Mungkin anda heran mengapa tubuh anda cepat lelah, sering mengantuk, pusing, mudah marah dan sulit berkonsentrasi. Bahkan kulit anda menjadi kasar dan bau badan tak mau hilang. Sebagian orang menyalahkan usia yang semakin bertambah. Padahal sebenarnya semua itu ada hubungannya dengan kesehatan tubuh dan pikiran kita. Yang ditentukan dengan pola hidup dan pola makan, tentunya.

Kesehatan tubuh, dalam hal ini ditentukan oleh metabolisme tubuh kita. Sehat tidaknya metabolisme tubuh dimulai dari lancar tidaknya proses di dalam pencernakan kita.

Sementara banyaknya beban pikiran seperti tugas kantor yang menumpuk, persoalan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, hingga masalah dengan teman, anak, maupun pasangan bisa jadi merupakan pemicu stress yang juga berimbas pada kelelahan mental dan fisik.

Untuk itu, mulailah anda me-reset hidup anda dengan melakukan detoks baik untuk tubuh maupun pikiran anda.

tongkol panggang saus tomat2
Beban kerja ditambah makanan yang kurang sehat seringkali meumpuk racun bagi metabolisme tubuh dan ketenangan pikiran.
  1. Puasa
    Puasa berarti menghentikan asupan makanan dan minuman sehingga alat pencernakan total beristirahat. Dengan memberi kesempatan pencernakan untuk beristirahat berarti anda telah membangkitkan hormon-hormon imun tubuh yang bekerja keras mengeluarkan racun-racun yang sekian lama menumpuk akibat banyaknya makanan yang tidak tercerna dengan sempurna.
    Bagi umat Islam, puasa juga sekaligus berarti menahan diri dari hal-hal buruk seperti marah, bergunjing, berpikir negatif dan lainnya. Hal ini berimbas pada rasa pasrah dan tenang.

    detoks dengan puasa
    detoks dengan puasa, gambar dari sini
  2. Membersihkan Pikiran
    Ini adalah rangkaian point pertama. Membebaskan diri sejenak dari masalah  bukan berarti melarikan diri dari persoalan. Berikan waktu santai bagi diri anda sendiri dengan sejenak berjalan-jalan ke pantai, ke gunung, atau sekadar jogging di pagi hari. Lebih bagus lagi bila anda melakukan meditasi atau berdiam diri dan menarik nafas panjang dalam posisi duduk yang tenang. Bagi umat Islam, cara terbaik untuk bermeditasi adalah dengan Shalat dan menghadap Sang Khalik, lalu diringi dengan dzikir dan doa. Shalat Tahajjud adalah meditasi terbaik karena anda bisa langsung menumpahkan segala beban dan kepenatan hidup dengan cara mengadu pada Allah di saat DIA turun ke langit dunia di sepertiga akhir malam.

    Shalat sebagai meditasi, gambar dari sini
    Shalat sebagai meditasi, gambar dari sini
  3. Bergeraklah
    Mulailah bergaya hidup aktif dengan rajin berolah raga dan mengerjakan tugas-tugas harian yang menuntut tubuh anda bergerak. Jalan pagi, lari pagi, bersepeda, berenang, tennis, senam, yoga, pilates banyak pilihan. Pilihlah jenis olah raga yang paling tepat untuk kondisi tubuh anda dan rutinlah melakukannya. Anda akan melihat perubahan yang signifikan pada kesehatan fisik dan psikis anda.

    Olah Raga, membuat tubuh bugar dan sehat. Gambar dari sini
    Olah Raga, membuat tubuh bugar dan sehat. Gambar dari sini
  4. Detoks Dengan Seminggu Penuh konsumsi Buah dan Sayur
    Rencanakan hari detoks anda saat amda tidak terlalu banyak tugas kantor atau rutinitas lain yang menuntut aktifitas fisik dan psikis yang berat.
    Mulailah dengan satu minggu khusus mengkonsumsi buah secara ekslusif atau kombinasi buah dan sayur dengan memperhatikan siklus kerja enzym tubuh     anda *)

    apel malang, foto dari instagram @titi_halal_healthy_kitchen
    apel malang, foto dari instagram @titi_halal_healthy_kitchen