Setiap kali kita bepergian ke suatu tempat di belahan manapun didunia, maka kita pasti mencari buah tangan untuk oleh-oleh keluarga, relasi dan sahabat.
Bahkan untuk sekedar memuaskan diri bahwa kita pernah mengunjungi tempat tersebut, sebagai kenang-kenagan yang tak kan terlupakan sepanjang hidup.

Mesir, Maroko dan daerah gurun Afrika  memiliki oleh-oleh khas berupa botol kaca yang diisi pasir warna-warni membentuk formasi lukisan.
Thailand, selalu  identik dengan gambar gajah persegi yang menghiasi setiap sulaman baik yang di cetak di atas tas, pakaian maupun aksesoris khas negeri itu.

kalau kita ke Dubai, maka pasti kita selalu berburu emas, yong konon kualitas dan disainnya sangat unik. Disan yang cenderung menyerap indian style dengan kualitas emas nomor satu.

Seringkali untuk memuaskan dahaga kita akan oleh-oleh khas suatu negara kita rela merogoh kocek dalam-dalam.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat luas dengan jumlah suku bangsa yang berjumlah ratusan bahkan mungkin ribuan, pastilah bisa kita kategorikan negara yang memiliki ragam budaya dan seni kerajinan terkaya di dunia.

Betapa tidak, dari Sabang hingga Merauke, masing-masing suku yang mendiami kepulauan Indonesia memang sudah sejak jaman nenek moyang kita memiliki aneka ragam kerajinan tangan yang merupakan ciri khas masing-masing suku.

Seiring perkembangan era kehidupan modern yang memungkinkan arus perjalanan manusia dari satu tempat ke tempat lain menjadi semakin mudah, maka  seni kerajinan Indonesia menggeliat mengikuti perkembangan jaman.

Selain para pengrajin yang masih taat mengikuti pakem-pakem tradisional peninggalan leluhur, bermunculanlah para pebisnis muda yang menggaet pasar modern di tinggal nasional maupun internasional dengan mengangkat unsur etnis yang dipadukan selera modern.

Bermunculanlah batik, tenun, lukis, ukiran, pahatan, anyaman dan lain -lain dalam bentuk : baju, sepatu, tas, furnitur, hingga makanan khas yang di buat sedemikian menarik memenuhi kebutuhan kehidupan modern yang dinamis dengan sentuhan etnik yang memukau.

Tentu saja keunggulannya adalah biasanya harganya lebih terjangkau di banding produk-produk luar yang membanjir menyerbu tanpa ampun. Dan sentuhan etniknya yang memberi kesan khusus di hati.

Yuk kita mulai bangga menggunakan produk-produk dalam negeri dan tentu saja jangan ketinggalan untuk turut merasakan kelezatan euforia produk-produk etnik ini dengan turut serta menjadi produsen maupun market leader produk-produk etnik Indonesia yang menawan.

 

Titi Alfa Khairia