Yuhuuu… Inilah Makanan Yang Bisa Bikin Kulit Kamu Sehat Dan Awet Muda

Hayoo..ngapain ?? penasaran ya ama judul diatas?

Iya sih siapa yang ngga mau coba jadi sehat dan awet muda. Banyak ahli gizi merumuskan pola makan ini itu, juga banyak yang merekomendasikan jenis-jenis makanan tertentu agar kita senantiasa sehat dan awet muda. Tapi dari semua pendapat ahli gizi, ada satu garis merah yang bisa ditarik, bahwa makanan yang dikatagorikan sebagai makanan sehat dan membuat awet muda adalah makanan yang berasal dari alam, alias tidak mengalami pemrosesan yang berlebihan.

Nah apa saja katagori makanan yang dianggap TOP MARKOTOP itu?

1. Buah, Terutama keluarga Jeruk (Citrus)

Sebenarnya kalau kita mempelajari nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan, maka hampir setiap buah itu masuk The  First Rank of Top Healthy Foods. Selain rasanya yang enak dan segar, buah juga mudah dicerna oleh tubuh dan kandungan anti oksidan, vitamin dan mineralnya cukup beragam. Tetapi nampaknya buah dari keluarga citrus memiliki keistimewaan, diantaranya adalah tingginya kandungan Vitamin C. Vitamin C sangat penting dalam membentuk kolagen yang bertugas mencegah kulit mengendur. Buah-buahan  dari keluarga citrus ini juga mengandung bioflavanoids yang bertugas mencegah kematian sel kulit akibat paparan sinar ultraviolet

jeruk-gambar-dari-sini
jeruk-gambar-dari-sini
  1. Hijau-hijauan

Sayuran berdaun hijau semacam bayam, selada, kale dan lainnya merupakan sumber Lutein. Lutein adalah zat yang membantu mencegah kerutan pada kulit dan mencegah inflamasi akibat terpapar sinar matahari.

3. Tomat

Tomat masuk dalam katagori sayur atau buah? menurut food chart yang sering dibagikan dalam grup-grup pegiat hidup sehat, tomat masuk katagori sayuran. Meskipun demikian, kandungan dalam tomat berbeda dengan kandungan nutrisi dalam sayuran hijau. Tomat mengandung lycopen yang melindungi kulit dari dampak buruk dari sinar matahari, tetapi dari dalam. Dus kombinasi tomat dan daun hijau itu bagaikan perlindungan dari luar dan dari dalam untuk kesehatan kulit.

Manfaat tomat akan maksimal bila dikonsumsi bersama minyak zaitun.

4. Oatmeal

oatmel yang tidak diproses kaya akan Vitamin E dan asam amino yang bisa membantu mencerahkan kulit, mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini, dan melawan kerusakan akibat sinar matahari.

5. Walnut

Kacang-kacangan termasuk dalam daftar superfoods atau makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Walnut mengandung  asam lemak Omega-3 yang membantu mengurangi kerutan pada kulit dan bertanggung jawab meningkatan kelembaban kulit. Walnut juga bisa dimakan bersama salad.

7. Ubi Oranye

Ubi atau sweet potatoes mengandung beta-karoten dalam warna kuning/oranye nya. Beta karoten meningkatkan pertumbuhan sel baru, mencegah kekeringan kulit dan meseimbangkan pH kulit. Hasilnya adalah kulit yang halus dan nampak lebih muda.

8. Salmon

Ikan salmon mengandung astaxanthin sebuah pigmen yang membuat daging salmon berwarna pink. Pigmen ini memerangi radikal bebas yang diketahui membahayakan DNA dan memban sel. Radikal bebas itulah yang membuat kulit cepat menua.

Nah gimana? pengen kulit tetap halus, kenyal, sehat dan awet muda, kan? Sumber makanan di atas bisa jadi pilihan loh. Selain tentunyagaya hidup sehat seperti banyak minum air putih, berolah raga, dan jaga pikiran tetap tenag dan tawakal.

inspirasi dari sini

 

4 thoughts on “Yuhuuu… Inilah Makanan Yang Bisa Bikin Kulit Kamu Sehat Dan Awet Muda

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s