I Like Potatoes O La La

Hampir semua orang menyukai kentang. Sumber karbohidrat yang satu ini memang enak dimasak dengan cara apa saja, mau dikukus hayuk, dijadiin schotel uhhh..yummy!! ..dibikin french fries o..so delicious. Kentang juga mengandung cukup serat dan merupakan salah satu sumber vitamin C dan D. Namun begitu, kentang juga mengandung kadar glikemik yang cukup tinggi.

Nah, Anda tentu ingin menyajikan kentang dengan cara terbaik demi kesehatan orang-orang yang Anda sayangi, bukan? Berikut ini beberapa cara memasak kentang yang lebih sehat:

kentang-cara-masak-sehat
Kentang, gambar dari sini

1. Au Gratin Potatoes

Kadangkala kita tidak menjadikan kentang sebagai hidangan utama. Maka Au Gratin Potatoes ini adalah hidangan yang tepat sebagai pelengkap menu makan siang atau makan malam.

Bahan yang  dibutuhkan, : Kentang, keju, butter dan krim  (cheese cream, atau sourcream).

Kupas dan iris kentang, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, letakkan keju, butter dan krim di sebuah loyang, lalu selip-selipkan irisan kentang diantaranya. Panggang dalam suhu sedang selama lebih kurang 30 menit atau sampai kentang terlihat telah matang dan krim-keju telah berbuih.

2. Mashed Potatoes

Mashed potatoes atau kentang yang dihaluskan (puree) adalah cara yang umum untuk menyajikan kentang. Bahan yang dibutuhkan adalah : Kentang yang berwarna keemasan dan susu. Bila anda tak memiliki kentang yang berwarna keemasan, maka gunakan saya ubi orange (sweet potatoes) , atau sembarang kentang yang anda punya.

Caranya :  Rebus kentang dalam air garam, bila sudah matang, haluskan kentang dan letakkan di dalam panci yang panas, tambahkan susu panas ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercipta tekstur yang cukup kental.

3. Baked Potatoes

Kentang panggang adalah salah satu cara yang sehat dan lezat dalam menyajikan kentang, anda bahkan tidak perlu mengupas kulitnya. Karena kulit kentang tidak mengandung kalori atau lemak sama sekali. Taburkan beberapa macam bumbu seperti oregano, basil dan merica serta sedikit garam bila suka, atau biarkan saja tawar. Setelah matang, belah kentang dan sajikan bersama plain Greek yogurt,keju dan krim. Jika takut dengan kalori atau lemak, hilangkan saja keju dan krimnya.

4. French Friesh

Lhoooo….French friesh kan ngga sehattt?? Ya..benar jika itu melibatkan banyak sekali minyak goreng. Namun anda dapat membuatnya menjadi lebih sehat dengan cara memanggangnya. Caranya, potong-potong memanjang kentang yang kuning besar, buat potongan korek api besar, lalu letakkan di dalam loyang, semprotkan olive oil atau virgin coconut oil, tambahkan garam, dan sedikit merica, bahkan bisa juga ditambahkan sedikit cacahan seledri atau oregano untuk memberi rasa eksotis, lalu panggang dalam suhu 180 derajat selama kurang lebih 25 menit atau hingga kentang terlihat matang.

Kentang goreng, gambar dari sini
Kentang goreng, gambar dari sini

Bagaimana?, mau mencoba? Hmm.. kayaknya asyik tuh untuk di coba, yuk jadikan menu baru minggu ini untuk akhir pekan bersama keluarga .

Inspirasi dari sini

8 thoughts on “I Like Potatoes O La La

  1. Saya sukaaaa kentang banget nget nget 😆

    Kentang dan umbi-umbian yang lain seharusnya sudah saatnya jadi makanan pengganti nasi. Jangan lupakan jagung juga. Terutama umbi2an seperti ubi atau singkong yang ungu itu tuh, apa ya namanya, sangat baik untuk pertumbuhan anak2. Ya kan Mbak? 😀

    Tapi sayang harga umbi2an masih relatif lebih tinggi daripada beras.

    Disukai oleh 1 orang

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s