Buah adalah komoditi yang masih dianggap mahal dan menjadi barang mewah di meja makan kita. Konsumsi buah masyarakat Indonesia masih tergolong rendah di bandingkan dengan karbohidrat dan lemak dalam komposisi menu sehari-hari.

Bagi masyarakat perkotaan jaman sekarang, buah selalu identik dengan hasil impor dari negara lain. Buah yang merajai supermarket di Indonesia masihlah buah-buahan semacam anggur, apel, jeruk, pear, kiwi, plum, strawberry dan buah-buah impor lain. Sedangkan buah asli Indonesia lebih banyak di temukan pada para penjual buah pinggir jalan.

Kalaulah ada jenis buah asli Indonesia, pasti yang dominan adalah buah asal Indonesia yang sudah ‘dikarantina’ di Thailand untuk kemudian di ‘pulangkan’ kembali dalam bentuk yang lebih besar, lebih manis dan tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Contoh buah yang bibitnya asli dari Indonesia , tapi sudah mengalami persilangan ataupun perubahan susunan genetik sehingga nampak lebih aduhai setelah pulang dari Thailand adalah : durian, kelengkeng, mangga, jambu biji. Aapalagi ya? Sawo mungkin?

Kalau dulu orang selalu beranggapan bahwa buah-buah dari luar negeri pasti yang terbaik. Sekarang saatnya kita rubah mindset kita, bahwa buah dalam negeri tak kalah bergengsi, dan tak kalah khasiat serta kelezatannya tentu.

Masih ingat buah noni alias mengkudu yang pernah menggegerkan tanah air gara-gara temuan para ahli bahwa buah ‘engga banget’ ini ternyata merupakan obat anti kanker yang luar biasa? Ya, mengkudu kesukaan nenek-nenek yang baunya minta ampun dan rasanya sepet itu ternyata memiliki khasiat dasyat untuk melawan berbagai jenis kanker. Tapi mengkudu kemasan yang merajai pasar kita masih mengkudu Brazillia yang katanya ditanam secara ‘khusus’. Alah… paling juga nemu di hutan Amazon sana. Ya, kan?

Belum lama ini diketahui bahwa buah sirsat, yang hampir saja punah dari bumi Indonesia, diketahui memiliki khasiat yang tak kalah dengan mengkudu. Nah berhubung rasanya lebih segar, sirsat langsung naik daun. Dalam waktu singkat tanaman ini mudah ditemui di supermarket-supermarket. Pedagang pasar pun yang semula menganggap sirsat buah ngga laku, berbondong menaikkan harga sirsat.

Lalu disusul penelitian lain yang menunjukkan bahwa kulit buah manggis memiliki khasiat yang kurang lebih sama dengan dua pendahulunya. Harga buah manggis pun melonjak sampai 30.000 an per kilogram.

Apa kita harus terus tercengang-cengang dengan penelitian orang lain dulu baru bisa menghargai betapa banyaknya buah-buah unik, eksotis, lezat dan berkhasiat bertebaran di sekeliling kita?

Baru-baru ini seorang kolumnis menuliskan daftar Buah Dan Sayur Eksotis Yang Harus Kau Coba Sebelum Kau Mati di media online The Telegraph UK. Dan buah dan sayur yang paling banyak disebut itu ada di sekeliling kita setiap hari. Buah-buah ini rencananya akan di koleksi oleh Royal Botanical Garden di Kew, London Barat, Inggris. Nah loh… kecolongan lagi.

Lebih kecolongan lagi kalau kita ngga segera menyelamatkan aset buah-buah dan sayur eksotis itu dari sekarang. Mengenalinya, mengkonsumsinya, kalau perlu segera menanamnya di pekarangan rumah kita.

Apa sajakah diantaranya seratus buah dan sayur eksotis itu?

100 exotic fruits you must trie

-Padi
-Durian
-Nangka
-Cempedak
-Salak
-Rambutan
-Manggis
-Kelengkeng
-Sirsat
-Duku
-Langsep
-Buah Naga
-Pepaya
-Daun Pandan
-Keluwek
-Petai
-Melinjo
-Breadfruit (saya artikan sebagai buah Sukun seperti dalam cerita Robinson Crousse)

Itulah diantara buah dan sayur eksotis yang berhasil dihimpun para ilmuwan barat, yang sebantar lagi bakal di tanam dalam Kebun Raya Kerajaan Inggris dalam barisan Tanaman-tanaman yang Mencengangkan.

Tapi tenang aja, masih banyak juga jenis buah eksotis kita yang saya yakin berkhasiat tertentu yang belum mereka daftar. Diantaranya adalah buah Kawis/Kawista, Kedondong, Kesemek, Juwet, Jeruk Bali, sawo, sawo kecik, markisah, jambu mente, jamu air, daun Cincau, Selasih, dan masih banyak lagi yang lain. Nah jangan kalah lagi, yuk kita data dan kenalkan buah-buah dan tanaman eksotik berkhasiat kita ke seluruh dunia. Kalau perlu, ajukan hak paten kepemilikan buah tersebut sebagai milik bangsa Indonesia. Setuju?

Kawista/Kawis,
kawista

Juwet
juwet1

Kesemek
kesemek

Sarikaya
Sarikaya

Kedondong
Kedondong

Sawo Kecik
sawo kecik

Markisa
markisa

Jambu Air
jambu air