Meriahnya ajang penganugerahan Srikandi Blogger 2013 mampu mengejutkan para blogger Indonesia. Bahwa ada kekuatan baru yang datang dan mencuri perhatian para blogger. Apalagi kalo bukan bloggers yang terdiri dari emak-emak yang bergabung dalam Kumpulan Emak Blogger.

Emak? Ah siapa sih Emak? Emak adalah sebuah kata yang membuat telinga siapa saja mengabaikannya. Predikat emak biasa disandang para perempuan yang sudah menikah, punya anak, berdaster-ria sepanjang hari, sibuk berkutat dengan cucian, piring kotor dan aneka bumbu dapur. Emak mungkin membuat kita membayangkan para ibu yang bau keringat sepanjang hari karena harus mengerjakan tugas-tugas domestiknya.
Yah,itulah emak. Tapi itu adalah konsep kuno tentang emak. Karena emak di era digital ini telah bertransformasi menjadi emak yang baru. Emak dalam pengertian yang lebih elegan dan bermartabat. Mereka adalah Emak-emak Blogger. Ini adalah kumpulan emak melek teknologi, khususnya teknologi informasi yang melibatkan komputer dan internet.

Kalo dulu para emak hanya bisa bersuntuk-ria akibat tugas-tugas rumah tangga yang menjemukan. Sekarang sudah saatnya kita menepis anggapan itu. Para emak yang dulu hanya menonton telenovela sebagai hiburan di sela-sela tugasnya. Sekarang mereka meluangkan waktu untuk membaca, menulis dan mengutak-atik blog kebanggaan mereka. Menulis di blog menggantikan kebiasaan para emak menulis di diary, tempat mencurahkan segala kepenatan hidup sehari-hari. Bisa dibilang, blog adalah digital diary para emak. Tapi seiring perkembangan kemampuan menulis, para emak ini tidak lagi hanya sekadar curhat di blog masing-masing. Semakin hari tulisan mereka semakin berbobot dan mengangkat beragam topik, mulai dari masak-memasak, fashion, parenting, travelling, hingga unjuk kreativitas dan ketrampilan khas para emak.
Blog bukan lagi ajang buang-buang waktu pengusir bosan, tapi blog telah bertransformasi menjadi tempat berkarir para emak yang ingin tetap eksis tanpa meninggalkan rumah dan anak. Melalui blog para emak bisa mengembangkan diri, memperluas wawasan, menambah teman, memperluas jaringan hingga segala aktivitas jejualan. Asyik banget kan?

Kalo dulu para emak ngumpul, bawaannya bangga menenteng tas mahal, mengenakan perhiasan gemerlap, ngerumpiin segala kemewahan yang bikin iri hati bin dengki teman-temannya. Sekarang, para emak modern nan smart lebih bangga menenteng laptop atau tablet untuk saling bertukar informasi terkini dari blog masing-masing.Sudah ngga jaman lagi pamer kekayaan. Sekarang jamannya emak-emak yang pintar, rendah hati, saling menghormati dan senang berbagi kebaikan. Inilah ciri khas Emak-emak Blogger.

Acer Srikandi Blogger 2013

Srikandi Blogger 2013
Kumpulan Emak Blogger (KEB) pertama kali digagas oleh Mak Mira Sahid, pengurusnya terdiri dari Mak Sary Melati, Mak Indah Julia Sibarani, Mak Vema Syafei, Mak Irma Susanti, Mak Elisa Koraag, Mak Lusiana Trinasari dan Mak Carolina Ratri. Anggota KEB berjumlah lebih dari seribu orang yang terdiri dari ibu-ibu asli Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri.
Persamaan mereka semua adalah senang menulis, senang berteman dan senang berbagi. Prestasi para emak di dunia blog ini sudah tak terhitung. Terutama Emak-emak yang sudah lama malang melintang di dunia blog. Berbagai penghargaan telah banyak yang mereka terima, tak sedikit pula yang akhirnya menjadi tenar dan mendapatkan uang lewat blog.

Punya blog keren, banyak teman, punya jaringan yang luas dan dikenal orang lewat media cetak, online dan elektronik tentu sebuah prestasi yang membanggakan.Tak ada salahnya kalau prestasi para emak ini diapresiasi lewat sebuah acara yang digagas oleh para emak, dipersiapkan oleh para emak, dan dipersembahkan untuk para emak juga.Tercetuslah ide Anugerah Srikandi Blogger 2013, dengan sponsor utama Acer Indonesia, Rinso, Wardah dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak emak yang mendaftar pemilihan Srikandi Blogger 2013, terpilihlah 50 emak. Kemudian jumlah ini mngerucut menjadi 10, dan akhirnya terpilih 3 finalis. Setelah melalui berbagai proses penjurian, akhirnya terpilihlah Mak Alaika Abdullah sebagai Srikandi Blogger 2013. Tetapi masih ada beberapa katagori Srikandi lain yang disandangkan pada para emak. Diantaranya, Srikandi Persahabatan yang diraih Mak Myra Anastasia, dan Srikandi Favorit, yang dimenangkan Mak Anazkia Aja. Bahkan Acer sebagai salah satu sponsor utama memberikan dua lagi katagori pemenang, yakni Srikandi Inspiratif Acer yang dimenangkan oleh Mak Haya Aliya Zaki, dan Srikandi Lifetime Achievement yang dimenangkan Mak Yati Rahmat.

Semua emak yang terpilih di atas, memang pantas menyandang gelar-gelar keren tersebut. Emak-emak era digital yang aktif, kreatif, dan produktif. Emak-emak Srikandi blogger 2013 yang menginspirasi. Hidup Srikandi Blogger Indonesia!