Sebagai Emak yang sibuk mengurus keluarga cieee…. Pastilah Emak-emak sering merasakan lelah dan suntuk kan? ehem…

Iya sih, nah lalu ngaps? maksudnya ngapain? marah-marah ke anak dan suami? nyalah-nyalahin seisi rumah gitu? qiqiqi jangan doong… entar suasana rumah jadi keruh suer deh.

Mendingan  Emak menghibur diri dengan kegiatan-kegiatan positif, Iye kagak? (kagaaaakkkk……. ee..ee.. siapa yang ngejawab begitu dalem ati? gue sambit pake cokelat baru nyaho…diih.. sinetron Betawi banget deh ah).

 

Nah hal yang paling menyenangkan buat perempuan tuh ya… apalagi kalo ngga manjain diri. Tul ngga?

Gimana caranya? banyak sih. Yang paling favorit tentu saja ke salon. facial.  masker, lulur, creambath dan paling asyik dipijat, ya ngga?

Eh tapi kalo pas kantong tebel , karena habis dapet job review atau menang lomba nge blog ya… tapi kalo pas bokek , kira-kira masih bisa ngga yaa… manjain diri?

Bisa..bisa .. sini deh aku bisikin… Kali ini yuk kita bahas bagaimana membuat sendiri  kosmetik perawatan tubuh dari bahan alami yang ada di dapur sendiri :

 

a) Peeling Wajah Alami

Siapkan beberapa buah atau bahan makanan yang ada di rumah seperti kacang hijau atau kedelai atau strawberry.Untuk kacang hijau dan kedelai rendam dulu kira-kira satu duajam hingga  cukup lembek.  Blender hingga cukup halus tapi masih ada sisa-sisa yang sedikit berbutir. Gunakan untuk memasage wajah yang telah dibersihkan sebelumn

peeling ini berfungsi untuk mengangkat kotoran atau sel kulit mati yang ada di wajah. Selain itu bahan-bahan tersebut bisa mencerahkan kulit wajah.

 

b) Masker Wajah Alami

Banyak sudah yang mengulas tentang masker wajah alami, contohnya sebagai berikut

@Madu-air jeruknipis : berfungsi untuk melembabkan wajah sekaligus mencerahkan kulit  wajah.

@Bengkuang/ jagung muda yang dihaluskan : berfungsi untuk memutihkan dan menghilangkan flek-flek hitam di wajah.

@susu-putih telur : berfungsi untuk mencerahkan/ memutihkan dan mengencangkan wajah

@Alpukat/Avocado  ; berfungsi untuk melembabkan wajah dan memberi nutrisi pada wajah

madu-jeruk-nipis-untuk masker
Madu dan Jeruk Nipis untuk Masker. Gambar Dari Google

c) Lulur Alami

Banyak sekali bahan-bahan yang bisa dijadikan lulur :

@kunyit- beras : haluskan bahan dengan blender sampai tercapai tekstur yang cukup nyaman bagi  Emak untuk luluran. Mau lembut atau sedikit kasar tergantung selera

@kopi-gula : campurkan kedua bahan tersebut, lalu gosokkan pelan-pelan pada tubuh yang sudah dibasahi sambil di pijit dengan gerakan memutar. Berfungsi untuk merontokkan kotoran yang menempel di kulit . mengangkat kulit mati, dan memberikan kesegaran aroma kopi. Hati-hati menggosokkannya jangan terlalu keras agar tidak mengalami iritasi.

@sereal-susu : campurkan sereal dan susu bubuk, lalu tambahkan sedikit air hingga  tecipta tekstur yang cukup kesat tapi agak  lembek untuk diusapkan ke tubuh.

 

kopi-untuk-luluran
Kopi Untuk Luluran Gambar dari Google

d) Perawatan Rambut

@Lidah buaya : gosokkan daging bagian dalam lidah buaya ke kulit kepala, lalu pijit-pijit merata di seluruh kulit kepala, diamkan minamal satu jam, bisa juga dua tiga jam, lalu keramas seperti biasa. Fungsinya untuk menumbuhkan rambut, menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe.

@Minyak Kelapa dan daun mangkokan : daun mangkokan diiris tipis lalu dijemur. Campurkan pada minyak kelapa (coconut oil/ virgin coconut oil) dan usapkan pada rambut. biarkan beberapa jam, lalu keramas seperti biasa. Fungsinya membuat rambut tetap hitam dan berkilau . Rambut jadi tidak cepat beruban.

@Air jeruk nipis : Usapkan perasan air jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala. Fungsinya untuk mengkilapkan rambut, menghilangkan ketombe dan kelebihan minyak.

Nah gimana Maks? it’s easy-bitsy-peasy kan? Emak juga bisa berkreasi dengan mencoba-coba berbagai buah seperti mangga, pepaya atau sayuran seperti tomat, wortel dan lainnya untuk membuat masker buah dan sayur yang kaya nutrisi.

Gimana manjain diri ngga harus mahal kan? Nah tentu saja hasilnya ngga bisa instan, harus sabar mengaplikasikannya minimal dua kali seminggu. Selamat mencoba…

 

lidah buaya
Lidah Buaya untuk Perwatan Rambut Gambar dari Google