Hmm…, donat bertabur cokleat atau gula warna-warni itu nampak begitu menggoda. Meski telah menghabiskan sepotong cokelat, rasanya aku belum puas kalau belum mencicipi barang sepotong donat di atas piring berwana orange yang menggoda itu. Glek! air liur tak terbendung lagi. Entah mengapa, terutama menjelang hari H-ku sepertinya aku makin tak kuat menahan godaan yang manis-manis.

Ilustrasi di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Gambaran keinginan kita terhadap makanan manis, adalah hal yang wajar dan sangat umum menyerang nafsu makan kita sedemikian hebat, hampir setiap harinya.
Wajar saja karena di dalam tubuh kita terdapat hormon Endorphin yang memberi rasa nyaman, endorphin ini berada di puncaknya  saat kita menyantap segala makanan yang manis-manis.

Kadar gula dalam jumlah sedikit tak masalah. Masalah akan timbul saat kita sudah kelebihan kadar gula. Sedangkan kita tahu bahwa hampir semua makanan prosesan mengandung kadar gula yang tinggi untuk memberi rasa manis dan lezat. Gula juga berfungsi sebagai pengawet alami makanan. Tentu tak seorangpun berharap terserang diabetes, yang merupakan pintu penyebab berbagai penyakit degenerative lain.

Apa saja Tips  supaya kita mampu mengontrol keinginan kita menyantap makanan yang manis-manis?

  1. Cari Makanan Pengganti
    Bila umumnya sore hari kita suka minum teh ditemani pisang goreng, donat, biskuit dan kue lainnya, cobalah mengganti makanan kita dengan kismis, buah mangga, pisang dan jus buah yang memiliki rasa manis alami lainnya.

    Kue manis penggoda iman dieters
    Kue manis penggoda iman dieters
  2. Cobalah Minyak Kelapa
    Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang atau Triglycerida rantai sedang (MCTs), tidak seperti Triglycerida rantai panjang yang umumnya ditemukan pada berbagai jenis tanaman, Triglycerida rantai pendek ini langsung dikirim  menuju liver/hati  untuk diubah menjadi energi. Jadi MCTs ini tidak tersimpan sebagai lemak dan tidak menaikkan  jumlah gula darah.  MCTs meningkatkan thermogenesis yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membunuh keinginan untuk menyantap yang manis-manis.
  3. Tambahkan Cuka
    Penambahan cuka pada makanan mampu menghambat pemecahan pati menjadi gula melalui kandungan asamnya. Cuka juga mengandung asam asetat yang menghalangi amylase, yakni enzim yang mengubah pati menjadi gula. Cuka juga mencegah melonjaknya gula setelah menyantap makanan, jadi bisa meredam keinginan makan yang manis selama 3-4 jam.
  4. Terangi Ruang Makan
    Ruang makan yang redup membuat kita tidak merasa bersalah saat menyantap banyak makanan. Jadi ganti lampu ruang makan anda dengan penerangan 100 watt.
  5.  Gunakan Piring Warna Biru
    Penelitian menunjukkan bahwa warna biru menekan selera makan, karena secara alamiah tidak ada warna biru dalam bahan makanan. Berbeda dengan warna merah, kuning, oranye dan hijau yang menambah selera makan

    Masak Sehat, lebih menyenangkan dan menyenangkan - documents instagram @titi_halal_healthy _kitchen
    Piring biru mengurangi nafsu makan – koleksi  instagram @titi_halal_healthy _kitchen
  6. Nyalakan Lilin Aroma Vanila
    Aroma Vanila meredakan keinginan menyantap yang makanan manis. Jika sepanjang hari kita mencium aroma vanila, yang sudah manis, maka selera terhadap makanan manis akan menurun. Sama seperti seorang koki yang memasak makanan manis sepanjang hari, pada akhirnya dia sendiri tak terlalu berselera.
  7. Lebih Aktif
    Bila keinginan untuk menyantap makanan manis demikian kuat menggoda, pergilah ke luar rumah. Ke taman, ke playground, berolah raga, bertemu banyak orang dan lain-lain. Dengan demikian keinginanmu untuk menyantap makanan manis bisa diredakan.
  8. Makan Secara Berkala
    Makanlah dengan jangka waktu yang tidak terlalu panjang sehingga tidak membuat tubuh kelaparan dan menjadi tak terkendali saat bertemu makanan-makanan manis ataupun makanan berkadar gula, lemak dan karbohidrat tinggi. Sebaiknya setiap 3 jam sekali, makanlah makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, sumber protein nabati ataupun makanan yang mengandung lemak baik.

    foto koleksi instagram @titi_halal_healthy_kitchen
    foto koleksi instagram @titi_halal_healthy_kitchen
  9. Cobalah Sedikit
    Jika keinginan untuk makan makanan manis datang, berilah lidah anda sedikit kesenangan. Makanlah sepotong kecil dan sudahilah. Puaskan diri dengan makanan lain yang lebih baik untuk kesehatan anda. Kendalikan sekitar 150 kalori saja yang masuk.
  10. Bikin Rencana Harian dan Beri Reward
    Sangat sulit melaksanakan diet bila tidak ada perencanaan yang matang. Adapun pencapaian jangka panjang sangat sulit untuk dilaksanakan. Maka rencana harian terasa lebih masuk akal. Misalnya, anda merencanakan diet bebas gula hari ini, maka aturlah menu hari ini dengan banyak makan makanan berkadar gula alami seperti buah dan sebagainya. Di akhir hari anda bisa menghadiahi diri sendiri dengan sepotong kecil kue.Selamat mencoba, jadikan hari anda lebih indah dengan hidup sehat dan pengendalian diri yang masuk akal.Inspirasi dari sini