Kode Warna Sayur-Buah dan Kandungannya

Tuhan menganugerahkan kita,  alam yang demikian sempurna. Secara alamiah, tetumbuhan (sayuran dan buah-buahan)  memiliki  berbagai warna yang berbeda. Apakah warna-warna tersebut sekadar hiasan keindahan semata? Tidak, ternyata dalam setiap warna yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan, ada kandungan zat-zat tertentu yang luar biasa manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Membandingkan makanan alamiah dengan makanan yang telah diproses dan dikemas, tentu tidak sama. Dalam makanan kemasan, kandungan nutrisi atau zat lain dalam makanan telah dicantumkan dalam label, lengkap dengan prosentasenya masing-masing. Dalam makanan alami, kita tak bisa memperoleh label tersebut, dan butuh usaha lebih untuk merancang menu dengannya. Tapi..kalau demi kualitas hidup yang lebih sehat, why not?

 Lewat warna-warna tersebutlah Tuhan menitipkan kandungan nutrisi yang berbeda-beda, dengan manfaat masing-masing yang luar biasa. Berikut warna-warni sayuran dan buah-buahan serta kandungan dan fungsinya.

Gambar dari SINI
Gambar dari blog.marabu.bg/
  1. Merah
    Warna merah adalah warna paling menarik dan menggugah selera makan. Dalam sayuran dan buah-buahan, warna merah mengindikasikan kandungan Lycopen yang merupakan senyawa pencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Warna merah juga berarti kandungan folat, Vitamin C dan Flavanoid  yang berfungsi meredakan peradangan. Semangka, jambu merah, jeruk bali merah, tomat dan parika merah, merupakan sumber nutrisi-nutrisi tersebut di atas. O ya, Anda juga mengenal buah cranberry yang berwarna merah. Uniknya warna merah yang terkandung dalam buah cranberry bukan berarti ada kandungan Lycopen, melainkan Antocyanin.
    Buah ini juga mengandung tanin yang berfungsi untuk menghentikan bakteri-bakteri yang menyerang dinding-dinding sel 
  2. Oranye / Kuning 
    Sayuran dan buah yang berwarna oranye atau kuning memiliki kandungan beta-carotene yang tinggi. Beta-carotene ini bagus untuk menjaga kesehatan mata, selain itu beta-carotene juga merupakan pembangun sistem imunitas tubuh. Sayuran dan buah yang mengandung beta-carotene antara lain : wortel, labu kuning/ oranye, ubi kuning / oranye, aprikot dan mangga. Sebenarnya ada jenis sayuran lain yang mengandung beta-caroten seperti swiss card (semacam selada berbatang merah/kuning) dan bayam merah, tetapi karena kandungan clorophyl nya juga tinggi, maka warna dominannya adalah hijau.
  3. Hijau
    Sayuran  berwarna hijau mengandung Lutein yang tinggi. Lutein berfungsi untuk mencegah penurunan fungsi fokus pandangan mata sekaligus mencegah katarak. Sayuran hasil persilangan seperti brussel sprouts (semacam kubis), kale (semacam selada keriting) dan brokoli juga membantu mengeliminasi tumpukan racun dalam tubuh penyebab kanker. Sayuran hijau juga mengandung vitamin K, pottasium, carotenoidasam mak Omega-3, dan asam folic. Para penderita tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk menyantap banyak sayuran berwarna hijau.
  4. Putih
    Sayuran berwarna putih semacam bawang putih, bawang merah, daun bawang, bunga kol (brokoli putih) mengandung Allicins yang berfungsi untuk memerangi sel kanker, meningkatkan kesehatan organ cardiovascular dan mencegah penularan bakteri dan virus.
  5. Biru / Ungu
    Nih, buat siapa saja yang pengen tampak muda bersinar, konsumsilah banyak sayur buah berwarna gelap. Dalam sayuran dan buah berwarna gelap seperti biru tua atau ungu tua terdapat banyak kandungan Anthocyanin yang merupakan anti oksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan peredaran darah, meningkatan kesehatan otak, serta mecegah penuaan dini, serta mencegah terjadinya kanker. Blueberry, Blackberry, plum, anggur merah, kubis ungu adalah di antara makanan-makanan pilihan untuk membuatmu sehat dan senantiasa awet muda.Meski ada sebagian ahli kesehatan yang menganjurkan diet dengan satu warna makanan saja untuk penderita penyakit tertentu, namun makanan dengan variasi warna masih sangat dianjurkan. Kita tak tahu darimana sumber anti oksidan terbaik yang bisa diterima oleh tubuh kita. Dengan mengasup makanan yang bervariasi warnanya, kita justeru akan memperoleh vitamin dan nutrisi yang lebih lengkap. Warna-warna makanan juga meningkatkan gairah makan yang berarti baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Sama baiknya bila kita menambah gairah makan dengan menggunakan aneka PERALATAN DAPUR yang cantik dan berwarna-warni . Karena sudah menjadi pembawaan manusia yang cepat bosan dan suka dengan sesuatu yang segar dan berwariasi. Jadi warna-warni menjadi pemicu gairah makan dan gairah hidup. Setuju??

21 pemikiran pada “Kode Warna Sayur-Buah dan Kandungannya

  1. mmm…ada hubungannya dengan kondisi badan ya mbak. kadang saya kl lagi kurang enak badan pingin makan apaaa gitu. misal lagi mau flu pinginnya makan yg merah. lha ini suami matanya lg kabur, minta jus brokoli terus pdhl di sini lg nggak ada.

    Suka

    1. Kalo gitu dibikinin juswortel aja Mba, suaminya. O ya bisa jadi pas kondisi tubuh mau flu pengen yang anget-anget gitu..itu mungkin cara Tuhan memberi kita sinyal apa yang sedang dibutuhkan tubuh kita Mba

      Suka

  2. arintasetia

    Setelah berkunjung ke blog ini saya jadi dapat wawasan baru tentang manfaat warna dalam sayur2an atau buah2an. Sanagt menarik ternyata apalagi bagi pelaku diet sehat atau para vegetarian. Bolehnih dicoba.
    Makasih mbak artikelnya. Sangat bermanfaat 😀

    Suka

  3. arintasetia

    Setelah berkunjung ke blog ini saya jadi dapat wawasan baru tentang manfaat warna dalam sayur2an atau buah2an. Sanagt menarik ternyata apalagi bagi pelaku diet sehat atau para vegetarian. Bolehnih dicoba.
    Makasih mbak artikelnya. Sangat bermanfaat

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s