Tulisan ini ditulis oleh Titi Alfa Khairia dan  pernah diikut sertakan dalam writing contest  Bisnis Indonesia di sini

Kelapa  (Cocos Nucifera )  adalah tanaman yang umum tumbuh di sepanjang garis pantai samudera Hindia bagian Asia. Indonesia,  Malaysia,Papua Newgini, Philipina dan  Srilanka adalah Negara penghasil kelapa   terbesar  di dunia. Di wilyah di mana kelapa banyak ditemui, secara tradisional masyarakat banyak mengolah kelapa sebagai campuran berbagai menu makanan. Mulai dari menu makanan utama hingga makanan pelengkap, menggunakan kelapa sebagai bahan dasar.

Selama beberapa dekade, kita selalu diracuni pikiran bahwa kelapa adalah pemicu masalah kesehatan. Dengan kandungan lemak yang tinggi, kelapa adalah penyebab kolesterol jahat dalam darah. Apakah betul?

Selama ini, mindset kita memuja minyak zaitun atau Olive Oil sebagai  minyak paling sehat. Virgin Olive Oil atau minyak zaitun yang didapat dari penyulingan pertama merupakan primadona dalam daftar bahan pangan  sehat, sehingga harganya pun melambung tinggi. Belakangan diketahui, bahwa minyak kelapa memiliki banyak faedah yang tak kalah dengan minyak zaitun dalam fungsinya sebagai bahan pangan sehat. Oleh karena itu, beberapa tahun yang lalu, di Indonesia pernah terjadi booming apa yang disebut dengan Virgin Coconut Oil. Konon, Virgin Coconut Oil (VCO) ini , memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, bahkan melebihi Virgin Olive Oil (VOO).

Bagaimanakan yang sebenarnya?

 Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa yang d dapat melalui proses pemanasan terkendali atau  tanpa proses pemanasan sama sekali, tanpa tambahan zat kimia dan tanpa RDB. VCO adalah jenis minyak kelapa terbaik dan merupakan produk yang memilki kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah.  Minyak kelapa murni memiliki kandungan 50 % asam laurat. Asam laurat yaitu suatu asam lemak rantai sedang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. ASI merupakan sumber penting lain dari asam laurat. Selain itu VCO  bersifat anti virus . VCO diketauhi juga memperlambat pertumbuhan  virus HIV/AIDS. Asam laurat dalam VCO juga bersifat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu VCO mampu menurunkan kadar kolesterol jahat/ LDL dalam darah dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. VCO juga diketahui sebagai super antivbiotik alami. VCO mampu membunuh microorganisma pembentuk plak dalam darah sehingga mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Selain itu VCO sangat bagus bagi ibu hamil dan menyusui karena kandungan MCFA ( asam laurat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam miristat dan asam palmitat) yang sangat baik untuk memberikan nutrisi dan energi pada bayi dalam kandungan dan yang bayi dilahirkan.

VCO juga bagus untuk mencegah penyakit jantung, oesterophorosis dan diabetes melitus, selain itu VCO mampu menambah stamina, menjaga kesehatan rambut dan kulit. Luar biasa!!

Dengan semakin besarnya trend kembali kepada alam dan trend gaya hidup sehat, para  pakar makanan sehat menemukan banyak sekali variasi makanan sehat yang didapat dari kelapa, selain minyak kelapa.

Air kelapa diketahui sebagai bahan yang bagus untuk detoxifikasi atau menggelontor racun-racun dari dalam tubuh, juga sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh karena kandungan protein, asam laurat, glutamin dan arginin yang semuanya berfungsi sebagai antibiotik, antivirus dan anti bakteri. Selain itu air kelapa juga merupakan sumber asam amino yang dibutuhkan tubuh. Air kelapa juga dikenal sebagai isotonik  alami, ia  mengandung kompisisi elektrolit yang bagus untuk menghidari dehidrasi dan meningkatkan cairan tubuh secara alami.

Daging kelapa muda yang lezat bisa dicampurkan ke berbagai macam makanan, seperti es, pudding, bubur dan lain-lain.

Santan yang diperoleh dari daging kelapa yang sudah cukup tua, merupakan campuran olahan berbagai makanan yang lezat. Belakangan diketahui, bahwa, santan merupakan sumber lemak nabati yang sangat sehat. Sehingga tak ada lagi kekhawatiran terhadap makanan yang berbahan santan. Santan akan menjadi kolesterol jahat apabila dipanaskan. Hal yang sama ternyata berlaku bagi VOO.  Maka yang terbaik adalah menggunakan santan yang tidak dipanaskan, dengan cara memeras santan dengan air matang dengan memperhatikan faktor higienis nya.

Bahkan para penggila gaya hidup sehat membuat berbagai kue-kue tanpa dimasak, atauraw cakes dengan menggunakan bagian kental santan. Santan juga diolah dengan proses pendinginan sedemikian rupa sehingga didapatkan selai berbahan santan kental. Coconut flakes atau irisan-irisan tipis kelapa, maupun grated coconut sudah menjadi bahan favorit bagi pembuat kue-kue sehat. Selain itu gula kelapa/ brown sugar atau palm sugarmerupakan salah satu alternatif favorit pengganti gula tebu atau gula putih yang disinyalir merupakan penyebab utama terjadinya diabetes.Bahan makanan dari bahan dasar kelapa ini, selain sehat juga memberikan citarasa yang lezat. Trend menggunakan bahan-bahan dari kelapa  ini sangat dikenal di Australia, dan merambah  Eropa serta Amerika.

buah kelapa, gambar diambil dari sini
buah kelapa, gambar diambil dari sini

Jadi, bagi masyarakat Indonesia, trend hidup sehat dengan memanfaatkan bagian-bagian buah kelapa ini, merupakan peluang besar  untuk mengeksplorasi  produk-produk berbahan dasar kelapa. Masyarakat bisa mulai memproduksi Virgin Coconut Oil, Coconut Jam, Coconut flakes, dan lain-lain. Hasilnya bisa dijual di dalam maupun diekspor ke luar negeri

Pemerintah tentunya berperan sangat besar dalam megedukasi masyarakat, agar masayarakat jeli melihat peluang bisnis ini. Selain itu bantuan modal dan skill, manajemen dan kemudahan regulasi ekspor tentunya sangat diperlukan bagi  masyarakat yang ingin menerjuni bisnis bahan makanan berbasis kelapa ini.

Pada tahun 2012 Indonesia mencatatkan diri sebagai pengekspor produk olahan  kelapa terbesar ke Jerman, yakni senilai 118,058,529.00 Euro. Negara pengekspor dengan nilai terkecil adalah Srilanka dengan nilai ekspor sebesar 2,795,315.00 Euro. Jerman adalah negara terpenting di Eropa dan dunia. Jerman merupakan penggerak roda perekonomian Eropa dan dunia. Jerman juga tercatat memilki jumlah penduduk yang besar dan perekonomiannya cukup stabil. Negara Jerman merupakan importir produk olahan kelapa terbesar di Eropa. Jerman mengimpor berbagai produk olahan  kelapa dari negara-negara penghasil kelapa utama dunia, yakni : Indonesia, Malaysia, Philipina, Srilanka dan Papua Newgini. Selanjutnya Jerman mengekspor nya ke berbagai Negara Asia, Eropa dan Amerika. Lima Negara tujuan utama ekspor produk kelapa dan olahannya oleh Jerman adalah : Perancis, Belanda Inggris, Italia dan Austria. Produk Crude Coconut Oil (CCO) yakni minyak kelapa mentah mengalami penurunan jumlah ekspor  ke Jerman. Sedang produk olahan  kelapa yang lain masih stabil bahkan makin meningkat seiring naiknya trend hidup sehat di seluruh dunia. Produk turunan kelapa yang masih tinggi diimpor oleh Negara Jerman adalah Minyak Goreng Kelapa, Virgin Coconut Oil (VCO), kelapa parut kering / tepung kelapa, bubuk santan kering, selai jelly, marmalades , puree dan nata de coco.

 

Nah tunggu apalagi? Peluang bisnis menggiurkan bagi masyarakat Indonesia menanti didepan mata. Produk olahan kelapa yang lezat , sehat dan bernilai ekonomis yang menggiurkan menunggu untuk dieksplorasi dan di ekspor ke luar negeri. Selamat berbisnis makanan sehat lezat dan bernilai jual tinggi. Kelapa.

 

 

Referensi

http://id.wikipedia. org/wiki/Kelapa

http://www.menshealth. co.id/kesehatan/mujarab/fakta.tentang.khasiat.air.kelapa/004/001/114

http://djpen.kemendag. go.id/app_frontend/admin/docs/researchcorner/5311377080167.pdf