Patah Hati?, Cobalah Makanan Ini

Apa? Patah hati bisa disembuhkan dengan makanan? Yes,  anda tidak salah dengar. Patah hati bisa disembuhkan, paling tidak dihibur dengan jenis makanan tertentu. O Really? Yepss.. Bagaimana mungkin?  Ya, mungkin saja, karena daftar makanan berikut mengandung zat-zat tertentu yang bisa membangkitkan hormon ketenangan dan kebahagiaan. Apa saja makanan tersebut? Yuk cek di sini:

  1. Pisang
    Pisang adalah makanan terbaik untuk menjaga mood anda tetap bagus. Mengapa? karena pisang merupakan sumber energi dan Trytophan yang merupakan pemicu terbentuknya hormon Serotonin. Hormon serotonin adalah hormon perasaan-gembira yang bisa meningkatkan mood-baik anda.
  2. Cokelat
    Yess!, aku sudah menduganya, pasti anda akan berkata seperti itu. Yah, sebab cokelat mengandung Andamine dan  ada pula beberapa senyawa kimia lain yang  bertahan cukup lama dalam sistem aliran tubuh Anda. Perpaduan Andamine dan beberapa senyawa tersebut sangat bagus untuk menjaga mood anda tetap baik. Selain itu, cokelat juga bagus untuk kesehatan kulit dan jantung. Cokelat yang terbaik adalah dari jenis Dark Cokelat.
  3. Strawberry
    Strawberry kaya akan Flavanoids (jenis anti oksidan) dan juga Vitamin C yang tinggi. Keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Strawberry enak dikosumsi sebagai buah saja, dan sangat seksi bila dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan seperti smoothie, jus, es krim, kue-kue dan lain sebagainya.

    Strawberry Segar, gambar dari SINI
    Strawberry Segar, gambar dari budidaya.web.id
  4. Es Krim
    Wuahh…, siapa yang ngga doyan es krim, tunjuk tangan! Bohong ah, mana ada orang ngga doyan es krim. Kucing juga tahu es krim itu enak hihihi.  Pilihlah es krim yang berkadar kalori rendah. Belakangan ini marak apa yang disebut Nice Cream, yakni es krim yang dibuat dari bahan-bahan yang lebih sehat seperti aneka buah. Strawberry, mangga, lemon, kelapa muda, blueberry, adalah pilihan yang paling digemari. Pemanis  alami seperi gula aren, madu dan stevia juga disukai . Bahkan beberapa orang mengganti gula dengan pisang. Tujuannya agar Nice Cream ini berkadar gula rendah dan aman bagi penderita diabetes atau mereka yang tak mau terkena diabetes.
  5. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan lemak nabati yang sehat. Kacang-kacangan juga mengandung Vitamin B yang bagus untuk meningkatkan mood-baik dan menjaga kesehatan  jantung secara menyeluruh. Kacang tanah (peanuts) kacang mede (cashewnuts), Almonds, dan hazelnuts adalah contoh kacang-kacangan yang paling disukai. Di Indonesia ada lagi kacang hijau, kacang merah dan sebagainya.
  6. Ikan
    Ikan kaya akan asam lemak Omega-3 yang bisa menghilangkan depressi. Indonesia kaya akan ikan laut dan ikan air tawar. Tinggal bagaimana kita saja mengolahnya menjadi makanan yang sehat dan lezat.
  7. Cabe
    Cabe mengandung Capcaisin yang membuatnya terasa membakar saat dimakan. Capcaisin ini berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, menijaga kesehatan cardio -vascular dan membantu pelepasan hormon endorphin  yang bekerja sebagai mood-booster serta membunuh rasa sakit.Jadi kalau sedang patah hati, makan cabe banyak-banyak ya, dijamin nangis,  terus hilang deh patah hatinya. Ngga ding becanda, kan harus tetap mengkonsumsi menu seimbang agar sehat jiwa raga. Nah menu-menu tersebut di atas memang lebih mengacu pada makanan enak yang bikin hati senang. Dan ternyata juga sehat bagi tubuh. Iya, kan? Iyaa doong.Nih aku kasih bonus resep Nice Cream ala aku:

    Nice Cream Lezat, gambar dari SINI
    Nice Cream Lezat, gambar dari inspiredspoons.com

    NICE CREAM KACANG MERAH  – KELAPA MUDA 
    Bahan :
    1 liter santan kental, dibuat dari kelapa parut yang diperasi dengan air matang.
    1/4 Kg , kacang merah  rebus hingga lunak dan dinginkan
    5 butir Strawberry yang telah tua
    1 1/2  ons (sesuai selera) gula aren, disisir dengan pisau  / bisa juga diganti 1 butir pisang
    1 butir kelapa muda ambil dagingnya
    1 gelas air kelapa muda
    1 ons kacang mede, sangrai dan tumbuk kasar
    1/4 batang cokelat bar diserut kasar
    sejumput garam
    sejumput vanili bubuk

    CARA
    Ambil bagian kental dari santan, tampung dalam mangkuk atau seal ware, letakkan di dalam freezer.
    Sementara menunggu, BLENDER  kacang merah/kacang hijau rebus dengan gula aren yang sudah disisir
    dan segelas air kelapa muda. Jangan campurkan seluruh air kelapa, sedikit-sedikit saja, sehingga didapatkan kekentalan yang pas. Setelah itu tambahkan pula santan yang telah sedikit membeku, garam dan vanili bubuk. Blender lagi hingga halus. Setelah halus masukkan dalam seal ware yang food grade dan masukkan dalam freezer hingga membeku. Keluarkan, blender sekali lagi dan masukkan ke dalam freezer kembali selama kira-kira 2 jam, hingga didapatkan tekstur yang dinginkan.

    Keluarkan dari freezer, sendok dengan scoope es krim , susun di dalam gelas atau mangkuk. Taburi dengan daging kelapa muda serut, taburan kacang mede dan cokelat. Hmmm… Niceee 🙂 😛

22 pemikiran pada “Patah Hati?, Cobalah Makanan Ini

  1. Pernah patah hati Mba, jaman dulu itu, aq blm tau kalo jenis makanan ini bisa menghibur hati yg patah. Hihi. Ternyata.. ini dia penawarnya! Aq paling suka tuh stroberi, cabe, dan pisang. Yg lain udah ga dibolehin dokter sementara ini. TFS,mbak Titi.

    Suka

  2. Nah, kalo kacang saya suka sejakk dulu. Kacang tanah. Hahahaha
    Tapi bukan digoreng, tapi disangrai. Tanpa minyak. Awalnya memang memuakkan karena rasanya gitu2 aja (tanpa garam). Tapi saya lama2 suka juga. Dan bagus buat cemilan. Sumber protein bangeeeet :mrgreen:

    Disukai oleh 1 orang

      1. Asalkan kacangnya jangan digoreng, itu sehat bangeeet. 😀

        Btw, MBak, blog saya bukan yang asopusitemus.com lho ya, itu domain sekarang udah expired ga saya perpanjang lagi jadinya saya balik ke asopusitemus.wordpress.com hehehe 😀

        Disukai oleh 1 orang

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s