Pengen Kudapan Manis? Ngga Masalah, Kan…Ada Systema Nano

Pagi itu suasana hall B hotel JW Marriot Surabaya meriah dan cerah ceria oleh taburan warna fuschia atau pink keunguan oleh busana para peserta workshop sehari yang digagas majalah Femina dan sebuah produk perawatan gigi Systema Nano produksi pt. Lion Japan.

Registrasi peserta workshops sweetooth-treatother Femina Systema
Registrasi peserta workshops sweetooth-treatother Femina Systema

Setelah mendaftar ulang dan mendapatkan name-tag dan  sepaket produk perawatan gigi berupa 1 buah sikat gigi, 2 buah pasta gigi kecil, 1 buah gelas palstik yang di pack dalam sebuah dompet kecil bening, maka peserta workshop dipersilakan untuk mencicipi hidangan cokelat yang imut-imut dan lezat-lezat dari Dapur Cokelat. Sebuah brand outlet cokelat yang beken di Surabaya.

Waah… siapa yang nolak coba, di suruh mencicipi  cake-cake dan praline-praline imut yang rasanya aduuuhhh  hai (qiqiqi). Bentuknya itu loh imut-imut banget . Ada yang bulet-bulet  , kotak-kotak, bunga-bunga dan lain-lain. Yang paling lucu adalah cake cokelat berlapis cokelat beku dengan hiasan white chocolate berbentuk gigi yang sedang tersenyum hihihihi lucu bingits deh. Belum lagi strawberi-strawberi  dan marshmallow-marshmalow  yang diberi batangan bambu, siap di celup pada white chocolate fountain. Hmmm…. E tapi saya sempet rada kecewa pas, saya nyaplok sebuah praline bulet putih,  saat saya didekatiseorang  pramuniaga Systema Solution, plus ada beberapa orang memotret saya, tiba-tiba saya merasakan sensasi tertentu di mulut saya. Serasa ada aroma dan rasa Rhum yang sangat kuat melebur di mulut saya. Ngga mungkin dong saya muntahin, secara saya sedang diajak ngobrol sama seseorang. Plus sedang jadi perhatian beberapa pasang mata, cieee :(. saya sarankan buat Dapur Cokelat, lain kali ngga usah deh menyertakan bahan yang ngga semua orang boleh mengkonsumsinya. Karena itu makanan disajikan untuk publik dengan beragam keyakinan, mending pakai bahan yang netral dan semua orang bisa makan.

Kue dari Dapoer Coklat
Kue dari Dapoer Coklat
Kue-kue-cokelat- berhias-pralin-bentuk-gigi
Kue-kue cokelat berhias pralin berbentuk gigi

OK,  setelah makan-makan kecil (ehem), saya menyempatkan untuk mencoba produk Systema , yakni sikat gigi dan pasta gigi. Hmm… saya suka banget dengan sikat dan pasta giginya. Bentuk sikat giginya ramping, dengan ujung bulu sikat runcing di semua sisi. Pegangannya cukup lentur dengan bagian tengan diberi karet dengan tekstur garis-garis agar mudah untuk dipegang. Pasta giginya lembut dan segar sehingga tidak menimbulkan rasa tersengat di dalam mulut. Dalam sekejap terasa kesegarannya merata ke seluruh rongga mulut.hmm… sukaa deh.

Seusai mencoba sikat dan pasta gigi Systema Nano, saatnya berselfie-ria di sebuah sudut yang disediakan penyelenggara, lalu masuk ruangan untuk mendengarkan pemaparan para ahli.

Usai sambutan dari perwakilan Femina dan demo membuat ChocolateGreenTea Mochi oleh Chef Ken Kurniawan, dari  Master Chef Indonesia  session 2, maka tibalah saat untuk menimba ilmu. Mempelajari lebih dalam tentang makanan manis, hubungannya dengan kandungan gula dan kerusakan gigi. oleh ibu Emelia E.Achmadi seorang Nutrisionist dan dokter gigi Taufan Bramantoro. drg. M.Kes.

Seringkali kita mendengar bahwa gula adalah penyebab semua penyakit. Melalui diabetes melitus yang pada akhirnya memicu banyak penyakit. Gula pula yang dituding sebagai pemicu kelebihan berat badan. Benarkah demikian? Lalu bagaimanakah sikap kita terhadap si gula ini? Haruskah kita meniadakan gula ataukah kita harus menggantinya dengan sumber pemanis yang lain?

Meskipun kita tahu bahwa makanan manis banyak mengandung gula, banyak diantara kita yang berada dalam ketergantungan terhadap makanan manis yang biasa kita katagorikan sebagai dessert ini. Mereka yang bekerja di bawah tekanan dead line tahu, bagaimana di saat-saat menegangkan ketika pekerjaan berada pada tenggat waktu, saat itu pelarian selalu pada makanan-makanan manis. Makanan manis seolah menjadi pelampiasan stress dan selalu ampuh meredakannya. Parahnya, makanan manis selain dianggap sumber berbagai penyakit, overweight, diabetes melitus, ada pula akibat yang paling cepat dirasakan oleh banyak  masyarakat Indonesia, yaitu kerusakan pada gigi.

Menurut penelitian drg. Taufan Bramantoro  M.Kes. 60 % penduduk Jawa Timur  mengalami caries atau gigi berlubang, penelitian dari tim Systema  (merek pasta gigi dari pt. Lion-Wings, bekerjasama dengan Lion Corporation-Japan)  , hampir 90 % penduduk Indonesia memiliki gigi berlubang. Benarkah? apa akibat dari gigi berlubang ini? dan mengapa terjadi gigi berlubang?

Ibu Emilia Achmadi dan drg.Taufan Bramantoro
Ibu Emilia Achmadi dan drg.Taufan Bramantoro

Ibarat piring yang kita gunakan untuk makan, maka setiap hari ada sisa-sisa makanan menempel di sana. Cukupkah hanya dibasuh dengan air? Tidak!  dibutuhkan zat pembantu dan cara tertentu untuk menghilangkan nodanya. Begitu pula dengan gigi, sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan terus berada di sana jika kita tidak tepat dalam membersihkannya. Tumpukan plak atau sisa makanan di gigi apabila berkontak dengan gula yang terdapat pada makanan berikutnya, maka terbentuklah  suasana asam pada gigi. Suasana asam ini akan melepaskan partikel-partikel berukuran nano dari gigi. Bila terjadi berulang-ulang dan terus-menerus, maka terjadilah gigi berlubang. Jadi gigi berlubang tidak terjadi secara instan, namun melalui proses yang berulang. Inilah akibat kebiasaan yang salah dalam memperlakukan gigi dan mengabaikan menjaga kebersihan gigi.

Lalu bagaimanakah bagi mereka yang suka ngemil kudapan manis? Apakah makanan manis harus ditiadakan dari menu kita agar tak memiliki berat badan berlebih dan terhindar dari sakit diabetes yang merupakan awal berbagai penyakit lain? Jawabannya tentu tidak. Dalam kadar tertentu, gula tetap dibutuhkan oleh tubuh. Seberapa banyak manusia normal boleh mengkonsumsi gula setiap harinya? Jawabannya berpulang pada masing-masing individu, mulai dari jenis kelamin, berat-ringan aktifitas, dan menu diet sehari-hari.

Pada seseorang yang membutuhkan kalori sekitar 1500 kalori perhari,  maka dia boleh mengkonsumsi gula pasir sebanyak 4 sachet/hari

Pada seseorang yang membutuhkan 1800 kalori perhari, dia boleh mengkonsumsi  gula 5 sachet/hari.

Pada seseorang yang membutuhkan 2000 kalori perhari, dia boleh mengkonsumsi gula 6 sachet/hari.

(1 sachet /ukuran yg umum disajikan di hotel, +- 8 gr)

Tentunya semua itu belum termasuk gula alami yang terdapat pada buah , karbohidrat dan sumber makanan lain.

Jadi intinya, gula itu tidak harus dihindari, tapi dikendalikan konsumsinya. Sebaiknya dalam memilih makanan, selalu perhitungkan dan kendalikan berapa jumlah gula dalam menu sesuai kebutuhan kalori kita.

Nah  seusai mengkonsumsi makanan, utamanya yang manis, maka ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan gigi, gusi dan mulut dengan selalu menggosok gigi  dua kali sehari, yakni  ;

  1. Sesudah sarapan, dan
  2. Sebelum tidur.

Selain frekuensi menyikat gigi, perhatikan pula cara menyikat gigi yang benar. Cara menyikat gigi yang benar yakni membawa sikat gigi dari atas (bagian gusi) turun ke bawah. Merata pada seluruh permukaan gigi. Usahakan bulu sikat menjangkau ke semua celah-celah gigi. Untuk gigi bagian dalam dan atas, gerakan menyikatnya seperi mencongkel keluar, agar kotoran di dasar gigi keluar.

Dokter Gigi Taufan Bramantoro  drg. M.Kes  yang sudah menulis buku panduan merawat gigi berbentuk komik bersama isterinya yang juga seorang dokter gigi spesialis gigi anak tersebut memberi tips 3S untuk merawat kesehatan gigi  dengan efektif, yakni:

  1. Sikat gigi  dua kali sehari , Sesudah sarapan dan Sebelum tidur.
  • Sabar dan nikmati proses menyikat gigi.

3. Suka minum air putih setelah makan minum yang manis dan lengket.

Nah berkaitan dengan kegiatan menyikat dan membersihkan gigi ini, Systema  sebuah merek produk perawatan gigi dari Pt. Lion-Wings  , memiliki fokus untuk  mencegah terjadinya gigi berlubang. Pasta gigi Systema Nano  memiliki kandungan nano kalsium, yaitu kalsium berukuran sangaaattt kecil yang mampu menutupi pori-pori lubang yang terbentuk akibat demineralisasi akibat suasana asam yang sering terjadi di daerah mulut dan gigi seperti diceritakan pada paragraf sebelumnya.

Pasta gigi Systema Nano merupakan pasta yang lembut dan segar serta aromanya tidak menyengat serta rasa pedas mint-nya sangat pas, tidak terlalu keras sehingga terasa nyaman di mulut. Dengan fast  action system , membuat pasta gigi  Systema Nano mampu lumer dan menyebar dengan cepat di dalam mulut sehingga segera bisa bekerja lebih efektif memberikan perlindungan secara menyeluruh, cepat dan tuntas. Dalam waktu 14 hari, pasta gigi Systema Nano mampu menutup lubang mikroskopik  hinga nanoskopik  sehingga bisa mencegah terjadinya gigi berlubang akibat demineralisasi pada gigi yang terus-menerus dibiarkan pada suasana asam.

paket-systema-solution
Paket Systema Solution

Sikat gigi Systema Tootbrush  sebagai bagian dari rangkainan perawatan gigi meyeluruh (Systema Advanced Oral Care ) dibuat dengan teknologi Tapered Bristle,  yang memiliki ukuran  bulu sikat 0,02 mm dengan ujung-ujung yang runcing di semua sisi  sehingga mampu mencapai celah periodental yang tidak mampu diraih oleh sikat gigi model  yang lain. Tipe sikat gigi Systema  ini memiliki hak paten loh. Dan juga bulu sikatnya sangat lembut dan lentur sehingga tidak melukai gusi. Bener deh, sejak mencoba sikat giginya Systema aku jadi merasa bahwa menyikat gigi itu begitu nyaman dan bikin ketagihan hahaha.

Nah Systema Mouthwash-nya nih…beneran ngga menyengat . Soft namun segar efektif menyempurnakan proses pembersihan gigi dan mulut Kandungan Fluoride, IPMP, GK2 nya mampu efektif membunuh bakteri, mencegah timbulnya plak dan bau mulut serta melindungi gigi dan gusi dari kerusakan periodental serta peradangan  pada gusi.

Gimana sih cara berkumur yang benar? masih menurut dokter gigi Taufan Bramantoro drg. M.Kes , cara berkumur yang baik adalah, katupkan bibir dan katupkan gigi,  jumlah cairan mouthwash jangan terlalu banyak, sehingga ada ruang untuk mengocok-ngocok cairan di dalam mulut, agar semua sela-sela gigi bisa dilewati cairan mouthwash ini.

Nah serunya lagi, selain dapet ilmu, dapet makan siang yang enak, dapet kudapan-kudapan manis-lezat dari Dapoer Coklat, acara ini juga bertabur hadiah, mulai paket cokelat berbentuk high heels yang imut dari Dapoer Coklat, goodie bag berisi paket perawatan dari Systema Solution dan  buku resep PrimaRasa dari Femina, ada paket kosmetik, jam tangan, buku komik perawatan gigi dari dokter Taufan dan isteri, dan masih banyak lagi. Pokoknya semua peserta workshop pulang dengan wajah cerah ceria secerah warna baju yang dipakainya 🙂

hadiah-dari-femina-systema-solution-dapoer-coklat
Hadiah dari Femina, Systema Solution, Dapoer Coklat

Nah segitu aja yaaa ceritaku. Pokoknya mulai sekarang, ingat makan kudapan manis itu boleh aja asal dikendalikan dan dibatasi jumlahnya. dan jangan lupa menyikat gigi dengan pasta gigi Systema Nano, sikat gigi Systema ToothBrush dan sempurnakan dengan Systema Mouthwash. Hmmm [engen kudapan  manis? siapa takut, kan ada Systema Nano … 🙂 🙂

33 pemikiran pada “Pengen Kudapan Manis? Ngga Masalah, Kan…Ada Systema Nano

  1. Wowww… lengkap bangeeet nih mbak, super edukatif :))
    Btw, iya, yang coklat isi rhum itu jebakan betmen banget. Aku kan ngajak Sidqi, anakku. HAMpirrrr saja, doi makan coklat berisi rhum itu. Pyuuuuh…

    Trus, aku sibuk2 nanya ama petugas Dapur Cokelat. Baru deh, doi jelasin mana aja yg ada rhum.
    Makanan haram mengepung kita mbak :(((

    Suka

  2. Masa sih, Bu? Kemarin sy gak nyoba coklat praline soalnya. Cuma makan 3 potong brownies kecil2 lalu sikat gigi.
    Secara keseluruhan acara kemarin seru banget ya Bu. Dapat banyk ilmu baru lagi..

    Suka

      1. Iya keki jg kalo pas nyesss eh ooops, mending tny dulu….tp insya allah acara kmrn barokah ya mbak titi, sampe2 detil bgt itu gula yg dibutuhkan perharinya disesuaikan dgn jumlah kalori. Hmmmm ngitung kalorinya ini hihihi

        Suka

  3. Iya keki jg kalo pas nyesss eh ooops, mending tny dulu….tp insya allah acara kmrn barokah ya mbak titi, sampe2 detil bgt itu gula yg dibutuhkan perharinya disesuaikan dgn jumlah kalori. Hmmmm ngitung kalorinya ini hihihi

    Suka

  4. kemarin ga ikutan ini…barengan dengan kerjaan kantor…huhuhu… sempet ngiler juga liat postingan temen2 yg datang pada bawa segambreng coklaat..
    kalo di dapur coklat, biasanya dikasi tau sama pelayannya, mana yg mengandung rum, mana yang enggak. jadi aman lah kalo beli di sana

    Suka

  5. rhum ada di coklat pralinenya? hmmm kemarin kesitu pdhl pgn ngebeliin mertua yg doyan bgt sm coklat, wah wah trims bgt infonya mbak Titi….untung kmrn gk kebeli, soalnya jg gk tny2 kmrn, nyobain apalagi :)))))

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s