Apa Perbedaan Nge-Juice dan Nge-Blend ?

Banyak pakar kesehatan yang membicarakan tentang manfaat nge-juice (membuat jus) dan nge-blend (membuat smuti ). Baik jus (juice) maupun smuti (smoothie) memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Biasanya yang dibuat sebagai jus dan smuti adalah dari jenis buah-buahan dan sayur-sayuran. Membuat jus dan smuti dari buah dan sayur, selain menjadikannya  mudah dicerna, rasanya juga lezat.

Kebanyakan orang berpikir bahwa baik jus maupun smuti mengandung nutrisi yang sama, tapi hal ini tidak sepenuhnya benar.

 

Nge-Jus (Juicing)

Kelebihan jus, dibanding smuti adalah, kita akan mendapat lebih banyak konsentrat mineral, enzim dan vitamin. Beberapa pakar juga menganggap bahwa jus lebih muda diserap oleh tubuh dan lebih muda dicerna oleh lambung karena mengandung lebih sedikit serat. Saat sistem pencernakan berhenti bekerja, maka bagian tubuh yang lain akan fokus dalam upaya penyembuhan (self healing). Selain itu, bila kita menggunakan slow juicer, maka akan mengurangi kerusakan vitamin, enzim dan mineral akibat gesekan mata pisau alat juicer dibanding blender.

juices. gambar dari sini
juices. gambar dari sini

Kekurangan jus, adalah hilangnya banyak serat . Serat  merupakan asupan sehat, kekurangan serat bisa meningkatkan  jumlah  kolesterol dan gula darah. Selain itu serat  juga penting untuk juga mencegah kosntipasi (susah BAB) dan masalah pencernakan lain. Antara 10- 12 % antiosidan ikut terbuang selama proses juicing . Anti oksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Jus juga membuat tubuh mengirim gula ke pembuluh darah lebih cepat dibanding smuti. Hal ini berarti menyebabkan problem diabet. Selain itu, mengkonsumsi jus membuat kita lebih cepat lapar dibanding mengkonsumsi smuti.

Nge-Blend (Blending, making smoothies)

Kelebihan nge-blend/blending/making smoothies adalah, anda mendapatkan seluruh bagian dari buah/sayur dan tidak membuang bagian-bagian pentinnya seperti mineral, enzi, vitamin dan serat. Mengkonsumsi smuti tidak menyebabkan masalah  gula darah, karena adanya serat/fiber. Smuti/smoothies juga tergolong mudah untuk dicerna dan mengenyangkan untuk waktu yang lebih lama.

smoothies
Smoothies, gambardari sini

Kekurangan smuti adalah membuat perut kekenyangan dan menimbulkan banyak gas, bila anda salah dalam mengkombinasikan buah/sayur  yang di blender atau bila tubuh anda belum familiar terhadap jenis buah/sayur tertentu. Selain itu, smuti mengandung lebih sedikit konsentrat dibanding jus, jadi anda harus banyak minum air putih untuk menseimbangkannya.

 

Baik jus maupun smuti, keduanya adalah termasuk dalam menu makanan sehat yang bisa anda selang-seling dan sangat dianjurkan dalam diet sehat, selain makan buah potong dan sayur  mentah (raw food) . Kombinasikan juga juga dengan sumber makanan sehat lain, secara tepat baik  waktu konsumsi, cara konsumsi maupun padu padan makanan *)

Selamat Hidup sehat

 

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s