Manfaat Sehat Rambutan,Belum Tahu, Kan ?

Sebagai penduduk negara tropis yang kaya akan beragam buah dan tumbuh-tumbuhan herba lain. Seringkali kita abai dengan berbagai kekayaan alam yang terserak di sekitar kita. Kita dulu tercengang-cengang saat buah noni atau pace yang jaman kita kecil hanya mbah-mbah kita aja yang doyan, tetiba menjadi buah bibir dan favorit karena orang-orang Jepang menemukan bahwa ekstrak noni adalah pembunuh kanker yang super duper. Segera beredar segala macam jenis jus noni yang harganya mihil-mihil. Semuanya buatan luar negeri. Bahkan saat saya mengusulkan ibu saya untuk mengkonsumsi noni dari kebun belakang rumah, adik saya malahan membelikan sebotol noni seharga setengah juta, yang konon ditanam secara organik di Brazillia sana.

Terus kemudian, disusul buah sirsat yang katanya khasiatnya sebagai pelawan kanker sudah diketahui dan disembunyikan oleh para ilmuwan yang udah kong-kalikong dengan para pemilik pabrik farmasi.Lalu kitapun latah mencari-cari si buah sirsat ini. Yang semula disepelekan, mendadak jadi mahal di pasaran.

Tapi..kabar gembira bagi kita semua..kult manggis kini ada ekstraknya..hehehe.. iya manggis..itu loh si item manis yang manis-asem-sedep. Buah kesukaan saya tuh.Suer.. kalo noni sih menang namanya doang, sampe sekarang saya masih ngga doyan hehehe. Tiba-tiba si manggis ini jadi primadona. Kenapaaa??? kabarnya ini buah, kulitnya loh ya… mengandung anti oksidan tinggi penggempur sel kanker.

Nah semua aja kalo gitu. Jangan-jangan.. semua buah se Indonesia ini memang mengandung anti oksidan dan penggempur kanker yang ampuh?? Memang! ahh?? Iyaaa… kalo kita baca-baca kandungan semua buah, hampir semua buah, plus sayuran adalah sumber anti oksidan yang jika dimakan secara rutin dan diikuti pola hidup sehat lain, maka akan membuat penyakit menjauh, termasuk si kanker yang paling horor itu.

Nah awal Januari lalu, Indonesia menyambut gembira panen raya buah rambutan. Rambutan di Indonesia ada berbagai jenis. Kalau dulu saya tahunya rambutan Aceh yang agak asem dan kurang berair, dan rambutan Binjai yang merah, manis, berair banyak. Kini saya tahu..ada jenis rambutan berambut pendek, namanya rambutan Binjai varietas Wamena. Warnanya merah, hampir mirip buah leci, tapi rasanya rambutan banget. Kalo yang kaya gini tapi kecil warna kuning, disebut rambutan Rapiah. Deuh.. baru rambutan aja sudah bermacam-macam ya..

Oke sekarang yuk kita mengulik si rambutan ini. Si merah yang eksotis ini disebut rambutan karena seluruh kulitnya berambut. Di kenal dengan nama latin  Nephellium Laapaceum. Rambutan dikenali berasal dari Indonesia. (Bangga dong), tapi sekarang si manis-seger-berambut ini sudah menyebar ke Philiphina, malaysia, India, Thai Land, Sri Lanka, Kamboja, Equador, Australia dan Amerika.

Menjadikan rambutan sebagai pengganti cemilan adalah pilihan sehat, karena kandungan-kandungan nutrisinya yang kompleks. Rambutan bukan hanya dimanfaatkan buahnya saja, knon, daun, kulit dan bijinya juga berkhasiat.

rambutan binjai, foro dari instagram @titi_halal_healthy_kitchen
rambutan binjai, foro dari instagram @titi_halal_healthy_kitchen

Berikut manfaat sehat Rambutan :

  1. Rambutan biasa digunakan  sebagai obat dalam beberapa penyakit seperti diabetes dan hipertensi , secara tradisional di Malaysia dan Indonesia. Kemungkinan di wilayah pedalaman Kalimantan yang merupakan wilayah dua negara ini.
  2.  Kandungan karbohidrat dan protein dan air dalam rambutan merupakan sumber energi.
  3. Kandungan vitamin C pada rambutan membantu penyerapan mineral ,zat besi, tembaga sejumlah yang dibutuhkan tubuh, selain itu, vitaamin C berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas
  4. Salah satu komposisi utama dari rambutan adalah asam Gallic. asam Gallic ini berfungi seperti sapu yang aktif membersihakan tubuh dari kerusakan oksidatif  yang berarti membantu MELAWAN KANKER. Naah… apa kubilang hehehe.
  5. Rambutan mengandung sejumlah tertentu zat tembaga yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah dan darah putih. Rambutan juga mengandung Mangan yang penting dalam membentuk dan mengaktifkan enzim tubuh.
  6. kandungan zat Fosfor dalam rambutan, membantu membuang sisa-sisa yang tak dibutukan dalam ginjal, yang diperlukan dalam pembangunan, perawatan dan perbaikan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh.
  7. Rambutan adalah sumber zat besi terbaik yang membantu mengkoreksi jumlah oksigen dalam darah yang penting untuk mengatasi pusing dan kelelahan akibat anemia dan penyakit-penyakit akibat kekurangan zat besi.
  8. Rambutan mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Rambutan juga menjaga agar kita tetap kenyang untuk waktu yang lama karena kandungan serat dan air. Hal ini bagus untuk menjaga berat badan.
  9. Rambutan sangat baik untuk mengatasi penyakit-penyakit umum seperti sakit kepala, sariawan, dan disentri. Untuk sakit kepala, daun rambutan digunakan sebagai tapal di kening. Rebusan kulit rambutan diminum untuk mengobati sariawan. Rebusan akar rambutan digunakan untuk meredakan demam.
  10. Manfaat lain rambutan adalah sebagai antiseptik untuk melawan infeksi kuman. Rambutan juga punya sifat theraputik, yangmampu  membunuh parasit usus penyebab diare dan demam.

Nah…. banyak buanget kan, manfaat rambutan bagi kesehatan? Buruan serbu kios tukang rambutan di pinggir jalan noh. Itung-itung bantu pedagang kecil, kan? Mumpung harganya cuma sepuluh ribuan sekilo, hehehe

inspirasi dari sini

http://www.healthdigezt.com/surpri

3 pemikiran pada “Manfaat Sehat Rambutan,Belum Tahu, Kan ?

  1. Baru saja menikmati Rambutan Aceh, Mba. Alhamdulillah. Beruntungnya kita tinggal di Indonesia dimana kita bisa menikmati buah-buahan tropis yg tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyehatkan.

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s