Membangkitkan Kembali Gairah Dan Kebanggan Blogger Profesional

Pagi itu aku ngebut membelah jalanan Surabaya yang sedikit macet, meskipun di hari Sabtu. Tujuanku satu, kantor Qwords(dot)com,  yang menjadi tempat diselenggarakannya acara yang sudah ditunggu-tunggu dengan tidak sabar dalam sebulan sebelumnya. Apalagi kalau bukan #QFunBlogging7 Surabaya.  Acara ini digawangi oleh tiga Blogger yang sedang happening, Mba Shinta Rhies, Mba Haya Aliya Zaki dan Mba Ani Berta, founder Blogger Perempuan.

Gambar milik Blogger Perempuan
Gambar milik Blogger Perempuan

Menara Intiland yang terletak di jalan Panglima Sudirman, pagi itu tampak sepi, maklum bukan hari kerja. Deg-degan juga karena aku sudah telat sekitar 10 menit dari jam yang seharusnya. Setelah berjalan dan menengok ke sana-sini, nampak olehku wajah imut yang tak asing lagi, siapa lagi kalau bukan The Geek-Mom, Mba Shinta Rhies, yang baik di darat maupun di laut,  di dunia online maupun offline sama imutnya, hihihi..  Ssst..jangan bilang-bilang ke Mba Shinta yaaa.. Awas, loh ! Akupun membuka pintu kaca ruang kantor Qwords(dot)com.

Setelah cipika-cipiki dengan Mba Shinta, akupun menyusup ke barisan Bloggers lain yang sedang asyik mendengarkan Mba Haya Aliya Zaki sedang berbicara dan ‘menginterogasi’ mereka satu-persatu.

Mba Haya Sedang memberi materi di acara #FunBlogging7 - Foto Koleksi Pribadi
Mba Haya Sedang memberi materi di acara #FunBlogging7 – Foto Koleksi Pribadi

“Apa nama Facebook-nya? apa nama Tweeter-nya?, apa nama Instagramnya?”  Satu-persatu peserta #QFunBlogging7 Surabaya  yang disponsori oleh #SmarFrenWorld  dan mobil123.com itu pun menjawab, dan aku cukup kaget waktu mendengar kata :

“Mba yang baju hitam!”

“E-eh…, sayaa??” tanyaku kurang yakin

“Iya” , Mba Haya menganguk. Dan akupun menyebutkan semua akun media sosialku.

“Baik, mengapa, saya meminta teman-teman menyebutkan akun media sosialnya, karena semua itu terkait dengan Personal Branding teman-teman.” Ujar Mba Haya, yang pagi itu nampak cantik dalam balutan rok jeans warna biru gelap, blus hitam dan jilbab motif hitam-putih. Psstt..perutnya rata Bo…, pake sabuk gede gitu, keren deh…

Selanjutya, materi tentang personal branding, konten blog, dan EYD dikupas tuntas oleh Mba Haya yang telah meraih berbagai prestasi yang cukup ‘mencengangkan’  dalam dunia per-blog-an. Gimana tidak, dari hasil nge-blog saja, mba Haya telah berhasil menjadikan blognya sebagai tambang uang, yang nilainya tidak ecek-ecek Boo. bikin iri bin dengki kagak, sih? Ehh..tapi iri dengki itu kagak boleh loh. Yang boleh adalah , kalau kita terinspirasi dan bersemangat untuk meraih prestasi yang sama, itu baru. syah! xixixi..lanjut, Maaang.

Mas Frenavit dari Qwords(dot)com - Foto Koleksi Pribadi
Mas Frenavit dari Qwords(dot)com – Foto Koleksi Pribadi

Setelah itu, Mas Frenavit Putra mewakili Qwords(dot)com memberikan sambutannya. Mas Frenavit menjelaskan Company Profile kantornya  sebagai  Web-hosting dan penyedia layanan domain serta segala yang berhubungan dengan web developing. Tentunya hal ini sangat menggembirakan para blogger, terutama blogger gaptek seperti Eikeh. Nutup muka.

Maaf Mba Shinta Rhies, saya ngga punya Foto Mba Shinta yang sendirian
Maaf Mba Shinta Rhies, saya ngga punya Foto Mba Shinta yang sendirian

Seusai  I-sho-ma, acara yang disponsori oleh #SmartFrenWorld  , mobil123.com dan Qwords.com  ini dilanjutkan oleh Mba Shinta Rhies yang mengupas masalah-masalah teknis per-blogan. Mulai dari Lay-Out Blog, hingga SEO. Para peserta yang sudah mulai rileks, berubah dari tekun menyimak, menjadi aktif nyeletuk, hihihi. Terutama Pak Dhe Abdul Cholik yang datang jauh-jauh dari Jombang. Beliau banyak sekali protes dan meledek peserta lain. Hasilnya, baik pembicara maupun peserta jadi saling melempar joke. Ger-geran pun tak henti menyelingi materi teknis yang mustinya bikin mumet itu, membuatnya menjadi seru dan menyenangkan.

Tak lupa, salah satu perwakilan dari mobil123.com turut memberikan informasi seputar jual beli mobil melalui situs mobil123.com. O, ya mobil-mobil yang diiklankan di situs jual beli mobil baru dan seken berkualitas tersebut  harus melewati tahap survey dan verifikasi loh. Meski untuk membuka lapak di situs tersebut tidak dikenakan biaya alias free charge.

Nah, bagi para Bloggers dan masyarakat umum yang pengin beriklan di mobil123.com, tinggal ikuti aja langkah-langkahnya di sini.   O iya, di situ semua langkah-langkah pembuatan akun, cara agar akun kita terverifikasi, cara menghitung point,  hingga tips cara aman bertransaksi semua  tealh dijelaskan secara mendetail. Kalau iklan kita mau muncul dihalaman pertama dan diurutan atas situs tersebut, ada lah biaya maintenance nya. Bisa deh ditanyakan langsung di CS mobil123.com yang nomornya  ada  di akhir halaman tersebut .

 

Saat Mba Ani Berta tampil menceritakan pengalaman dan pencapaiannya di dalam monetizing blog, para peserta semakin terpana. Di samping itu, ada rasa haru,  karena Mba Ani ini adalah salah seorang relawan dalam salah satu program oleh Kementerian  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selain itu,  mba Ani juga seorang Duta AUS  Aid dalam beberapa program liputan untuk daerah Indonesia Timur. Duuuh.. cakep banget, kan?

Mba Ani Berta- Foto koleksi pribadi
Mba Ani Berta- Foto koleksi pribadi

Ya, menurut filosofi Mba Ani Berta “Lakukanlah  sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang lain, bukan fokus mencari sesuatu yang bisa dijual. Karena rezeki akan datang sendiri di saat ada niat baik dan tulus”  Duh…, dalem deh.

Hiks..hiks..berasa banget kalau aku dan blog-ku ini bukan apa-apa dibanding ketiga ‘Blogger Cetarrr’ yang sudah memberi manfaat pada banyak orang sekaligus menuai pundi-pundi Rupiah sebagai feed-back kerja keras dan kerja ikhlas mereka . Standing Applaus .

Baiklah, aku tidak boleh menyerah! Harus banyak belajar dan terus bersemangat nge-blog. Mulai saat itu, gairah dan kebangganku untuk menekuni dunia per-blog-an semakin berkobar. Mataku semakin terbuka, bahwa Blogger adalah karir profesional yang mampu menghidupi pelakunya. Dan yang lebih penting, lewat tulisan-tulisan yang bermanfaat dari blog kita, kita bisa menginspirasi dan memberi arti bagi orang lain. Semangat!  Hidup Blogger Profesional. #GoForIt 

 

Semua peserta FunBlogging7, foto koleksi Mba Shinta Rhies
Semua peserta FunBlogging7, foto koleksi Mba Shinta Rhies
pemenang door price "paling banyak nanya" :D
pemenang door price “paling banyak nanya” 😀
Para peserta yang datang dari tempat terjauh
Para peserta yang datang dari tempat terjauh

 

25 thoughts on “Membangkitkan Kembali Gairah Dan Kebanggan Blogger Profesional

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s