Digerebeg Chef Ken dan Team SunCo, Asyik Loh, Rek

Siang itu Surabaya panas, dan udara pas sumuk pol !. Berhubung rumah sedang sepi, dan aku sendirian di rumah, maka aku undang teman-temanku Mba Nining, alias Dwi Sari dan Mba Yuniari Nukti ke rumah. Apalagi kalo ngga buat nememin aku sekaligus bantuin ngerancang menu buat arisan besoknya.

Obrolan kami seru banget seputar  menu sehat khas Suroboyo nan segar menggoda. Ummm.. masak apa ya? Gado-gado? Soto Lamongan? atauu.. tahu campur?? rada bingung juga sih saking banyaknya kuliner khas Suroboyo yang berseliwern di benak kami.

Lagi asyik-asyiknya ngerumpiin menu sehat dan segar, tetiba pintu diketok seseorang… duhh.. Siapa ya?…  Ow WOW coba tebak, siapa yang berdiri di depan pintu rumahku?

Sosok tinggi, putih, kepala plontos dan.. cakepp…. Chef KEN !!! olalaa..

Digerebek Chef Ken dan team #GerebegDapurSunCoSBY - foto milik Chef Ken Management
Digerebek Chef Ken dan team #GerebegDapurSunCoSBY – foto milik Chef Ken Management

“Chef Ken?!!!, loh ada apa nih? ” kagetku , ngga salah nih ada seleb datang ke rumahku? Secara.. aku kan belom jadi seleb juga hehehe.

“Selamat siang, saya sedang mencari rumah Mba Titi.. apa benar ini rumahnya?”

“Betul, dengan saya sendiri…” exited plus penuh tanda tanya,

“Perkenalkan sebelumnya, Saya Chef Ken dari acara #GerebegDapurSunCo, siang ini saya mau nge-gerebeg dapur Mba Titi, sekaligus mau masak buat makan siang,boleh?”

“OMG !! mimpi apa aku semalam? tentu boleh dong Chef, seneng bangetttt sayanya mahhhhh!!”

“Ok, saya juga bawa sendiri bahan-bahannya.. boleh saya masuk?”

“Oh.. boleh-boleh, silakan, kebetulan nih saya sedang kumpul-kumpul sama teman-teman saya, mari saya kenalkan..”

Dan bisa ditebak deh, gimana reaksi kedua temanku ketemu seleb ganteng yang pinter masak. apalagi kalo bukan kegirangan, lantas nodong selfie bareng alias Welfie, hihihi…

Usai berwelfie-ria, kamipun menuju dapurku, dan chef Ken segera beraksi.  Hari itu, Chef Ken mau memasak  STEAK DORI SAUS SALSA. Chef pun segera menjelaskan bahan-bahan apa saja yang harus dipersiapkan, lalu mulailah acara memotong, mengiris, melumuri bumbu dan sebagainya. Adegan memasak itu tentu saja tak lepas dari gangguan kami bertiga yang terus bertanya ini-itu yang penasaran dengan menu yang jarang-jarang kami temui itu. Tak lupa Mba Nining dan Mba Yuni potret sana-sini dari berbagai angle, lalu langsung sharing ke tweeter, biasalah seleb MedSos ini hahaha.

Kapan lagi Welfie bareng selebriti chef? foto koleksi team SunCo
Kapan lagi Welfie bareng selebriti chef? foto koleksi team SunCo

 

O ya karena acara ini disponsori oleh minyak goreg SunCo, maka… ngga lupa Chef Ken juga menjelaskan tentang ciri-ciri minyak goreng yang baik. Diantaranya, bening, tidak mudah menghitam, tidak serik di tenggorokan, dan tidak tertinggal di dalam masakan, sehingga masakan lebih crunchy dan ngga cepat melempem. Hmmm panteslah.. karena ternyata minyak goreng  SunCo ini dibuat dari kelapa sawit segar yang diproses tidak lebih dari 24 jam setelah dipetik dari pohonnya. Selain itu minyak goreng  SunCo melalui tiga kali proses penyulingan sehingga didapatkan minyak goreng yang bening.

Lebih jauh lagi, untuk mengetahui kualitas minyak goreng SunCo ini, bisa dilakukan uji ORGANOLEPTIK, yakni meminum sesendok teh, minyak SunCo ini. Nah yang kebagian mencicipi minyak goreng SunCo ini, siapa lagi kalo bukan si cantik Mba Nining. Kapan lagi disuapi Chef Ken, ya kannn…!!!

Mbak Yuni dan Mba Nining yang ceria ngga henti-henti mengganggu Chef dengan pertanyaan-pertanyaan yang lucu sekaligus cerdas, hingga Chef  Ken kuwalahan dan kami  banyak tertawa di sela-sela proses memasak.

MakYuni kepoin Chef Ken melulu- foto koleksi pribadi
MakYuni kepoin Chef Ken melulu- foto koleksi pribadi
Ngapa ekspresi gue kaku banget deket-deket seleb cakep yak hahaha

O iya, kami juga banyak dapat ilmu dan tips dari Chef Ken loh, diantaranya,  mengapa harus ikan Dori sebagai bahan utamanya STEAK ini ? Alesannya, karena ikan adalah bahan makanan berprotein tinggi namun rendah kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain  ikan dori itu ngga berbau amis, sehingga ngga merusak selera makan. Bahan lain adalah kacang yang disangrai lalu diblender kasar untuk melaburi ikan, bersama putih telur dam tepung tapioka. Nah unik, kan? biasanya kalo membalur ikan tuh palingan cuma tepung terigu dan tepung roti, kan? Nah ini beda…

Terus untuk bahan SAUS SALSA, Chef mencampurkan irisan tomat, irisan bombay dan bumbu-bumbu dengan air jeruk lemon. Dan ngga perlu dimasak lagi. Hmmm..kebayang kan segar dan sehatnya.. secara saus yang terinspirasi dari menu Latin ini bisa disebut RAW FOOD, ya kan?.  Menu ini dihidangkan  bersama kentang rebus yang kemudian ditumis sebentar dengan bumbu tertentu. Low Carbo gitu lah ceritanya. Pas bingits kan buat yang pengen diet? *nunjukhidungsendiri nyahaha…

 

Hmmm… MAKANAN  SEHAT DAN BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG. itulah tema masakan kali ini, pantesan…

Nah aku yang kebagian tugas menemani  Chef Ken menggoreng kentang dan ikan, jadinya ngga sempat ambil gambar sama sekali hiks… jadinya kebanyakan photo di sini aku pinjam dari Mbak Nining dan team dapur SunCo hehehe.

Steak Dori Saus Salsa ala Chef Ken. Foto kolrksi pribadi
Steak Dori Saus Salsa ala Chef Ken. Foto koleksi pribadi
Makan Yuukkk-foto koleksi pribadi
Makan Yuukkk-foto koleksi pribadi

Pasti Emaks penasaran kan,  dengan  RESEP STEAK DORI SAUS SALSA ini? Jangan kuatir nih dia, resepnya, taraaa….

BAHAN :

1 ekor ikan DORI yang difillet dan dicuci bersih, bagi menjadi 4 potong

2 butir lemon segar (pilih yang kulitnya mengkilap, tanda masih fresh)

3 butir tomat

2 butir telur ayam (ambil putihnya aja)

1/2  butir bawang bombay

2 biji  cabe  merah besar

4 biji cabe rawit

1/4 kg kacang tanah sangrai, blender kasar, setengah halus

1 cangkir tepung tapioka

segenggam daun ketumbar cincang kasar

segenggam daun mint cincang kasar

minyak goreng SUNCO donngggg pastinyaaaa

 

BUMBU HALUS KERING

  • merica hitam
  • parsley cincang halus

  • bubuk kari / curry powder

  • gula,

-garam

CARANYA:

Lumuri ikan dori dengan air perasan lemon dari 1/2 butir buah lemon. Air lemon ini otomatis membuat ikan seperempat matang, sekaligus membunuh bakteri pada ikan.  Taburkan merica hitam, bubuk kari, garam. Diamkan kira-kira 10-15 menit di suhu ruangan. Setelah itu, Lumuri ikan dengan tepung tapioka, celupkan ke dalam putih telur yang sudah dikocok lepas, lalu gulingkan pada kacang cincang sampai seluruh permukaan ikan tertutup kacang.

Sementara menunggu, siapkan SAUS SALSAnya. Iris 3 butir tomat, buang bagian yang berbiji dan berair, lalu cincang kotak-kotak daging buah tomat, masukkan dalam mangkuk. Iris separuh bawang bombai lalu cincang halus,  masukkan dalam mangkuk berisi cincangan tomat.  Iris dan cincang cabe merah besar dan cabe rawit,, cincang daun ketumbar dan daun mint. Campurkan dan aduk-aduk sebentar.  Selanjutnya, dengan parutan khusus, parut kulit luar lemon, yakni bagian kuning, tapi jangan sampai kena kulit bagian putihnya yaaa. ntar pahit loh. Lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi campuran bahan saus tadi. Selanjutnya taburkan merica hitam, gula, dan garam. Terakhir peras air lemon dari   1  1/2 butir lemon ke dalam saus SALSA. Aduk semua bahan. Nah saus salsa sudah siap. Eitt.. tapi diamkan at least 15 menit juga agar semua semua bahan dan bumbu meresap.

Langkah selanjutnya adalah mengGORENG … yuukkk

Panaskan dua wajan, satu wajan kecil  dengan minyak sebanyak 3 sendok makan, satunya di wajan agak besar, tuang minyak kira-kira setinggi 3 cm atau separuh tebal daging ikan.  Setelah cukup panas, dengan api sedang, masukkan potongan kentang rebus. (Motong kentangnya memanjang, kira-kira sebutir kentang bisa jadi delapan potong lah yaa. Dan jangan kupas kulitnya). tambahkan merica hitam, bubuk parsley dan garam. tumis 5 menit saja, lalu angkat.

Goreng ikan di minyak yang sudah panas, sampai separuh tebal daging ikan tenggelam . setelah satu sisi berwarna kecokelatan,  balikkan sisi yang lain. Setelah kediua sisi kecokelatan,  tes dengan menekan ikan. Bila sudah cukup keras dan tidak berair, berarti daging ikan sudah matang. Sebenarnya ikan adalah bahan yang cepat matang, jadi ngga butuh waktu lama untuk mematangkan daging ikan tersebut. Angkat dan tiriskan.

NAHHH, selanjutnya, platinggg…

Letakkan dua iris kentang di piring, potong jadi dua ikan dori yang sudah matang kecokelatan, lalu tumpuk keduanya di atas kentang. lalu taburkan potongan-potongan tomat dan cabai . Selanjutnya air saus salsa di kucurkan di seputar kentang alias, tidak langsung mengenai STEAK dorinya. Mengapa? agar ikan ngga melempem dan tetep crunchy saat disantap. Nah sudah.. selanjutnya foto-foto hasil maskan, lalu icip-icip deh.

Mbak Yuni dan Mba Nining becanda sama Chef sambil nyuci piring hihihi
Mbak Yuni dan Mba Nining becanda sama Chef sambil nyuci piring hihihi
Foto bareng setelah penyerahan cindera mata dai SunCo-ID, dokumen pribadi
Foto bareng setelah penyerahan cindera mata dai SunCo-ID, Foto koleksi  Mba Nining

 

Nah diakhir acara Chef Ken memberikan cindera mata berupa sekeranjang minyak goreng SunCo, lalu kita berfoto ria. Chef pun pamitan, dan kita semua melepasnya dengan berat hati namun tetap gembira karena hari itu sungguh merupakan pengalaman yang berkesan bagi kami bertiga. Aiihhh… #GerebegDapurSunCo… lain kali gerebeg kita lagi, dooonggg… qiqiqiqi. Digerebeg oleh #GerebegDapurSunCo itu asyik loh, Rek. Sumpah !!

 

 

 

26 thoughts on “Digerebeg Chef Ken dan Team SunCo, Asyik Loh, Rek

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s