Naik Kereta Api, Tut..tut..tuut…

Pukul 05. 30 WIB aku sudah sampai di stasiun kereta api Gubeng. Hari ini aku akan bepergian ke kota Malang, yang jaraknya sekitar dua jam perjalanan dengan kereta api. Sepagi itu, suasana di stasiun sudah ramai. Banyak penumpang yang duduk-duduk di kursi tunggu, banyak juga yang berlalu lalang.   Porter stasiun menawarkan jasa angkut barang, sayangnya tas jinjingku hanya kecil saja, jadi aku tak bisa memberi mereka tugas mulia hehehe.

Stasiun Kereta Api Gubeng Surabaya
Stasiun Kereta Api Gubeng Surabaya

Beberapa hari sebelumnya aku sudah Googling dan.mendapati, jadwal kereta api Surabaya Malang hanya ada dua kali, yakni pukul 06.20 dan.pukul 23.20 an deh kalo ngga salah. So, aku pilih pergi pagi aja, lebih aman dan suasana masih fresh.

O ya sebagai pengguna jasa kereta, aku cukup senang dengan.peningkatan pelayanan yang dilakukan PT. KAI Indonesia, mulai dari layanan pembelian tiket online, baik melalui website PT. KAI sendiri maupun lewat travel agen. Selanjutnya kita bisa mencetak tiket sendiri atau Cetak Mandiri di stasiun kereta yang bisa kita lakukan maksimal 1 jam sebelum keberangkatan. Jadi kita ngga perlu bolak-balik ke stasiun.  Oya proses pencetakan tiket ini mudah sekali Kita tinggal datang ke stasiun,

Konter Cetak Tiket Mandiri
Konter Cetak Tiket Mandiri

1) cari konter Cetak Tiket Mandiri,

2). masukkan.kode booking di layar monitor yg tersedia, tunggu sampai..

3) Keluar diskripsi pemesanan tiket, misalnya disitu aku pesan 1 tiket, maka tertulis namaku, nomor identitasku, tujuan.perjalananku, dan nomor kursiku. Jika kita sudah yakin data tersebut cocok dg kita, tinggal..

4) klik opsi cetak, dan tiket kita segera tercetak di mesin printer yang tersedia di sebelah monitor.

5). Tunggu sampai proses cetak selesai, dan sobek batas tiket kita secara hati-hati. Selesai.taraa…

Ok deh lanjut yuk laporan pandangan mata… Terus di stasiun kereta api tuh tersedia semua fasilitas penunjang kenyamanan dan.keamanan bepergian. Minimarket yg buka 24 jam, kafe-kafe dan bakery yang buka sejak pukul 05, atm beberapa bank terkemuka, hingga mesin penjual minuman otomatis. Beberapa konter pelayanan tersedia juga seperti konter pembelian tiket ditempat, konter pemesanan tiket untuk kepergian pulang pergi, konter bantuan pencetakan tiket bagi yang belum terbiasa mencetak tiket secara mandiri.dan ada juga ruangan Customer Service .

Ah …sayang hari itu kereta sedikit molor dari jadwal yang tertulis, jadi aku jajan-jajan dululah di kafe penjual donat yang terkenal itu. Bekal buat perjalanan, siapa tahu ntar lapar, ya…..    .padahal di rumah udah ngemil pisang.. :-P.

Kafe Donat
Kafe Donat

OK baiklah..kita masuk melalui gerbang pemeriksaan tiket, lalu terhamparlah ruang tunggu dalam yang nyaman, dengan taman-taman yang bersih di sampingnya, dan…alih-alih PT.KAI memutar kaset lagu untuk menghibur calon penumpang, mereka justeru menghadirkan live music, sekelompok. band bernyanyi

Getbang pemeriksaan tiket
Gerbang pemeriksaan tiket

membawakan.lagu-lagu klasik Koes Plus dengan irama pop gambus atau pop klasik ya. Pokoknya nyaman ditelinga.

Live Music
Live Music.

Nah berhubung kereta jurusan Malang- Surabaya sudah datang, akupun bersiap naik ke gerbong. Sebelum masuk gerbong, aku sempat menyaksikan apel pagi para kru kereta api yang terdiri dari kepala kondektur, pramugari yang cantik-cantik, pramusaji  yg lumayan-lumayan, dan petugas keamanan yang ganteng-ganteng hihihi. Sayang posisiku ngga pas untuk mengambil gambar mereka. Nah yuk sekarang ikut aku masuk kereta.

Suasana di dalam gerbong kereta api eksekutif jurusan Surabaya -Malang, cukup rapi sih, tapi pas masuk..ahemmm…bau toiletnya Makkkk.. Hampir saja aku melayangkan surat terbuka sebagai kecaman pd PT.KAI yang ngga memberikan pelayanan yang seimbang antara pelayanan di darat dan di laut, eh maksudku…di darat dan di atas kendaraan (soalnya sebelumnya aku sudah mencoba fasilitas toilet gratis di stasiun yang bersih dan wangi).

Aku sampai nutup hidup selama beberapa waktu, geram juga sih…. Etapi tak berapa lama datanglah dua mas-mas petugas Cleaning Service yang rajin-rajin dan segera,membersihkan ruangan kabin eh gerbong kereta, dan kemudian pasti mereka membersihkan kamar mandi juga. ( Kuharap sih..soalnya aku belum mengecek. Bau pesing toilet udah kalah ama wangi pengharum lantai yang dipakai untuk mengepel lantai gerbong).

Terus pramusaji wara-wiri menawarkan.makanan, tapi harus beli loh ya..bukannya gretongan 😛 .

Dan terakhir sekali..datanglah rombongan kondektur berseragam bak kru pesawat terbang, memeriksa karcis sambil dikawal 1 petugas administrasi, 1 satpam atau apa ya namanya..dan 1 polisi berseragam lengkap dengan senjata laras panjang…Diihhh ngeri ngga sih? Engga..juga soalnya wajah Mas Polisinya paling imut diantara mereka semua hihihi…aku ngga memotret mereka loh..sungkan gitu…..

Ya udah deh, aku mau menikmati pemandangan sawah dan desa yang terhampar silih berganti di kanan kiri jalan, sambil ngemil donut….sampai jumpa di kota Malang…

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s