Buah Eksotis Indonesia Yang Wajib Dicoba

Buah adalah komoditi yang masih dianggap mahal dan menjadi barang mewah di meja makan kita. Konsumsi buah masyarakat Indonesia masih tergolong rendah di bandingkan dengan karbohidrat dan lemak dalam komposisi menu sehari-hari.

Bagi masyarakat perkotaan jaman sekarang, buah selalu identik dengan hasil impor dari negara lain. Buah yang merajai supermarket di Indonesia masihlah buah-buahan semacam anggur, apel, jeruk, pear, kiwi, plum, strawberry dan buah-buah impor lain. Sedangkan buah asli Indonesia lebih banyak di temukan pada para penjual buah pinggir jalan.

Kalaulah ada jenis buah asli Indonesia, pasti yang dominan adalah buah asal Indonesia yang sudah ‘dikarantina’ di Thailand untuk kemudian di ‘pulangkan’ kembali dalam bentuk yang lebih besar, lebih manis dan tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Contoh buah yang bibitnya asli dari Indonesia , tapi sudah mengalami persilangan ataupun perubahan susunan genetik sehingga nampak lebih aduhai setelah pulang dari Thailand adalah : durian, kelengkeng, mangga, jambu biji. Aapalagi ya? Sawo mungkin?

Kalau dulu orang selalu beranggapan bahwa buah-buah dari luar negeri pasti yang terbaik. Sekarang saatnya kita rubah mindset kita, bahwa buah dalam negeri tak kalah bergengsi, dan tak kalah khasiat serta kelezatannya tentu.

Masih ingat buah noni alias mengkudu yang pernah menggegerkan tanah air gara-gara temuan para ahli bahwa buah ‘engga banget’ ini ternyata merupakan obat anti kanker yang luar biasa? Ya, mengkudu kesukaan nenek-nenek yang baunya minta ampun dan rasanya sepet itu ternyata memiliki khasiat dasyat untuk melawan berbagai jenis kanker. Tapi mengkudu kemasan yang merajai pasar kita masih mengkudu Brazillia yang katanya ditanam secara ‘khusus’. Alah… paling juga nemu di hutan Amazon sana. Ya, kan?

Belum lama ini diketahui bahwa buah sirsat, yang hampir saja punah dari bumi Indonesia, diketahui memiliki khasiat yang tak kalah dengan mengkudu. Nah berhubung rasanya lebih segar, sirsat langsung naik daun. Dalam waktu singkat tanaman ini mudah ditemui di supermarket-supermarket. Pedagang pasar pun yang semula menganggap sirsat buah ngga laku, berbondong menaikkan harga sirsat.

Lalu disusul penelitian lain yang menunjukkan bahwa kulit buah manggis memiliki khasiat yang kurang lebih sama dengan dua pendahulunya. Harga buah manggis pun melonjak sampai 30.000 an per kilogram.

Apa kita harus terus tercengang-cengang dengan penelitian orang lain dulu baru bisa menghargai betapa banyaknya buah-buah unik, eksotis, lezat dan berkhasiat bertebaran di sekeliling kita?

Baru-baru ini seorang kolumnis menuliskan daftar Buah Dan Sayur Eksotis Yang Harus Kau Coba Sebelum Kau Mati di media online The Telegraph UK. Dan buah dan sayur yang paling banyak disebut itu ada di sekeliling kita setiap hari. Buah-buah ini rencananya akan di koleksi oleh Royal Botanical Garden di Kew, London Barat, Inggris. Nah loh… kecolongan lagi.

Lebih kecolongan lagi kalau kita ngga segera menyelamatkan aset buah-buah dan sayur eksotis itu dari sekarang. Mengenalinya, mengkonsumsinya, kalau perlu segera menanamnya di pekarangan rumah kita.

Apa sajakah diantaranya seratus buah dan sayur eksotis itu?

100 exotic fruits you must trie

-Padi
-Durian
-Nangka
-Cempedak
-Salak
-Rambutan
-Manggis
-Kelengkeng
-Sirsat
-Duku
-Langsep
-Buah Naga
-Pepaya
-Daun Pandan
-Keluwek
-Petai
-Melinjo
-Breadfruit (saya artikan sebagai buah Sukun seperti dalam cerita Robinson Crousse)

Itulah diantara buah dan sayur eksotis yang berhasil dihimpun para ilmuwan barat, yang sebantar lagi bakal di tanam dalam Kebun Raya Kerajaan Inggris dalam barisan Tanaman-tanaman yang Mencengangkan.

Tapi tenang aja, masih banyak juga jenis buah eksotis kita yang saya yakin berkhasiat tertentu yang belum mereka daftar. Diantaranya adalah buah Kawis/Kawista, Kedondong, Kesemek, Juwet, Jeruk Bali, sawo, sawo kecik, markisah, jambu mente, jamu air, daun Cincau, Selasih, dan masih banyak lagi yang lain. Nah jangan kalah lagi, yuk kita data dan kenalkan buah-buah dan tanaman eksotik berkhasiat kita ke seluruh dunia. Kalau perlu, ajukan hak paten kepemilikan buah tersebut sebagai milik bangsa Indonesia. Setuju?

Kawista/Kawis,
kawista

Juwet
juwet1

Kesemek
kesemek

Sarikaya
Sarikaya

Kedondong
Kedondong

Sawo Kecik
sawo kecik

Markisa
markisa

Jambu Air
jambu air

26 pemikiran pada “Buah Eksotis Indonesia Yang Wajib Dicoba

  1. Juwet?
    Aku belum pernah merasakannya. Hihihi

    Kalau Langsep, Salak, Duku dan beberapa buah eksotis di atas masih sering saya jumpai di tempat tinggalkuuu. Hihihi. Eksotiiis. . . ^_*

    Suka

    1. Menurut bukunya Dra. Emma S Wirakusumah Msc, buah Juwet disebut juga buah Bunni, Mbak Idah Ceris. Mengandung vitamin C, B1, B2, E, mineral besi, fosfor,potasium dan kalium, mengandung antioksidan dan bagus untuk kesehatan mata

      Suka

  2. alhamdulillah masih bisa mencicipi sebagian besar buah-buahan yang disebutkan di postingan ini πŸ˜€
    juwet paling enak kalo direndam dengan air garam :), kawis pernah mencoba sekali dan terima kasih baunya menyengat sekali hahaha πŸ˜†
    Kesemek, kedondong, duku, langsep, melinjo, manggis, sirsak,aaaak slurp seger-seger seger πŸ˜€

    Suka

    1. Alhamdulillah, rajin-rajin aja Mak menyantap buah-buah tersebut di atas, selain murah, juga sehat dan lezat. Kawista bau ya hahaha. FYI kesemek berfungsi menurunkan tekanan darah lo Mak πŸ™‚

      Suka

      1. tapi sayangnya musiman mak πŸ˜€ yang rutin ya pisang hihihihi πŸ™‚
        saya dulu dapat kawis dari temen (anak rembang) pas kuliah, eh begitu pulang nyampe kos baunya di tas saya gak ilang-ilang sampai tas saya kudu dicuci πŸ˜€

        Suka

  3. Aku untuk ngobati tumor jinakku mengkonsumsk ekstrak melon, buah bit dan tomat. Dulu wortel termasuk sayuran yg harus ada di kulkas tapi sejak tahu wortel sebaiknya dihindari oleh penderita tekanan darah rendah dah gak lagi. Ganti bayam merah. Suka makan buah n sayur emang gak rugi.

    Suka

  4. Wow wow wow jadi ingat jaman upil, Mak.
    Dulu, di depan rumah ada juwet sama srikaya.
    Dulu, di depan rumah bulek juga ada pohon kesemek besar.
    Sekarang uda ga ada semua 😦

    Suka

    1. Aduhh… kasihan Mbak Maftuhah. Kalo saya beruntung, Bapak suka beli tanah, ibuk suka bertanam. Jadi suka manggil tukang buat nanem segala macam buah. Di rumah Ibu saya ada mangga, pisang, sarikaya, sirsat, kedondong, bahkan dulu juwet dan sawo juga ada. tapi dipotong nenek karena katanya suka buat rumah itu tuh… hiii πŸ˜€

      Suka

  5. Bener2 eksotis ya tanah air kita, sampe ada pete dan jengkol tuh Mak? ^_^ Nah kalo Juwet belom pernah tuh nyobain πŸ˜€ sama dengan Jamblang apa ya? Wah harus tahu nih, biar bisa mengenalkan pada anak2 juga.

    Suka

    1. Wah kalo Jamblang saya ngga tahu Mak Helda, mungkin aja ya. Kan tiap daerah punya nama yang beda. Disebut juga buah Bunni Mak Helda πŸ™‚

      Eh iya, pete pun masuk daftar seratus (100) buah/sayur eksotis yang duhimpun ilmuwan barat Mak Helda πŸ˜€

      Suka

  6. Buah2an di Mesir malah semuanya lokal bercitarasa impor.. atau buah impor berharga lokal.. πŸ˜€
    Strawberry, plum, anggur ijo & merah tanpa biji, jambu biji, jeruk sunkist kalo lagi musim berharga gak sampe 10.000 rupiah.

    Tapi kalo rambutan jangan tanya deh, di sini rambutan kalo dijual sekilonya hampir 200 ribu sekilo.. soalnya kan impor dari negara kita.

    Harus kita akui ya mak… negeri kita tercinta itu luar biasa kaya raya. Sayang banget kalo kita harus beli mahal buah dari tanah sendiri gara2 petani kurang inovatif karena kurang perhatian dari pemerintah.

    Salam dari Mesir mak… ^_*

    Suka

    1. Mak Ellys Utami Purwandari, artinya Mesir tuh punya tanah pertanian yang subur ya Mak? Seingat saya kalo anggur di Indonesia ditanamnya di tanah berkapur tepian pantai, kalau strawberry ditanamnya dalam pot pun cukup ya Mak, kalo lainnya? bukannya Mesir tanahnya tandus, tapi banyak puun buahnya ya Mak? keren dah.

      Eeh rambutan juga diimpor ke Mesir? ajiibb… Terimakasih udah mampir Mak Ellys πŸ™‚

      Suka

  7. Maak.. 😦 jadi kangen kesemek, srikaya, sawo, manggis, dan lain lain.. *lebaran ayok pulang kampuung* hehe berburu buah πŸ˜€
    Kakekku almarhum dulu, suka minum perasan buah mengkudu buat obat darah tinggi.

    Suka

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s