myBCA, Ketika Perbankan Menjadi Menyenangkan

Inovasi adalah hal terpenting dalam setiap bidang usaha, tanpa inovasi, usaha Anda akan  terhenti dan tak lagi bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Bank BCA sebagai bank yang memposisikan diri sebagai yang terdepan dalam kualitas pelayanan, tak pernah berhenti berinovasi, bahkan berani mengambil langkah lebih maju.

Para nasabah tentu sudah familiar dengan Anjungan Tunai Mandiri alias Automatted Teller Machine, baik yang tunai maupun non tunai. Umunya nasabah bisa menemui ATM ini di berbagai mall, rumah sakit, bandara, dan pusat pelayanan publik lainnya. Tujuannya jelas, yakni untuk mempermudah nasabah memperoleh uang tunai saat itu juga dan melakukan transaksi perbankan lainnya tanpa harus repot-repot  mendatangi cabang tempat nasabah membuka rekening.

Belakangan bahkan di berbagai toko, restaurant , departement store maupun di berbagai usaha, kita dapat menarik uang tunai, disamping membayar dengan kartu debet melalui mesin EDC yang tersedia di setiap kasir.

Dalam dunia bisnis, di mana perputaran uang demikian aktif, kegiatan menarik dan menyetor uang tunai, menerima atau berkirim uang, menerbitkan giro, menerbitkan dan mencairkan cek dan lain sebagainya menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari.

Bank BCA sebagai bank yang mengedepankan pelayanan transaksional, terus menyempurnakan pelayanan kepada nasabahnya lewat terobosan-terobosan baru yang semakin memudahkan nasabahnya dalam kegiatan perbankan.

Di beberapa ATM Center, nasabah sudah bisa menemui ATM non tunai disamping ATM tunai yang sudah kita kenal selama ini. Fungsi ATM non tunai adalah untuk berkirim uang ke rekening lain, membayar berbagai rekening dan tagihan, top-up kartu Flazz, membeli pulsa dan sebagainya.

ATM Tunai dan non Tunai BCA
ATM Tunai dan non Tunai BCA

Lebih jauh lagi, BCA menyediakan ATM setoran. Jadi meskipun kantor cabang sedang tutup, di luar jam kantor maupun di hari-hari libur, nasabah tetap bisa menyetor sejumlah dana ke dalam rekeningnya sendiri atau untuk kemudian  ditransfer ke rekening lain.

Tak berhenti sampai di situ, Bank BCA terus menyempurnakan inovasinya  dengan menyediakan satu layanan inovatif yang mampu melayani semua keperluan perbankan tanpa harus datang ke kantor pusat ataupun cabang secara konvensional. Layanan inovatif ini diberi nama myBCA.

Apa Itu myBCA? 

 

myBCA  merupakan salah satu layanan perbankan BCA yang lebih  mengedepankan pada pelayanan maniri alias self-service. Saat ini counter myBCA  baru ada di dua tempat, yakni Gandaria City Jakarta dan Mall Ciputra World Surabaya.

Di Mall Ciputra World Surabaya, myBCA terletak di lantai 2. Tampilannya modern dan canggih.

myBCA, Modern dan Canggih
myBCA, Modern dan Canggih

Terletak di bagian paling depan terdapat 2 monitor yang berisi berbagai informasi tentang perbankan beserta ilustrasinya, sehingga mudah dipahami oleh nasabah dan calon nasabah. Di dinding sebelah kiri terpampang layar  yang berisi promo-promo BCA dalam bulan itu, dan akan terus ter-update sesuai promo terbaru yang sedang berlangsung.

Di belakang monitor terdepan tersebut, terdapat beberapa layanan perbankan mandiri. Mulai dari mesin Flazz untuk beli dan top-up kartu Flazz, layanan Hallo BCA melalui video call, iPad untuk digital information-cari produk dan informasi layanan BCA lebih fun dan interaktif, komputer touch-screen untuk pengajuan kartu kredit, KPR, KKB dan KSM (Kredit Sepeda Motor) secara  digital dan online, klikBCA dan yang terakhir adalah konter pembukaan rekening Tahapan Xpresi menggunakan video banking.

Semua fasilitas di atas bisa dioperasikan oleh nasabah sendiri, tetapi myBCA tetap menyediakan petugas duty officers untuk membantu  apabila nasabah memrlukan penjelasan dan bantuan da;am mengoperasikan berbagai alat tersebut.

Serunya Membuka Tabungan Xpresi

Di jaman teknologi cangggih seperti sekarang ini, pelayanan publik menjadi semakin mudah dan bisa dilakukan sendiri (self-service) dengan bantuan teknologi. Hal ini selain lebih praktis, juga menghemat beberapa biaya serta memudahkan bagi nasabah sendiri.

Konter Tahapan Xpresi
Konter Tahapan Xpresi

Memasuki ruangan di mana proses pembukaan Tahapan Xpresi bisa dilakukan, nasabah duduk di sebuah kursi dan menghadap monitor. Monitor yang ada di depan itu berfungsi sebagai layar video conference antara nasabah dengan CS (Customer-Service) yang bertugas pada hari itu.

Camera HDR Studio - 1409371650819_20140831023149311
Customer Service BCA

Agak ke bawah sedikit terdapat monitor lain yang nampak seperti sebuah meja, di mana nasabah bisa memilih pelayanan apa yang hendak dilakukan hari itu, hanya dengan menyentuh layar tersebut seperti saat kita menyentuh layar smartphone. Apakah nasabah ingin :

  1. Membuka Tahapan Xpresi
  2. Mengganti paspor Xpresi. Paspor Xpresi adalah kartu yang berfungsi sama dengan ATM BCA, yakni debet BCA dan Tunai BCA.

3 Mengajukan kartu kredit

  1. Mengajukan  atau mengganti Key BCA. Key BCA adalah alat pengaman tambahan yang berfungsi untuk mengamankan transaksi finasial di  klikBCA.

Nah yuk, kita mulai langkah-langkah membuka tabungan di Tahapan Xpresi yang seru dan menyenangkan. Saat kita pilih opsi membuka Tahapan Xpresi, di layar monitor mendatar, kita bisa membaca ketentuan-ketentuan dalam membuka Tahapan Xpresi, seperti : berapa jumlah minimal setoran awal, berapa jumlah tarikan dan transferan maksimal dalam satu hari, berapa uang administrasi perbulan yang terpotong dari tabungan kita, dan berapa saldo minimal yang harus ditinggal saat penutupan rekening.

Persyaratan Pembukaan Rekening Tahapan Xpresi
Persyaratan Pembukaan Rekening Tahapan Xpresi

Setelah itu kita harus mengisi form seperti nama, tanggal lahir, alamat, nomor handphone, nomor kartu identitas dan sebagainya.

Setelah itu kita menuju point-point perjanjian, setelah dibaca dengan seksama dan kita mencentang opsi setuju, selanjutnya kita akan mengikuti panduan dari  CS seperti : men-scan kartu NPWP, mengisi form fakta lalu membubuhkan tanda tangan, kemudian men-scan form fakta dan memasukkannnya di tempat yang telah disediakan , di sebelah kanan monitor depan.

Setelah itu, gambar/foto kita akan diambil oleh CS yang sedang berbicara dengan kita melalui video-banking, seperti saat kita ber-skype ria atau menggunakan Google+ Hang Out dengan kamera laptop.

Setelah itu kita bisa memilih disain kartu kita sendiri. Disainnya lucu-lucu dan keren  loh. Selanjutnya kita dipersilakan memilih apakah menggunakan klikBCA untuk transaksi non financial seperti mengecek mutasi rekening, atau membutuhkan keyBCA untuk transaksi finansial seperti transfer dan pembayaran melalui klikBCA. Kitapun dipersilakan bila ingin memilih keduanya.

Selanjutnya kita men-scan barcode di belakang keyBCA, setelah itu kita meng-install keyBCA dengan bimbingan CS, dan… jadi deh paspor Tahapan Xpresinya. 🙂

Dan inilah penampilan paspor Tahapan Xpresi itu,  ehemmm…

Contoh Paspor Tahapan Xpresi
Contoh Paspor Tahapan Xpresi

Semua pelayanan di myBCA memang dirancang sedemikian praktis hingga memudahkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan aktivitas perbankan dengan mudah dan cepat. Kemudahan dan kelengkapan layanan di myBCA ini tentunya membuat nasabah makin betah menggunakan jasa bank BCA yang terbukti sangat memahami kebutuhan mereka. myBCA sangat membantu kelancaran aktivitas bisnis dalam berbagai keperluannya. myBCA membuat aktivitas perbankan semakin mudah dan menyenangkan. myBCA is my best business partner.

64 thoughts on “myBCA, Ketika Perbankan Menjadi Menyenangkan

  1. menyenangkan menjadikan myBCA partner bisnis ya, mudah, nyaman dan membantu apapun keinginan costumer…

    pokoknya nggak rugi banget sekarang berurusan dgn BCA, asal tahu ada layanan myBCA

    Suka

  2. Layanan self service sekarang sedang menjadi inovasi ngetrend, Bu. Kapan lalu sy menemukan restoran layanan self service, sekarang sudah merambah bidang perbankan. Semoga dengan sistem ini nasabah dapat terlayani dengan baik terutama diakhir pekan dimana umumnya bank tutup 🙂

    Suka

    1. hmmm… yang seperti apa restoran self-service mbak yuni, ambil bungkus, bayar sendiri? ya itulah seringkali nasabah pas butuh-butuhnya layanan perbankan pas hari libur atau weekends, BCA membaca hal itu dengan baik 🙂

      Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s