu mereka juga cukup aktif sebagai pengguna internet.

2015-11-26 10.34.42
Bapak Sucipto S.Kom

Sambutan Ke empat  adalah materi inti,  pembicaranya adalah  Bapak  Sucipto, S.Kom dari Dinas  Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Bapak Sucipto menjelaskan tentang Fenomena Penggunaan Internet di Indonesia, ternyata Indonesia adalah pengguna internet terbesar nomor lima di dunia, saudara-saudara!!, wao hebat apa hebat??

Namun, yang perlu dipertanyakan kemudian adalah, sudah efektifkah penggunaan internet di Indonesia? dan untuk apa? Apakah hanya untuk sekadar nampang, agar eksis di media sosial atau memberi  nilai tambah produktifitas penggunanya?

Intenet sebagai pedang bermata dua, selalu memiliki sisi  positif dan negatif, untuk itulah, maka kontrol yang kuat terletak pada  pribadi masing-masing.

Keluarga adalah benteng moral bagi pembentukan karakter  anak-anak dan generasi muda. Peranan Ibu sebagai pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya, tak bisa diabaikan.

Karena itu sudah sepantasnya setiap ibu di Indonesia melek teknologi. Agar dapat mengontrol kegiatan putera-puterinya berselancar di dunia maya.

Beberapa koridor yang harus dipatuhi oleh para pengguna internet agar komunikasi di dunia maya memiliki nilai tambah positif dan bukan malah berakibat negatif.

  1. Selektiflah memilih teman.
  2. Tidak semua informasi yang beredar di dunia maya itu benar, pandailah memilah.
  3. Hindari mengakses situs “terlarang”
  4. Tempatkan internet di ruang terbuka.
  5. Hindari bertengkar di media sosial.
  6. Jangan curhat atau mengekspose masalah pribadi di internet.

 

2015-11-26 10.34.32

 

PESAN BAGI GENERASI MUDA :

  1. Jangan mudah percaya pada orang yang baru kamu kenal di dunia maya
  2. Bila ada yang mengajakmu melakukan hal yang tidak benar, jangan dituruti
  3. Beranilah berterus terang dan meminta bantuan keluarga dan orang terdekat seperti ayah, ibu, kakak dan sahabat
  4. Tegas lah menolak semua rayuan dari mereka yang bermaksud jahat
  5. Cintailah dirimu sendiri, hargai dirimu sendiri, jangan biarkan dirimu menjadi korban pelecehan dan pemerasan.
Ibu-ibu UKM dan Blogger Surabaya
Ibu-ibu UKM dan Blogger Surabaya

Workshop berlanjut pada hari kedua, yakni praktek membuat Blog yang dibimbing Mba Ani Berta selaku Blogger Profesinal dan Mas Chandra selaku praktisi dan pengamat IT di Indonesia .

Sebelumnya, pada hari pertama, Mba Ani Berta telah menjelaskan Benefit menggunakan internet dengan memilih Blog sebagai media eksistensi. Melalui Blog, pengguna internet bisa mencurahkan isi pikirannya, berbagi ide kreasi dan manfaat bagi masyarakat luas. Bahkan dari Blog juga tercipta peluang untuk mendapatkan uang yang nilainya cukup fantastis.

2015-11-27 09.28.03
Mba Ani Berta, Blogger Profesional

Mbak Ani Berta telah membuktikan, bahwa dirinya telah mampu menghidupi diri dan keluarganya dengan menjadikan Blog sebagai sumber mata pencarian yang bermanfaat dan membanggakan.

Para peserta dibuat tercengang dan hampir tak percaya, bagaimana melalui blog saja seseorang mampu berkarya dan menghasilkan uang sedemikian rupa. Namun itulah kenyataannya.

2015-11-26 14.10.47
Mas Chandra, S.Kom

Selanjutnya Mas Chandra S.Kom memberikan gambaran tentang peluang-peluang yang bisa didapatkan dari internet, serta apa-apa yang harus dihindari.

Pada sesi praktik,[ada hari kedua, suasana lebih serius namun tetap santai. Peserta sangat bersemangat mempraktikkan langkah demi langkah membuat blog dalam bimbingan Mba Ani Berta dan Mas Chandra. Dengan sabar keduanya membimbing para Ibu dari UKM dan PKK  , serta Siswa-siswi SMUN 6 Surabaya .

“Horee…blog-ku udah jadi..” pekik gembira beberapa ibu yang telah berhasil menyelesaikan tahap demi tahap pembuatan Blog .

2015-11-27 09.27.51
Antusiasme peserta hari kedua, praktik membuat Blog

“Waduh..kok bisa gini, ya..” seruan kecewa dari beberapa orang yang ternyata gagal menciptakan Blognya meskipun telah melewati beberapa tahap yang diajarkan. Untunglah ada Mas Chandra dan kawan-kawan yang ahli IT, merekalah yang membantu mengatasi masalah-masalah teknis.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan menyantap hidangan lezat dari The Garden Palace, setelah puas saling berfoto bersama dan selfie sana-sini.

2015-11-27 10.02.43
Ibu Christine, salah satu peserta dari pelaku UKM Surabaya

Semua peserta menyatakan gembira dan puas  selama mengikuti acara. namun antusiasme untuk lebih memperdalam dunia perBlog-an tak henti sampai di situ. Semua ingin lebih jauh mempelajari bagaimana cara membuat Blog dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang lebih produktif.

Terakhir, ibu Christine, salah satu peserta, berkenan berbicara di depan untuk memberikan kesan-kesannya selama mengikuti dua hari workshop tersebut dan beliau mengungkapkan kegembiraannya karena menjadi bagian dari acara yang sangat bermanfaat tersebut.

Senangnya 🙂 Alhamdulillah

 

 

 

 

 

4 pemikiran pada “Gunakan Internet dan Media Sosial Secara Bijak dan Produktif

  1. setuju mak… jangan bertengkar di sosmed, dan terlalu curhat yang mendalam di setatus, nulis baik aja..masih aja..ada yang berprasangka negatif… apalagi nulis yg jelek..menimbulkan fitnah..

    Suka

  2. Ping-balik: Surabaya Creative City Forum, Sinergi Pentahelix Masyarakat Kreatif Surabaya – Healthy Halal Lifestyle

  3. Ping-balik: 1001 Potensi Kekayaan Alam Dan Manusia Indonesia Menunggu Diledakkan Oleh Tangan-tangan Jaringan Telekomunikasi dan Informasi – Healthy Halal Lifestyle

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s