Suka salad? saya juga. Siang hari yang panas  yang bikin kehausan dan berkeringat. Lalu seseorang mengirimkan semangkuk salad. Apa yang akan anda lakukan ? Kalau saya pasti bilang “Wow, mamacih..” xixixi

Yups, saya suka sekali salad, apalagi akhir-akhir ini sedang giat-giatnya men-threat diri dengan raw-food. Alesannya  sih biar lebih sehat. Padahal mah, males masak..hahaha

Nah salad ini ada berbagai macam loh, mulai dari salad buah, salad sayur , atau campuran keduanya.
Bila anda pengikut gaya hidup Food Combining, maka ada aturan untuk memisahkan buah dan sayur. Karena enzim buah dan sayur itu bila saling bertemu akan bersifat merusak dan justeru menghambat kinerja pencernakan.

Konon, makanan yang dimakan bersamaan dengan buah (dari jenis selain buah) justeru akan membusuk sebelum proses pencernakannya berjalansempurna. Hiii.. Iya ini karena sifat enzim pada buah yang cepat sekali memproses makanan. Sementara enzim makanan lain yang bekerja lebih lambat, bakalan keteteran mengejar kinerja enzim buah ini. Nah jadi pisahkan deh salad buah dengan salad sayur.

O iya kalau saya sih lebih suka bikin salad sayur, mengapa ?  Sebab kalau makan buah,  saya tinggal memotong-motongnya dan tinggal lep gitu aja. Ngga pake dibuat salad-salad an. Praktis banget kan? hahaha tuh.. yang males masak pada ngedukung. Eits.. tapi ini alasan kesehatan loh, bukan karena males atau engga . Ngeles 

O Iya, Biasanya salad sayur saya makan di siang hari untuk menunjang menu makan siang yang saya usahakan se-sehat mungkin.Se- food combining pakem mungkin. Meski sekali-sekali atau dua-tiga-kali suka cheating juga sih. 😀

Yuk ah mulai bikin salad sayur temen makan siang ala-ala saya
BAHAN:

  1. Sebiji mentimun
  2. Sebiji Wortel
  3. Sebiji bengkuang
  4. Beberapa lembar daun selada
  5. Seperempat / sesuai selera paprika kuning
  6. Dua biji tomat atau beberapa biji tomat cherry
  7. Dua biji jeruk nipis, peras airnya dan satu biji lagi untuk mencuci sayuran
  8. Sesiung bawang merah
  9. Sesendok teh garam
  10. Dua sendok makan Virgin Coconut Oil atau  Olive Oil
  11. Tambahan bumbu sesuai selera, misal daun seledri/daun ketumbar/ basil
    (kalau saya ngga pake bumbu no 11 ini )

CARA
Cuci bersih semua bahan diatas dengan air mengalir, rendam dalam air bercampur garam selama lima menit, lalu tiriskan. Selanjutnya, rendam dalam air matang bercampur jeruk nipis, selama 5 menit lagi. Tiriskan. Pastikan semua peralatan dapur sepeti pisau, talenan, mangkuk dan sendok garpu anda dalam kondisi bersih dan kering.

O ya ada juga yang menganut cara perendaman dengan cuka apel, lalu diakhiri dengan rendaman air matang biasa. Semua bertujuan yang sama, yakni membunuh bakteri-bakteri yang bersarang di dalam semua bahan yang akan kita konsumsi.

  1. Kupas dan potong-potong  timun membentuk bentuk kubus kecil-kecil atau sesuai selera.
  2. Kupas dan potong-potong  bengkuang dengan potongan yang sebentuk dan seukuran dengan timun.
  3. Iris-iris daun selada,  tata ketiga bahan tadi di dalam mangkok, dengan cara secantik mungkin.
  4. Kupas dan serut wortel dengan alat serut khusus (murah kok alatnya), sehingga membentuk seperti mie memanjang. taburkan pada bahan yang lainnya.
  5. Potong-potong tomat, buang bagian yang berair. tata di atas bahan yang sebelumnya. Atau kalau menggunakan tomat cherry, tinggal potong jadi dua, dan ngga usah buang apa-apa pun.
  6. Potong-potong paprika dengan potongan memanjang tipis, tata di atas bahan sebelumnya
  7. Kupas dan  iris-iris tipis bawang merah, taburkan.
  8. Taburkan air jeruk nipis peras
  9. Taburkan beberapa sendok VCO atau OO
  10. Taburkan garam dan merica secukupnya
  11. Taburkan beberapa bumbu tambahan sesuai selera.

 

Taraa… inilah dia penampakan Salad sayur yang segar, cantik dan sesuai kaidah Raw Food yang sehat.

Salad ini bisa dipadukan dengan nasi merah/nasi hitam dan lauk pauk protein nabati seperti tahu tempe. Kalau mau dipadukan dengan protein hewani, skip dulu nasinya, dan beri jeda 4 jam sebelum menyantap nasi.

Gimana Guys.. mudah bingits kan?… Yuk bikin salad 🙂